Minum jahe saat haid dipercaya dapat meredakan gejala haid seperti kram perut dan memperbaiki mood. Sekitar 90% wanita mengalami kram menstruasi yang menyakitkan (disebut juga dismenore) di area perut bagian bawah. Bahkan terkadang tidak mungkin melakukan aktivitas kecil karena nyeri yang menghambat.

Manfaat jahe adalah sebagai bahan yang paling bermanfaat untuk nyeri haid. Bahkan sama efektifnya dengan ibuprofen dan obat bebas lainnya dalam meredakan kram menstruasi.

Manfaat minum jahe saat haid

Selama menstruasi, hormon prostaglandin membuat otot berkontraksi di rahim. Kontraksi menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Kram menyebabkan ketidaknyamanan, dan rasa sakit sering menjalar ke punggung bawah, menyebabkan kembung, sakit kepala, mual, muntah, atau terkadang diare.

Jahe memiliki senyawa tertentu yang dianggap membantu mencegah peningkatan peradangan. Cara ini dilakukan dengan menghambat produksi prostaglandin tubuh. Zat ini adalah salah satu bahan kimia yang bertanggung jawab untuk memicu kontraksi otot yang melepaskan lapisan rahim.

Kram menstruasi dikaitkan dengan produksi prostaglandin yang berlebihan, sehingga konsumsi jahe baik sebagai suplemen makanan, teh, atau yang lainnya, diyakini dapat membantu mengurangi kram.

Bolehkah Minum Jamu Pelancar Haid Saat Hamil Muda? Ketahui Faktanya!

Tidak hanya meredakan nyeri haid, jahe juga dianggap membantu mengendalikan pendarahan hebat. Satu uji klinis pada tahun 2015, pada 92 wanita yang menderita pendarahan menstruasi yang berat. Mereka diberi jahe atau plasebo selama tiga periode menstruasi, dan menemukan darah menstruasi menurun drastis pada peserta yang menerima jahe.

Cara buat minuman jahe saat menstruasi

manfaat minum teh

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 3-4 gram ekstrak jahe dianjurkan per hari. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan bisa mengiritasi lambung. Jahe untuk menstruasi dapat digunakan dengan berbagai cara — teh jahe, air jahe, atau jahe dalam air madu hangat.

Benarkah Minum Es Saat Haid Penyebab Kanker Rahim? Cek Faktanya Disini

Berikut adalah resep jahe untuk nyeri menstruasi:

  • Teh jahe

Bagaimana cara membuat teh jahe untuk menstruasi? Rebus susu dengan jahe parut, daun teh, gula selama beberapa menit. Saring isinya dan minum teh seduhan jahe segar, kamu bisa minum teh ini satu cangkir setiap malam.

  • Air jahe

Jika kamu tidak ingin mengolah jahe dengan ribet untuk meredakan nyeri haid, kamu bisa merebus beberapa irisan jahe dalam satu gelas air dan minumlah sehari sekali atau setelah makan. Cara ini juga dapat melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

  • Air jahe dengan madu

Sedikit jahe dengan madu dalam air hangat akan membuat rasanya lebih manis, kamu bisa menggunakan cara ini jika tidak kuat minum jahe murni. Minumlah satu cangkir di pagi hari saat perut kosong.

  • Peterseli dan teh jahe

Kombinasi teh peterseli dan jahe direkomendasikan untuk menstruasi yang selalu tertunda. Peterseli juga dikenal untuk menginduksi menstruasi. Tambahkan sedikit peterseli cincang dan jahe ke dalam air dan biarkan mendidih, saring tehnya dan kamu bisa langsung meminumnya.

  • Kunyit dan jahe

Cara ini menjadi resep yang cukup ekstrim, kamu bisa melakukannya jika kuat menahan rasa rempahnya. Karena kunyit dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi, minum teh jahe kunyit untuk menstruasi dapat meredakan kram menstruasi kronis. Rebus kedua bahan tersebut dengan air, dan konsumsilah saat kram sudah tidak tertahankan.

  • Jus jahe

Resep rempah ini juga tidak kalah ekstrim, jus jahe murni memiliki manfaat yang sama untuk menstruasi. Tapi kamu harus berhati-hati, karena jus jahe mungkin sedikit terlalu kuat untuk lambung. Jadi, kamu disarankan untuk meminumnya dalam jumlah yang sedikit. Campur ekstrak jahe dan daun mint ke dalam air mendidih, biarkan dingin, lalu nikmati.

Cara alami untuk menghilangkan PMS

Selain memanfaatkan jahe, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk meredakan gejala haid yang menyakitkan:

1. Minum banyak air

Usahakan untuk minum 6-8 gelas air setiap hari. Selain membuat tubuh merasa lebih baik, cara ini juga akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, terutama selama bulan menstruasi.

2. Gunakan kantong air panas

Kantung air panas menjadi salah satu solusi termudah yang dapat kamu lakukan. Panasnya membantu mengendurkan otot-otot yang berkontraksi di rahim, yang menyebabkan rasa sakit. 

Gejala PMS pada Wanita, Mana yang Paling Mengganggu?

3. Hindari minum kopi

Kopi dikenal sebagai vasokonstriktor — yang membuat pembuluh darah menyempit. Faktanya, hal itu dapat menyebabkan pembuluh yang memberi makan rahim menjadi lebih kencang daripada yang terjadi pada peminum non-kopi. 

Kamu bisa mencoba salah satu atau semua cara mudah di atas sekaligus, apalagi jika nyeri haid yang dirasakan sudah sangat menyakitkan. Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference