cara menghilangkan bau keputihan setelah haid

Ladies, apakah kamu merasa terganggu dengan vagina yang berbau? Vagina pada dasarnya memiliki bau yang khas namun umumnya tidak terlalu mengganggu. Aroma vagina yang tidak terlalu asam dan mirip cuka bisa dikatakan sehat dan normal, lho.

Namun ada kalanya miss v juga mempunyai bau yang tajam setelah wanita mengalami haid, hamil atau menopause. Aroma yang tajam dan lebih berbau dari sebelumnya menyebabkan wanita terkadang kurang nyaman.

Apa saja penyebab dan bagaimana cara menghilangkan bau miss v setelah haid? Yuk simak dalam ulasan ini, yoonies!

Penyebab menghilangkan bau miss v setelah haid

kenapa vagina bau

Banyak wanita yang merasa tidak nyaman saat miss v berbau lebih menyengat dari biasanya. Ada beberapa penyebab mengapa miss v menjadi lebih berbau dan jika ditandai dengan beberapa gejala tambahan, kemungkinan besar telah terjadi infeksi pada miss v.

Terdapat beberapa penyebab sehingga miss v menjadi lebih berbau dari biasanya, yaitu:

  • Bacterial vaginosis. Kondisi ini terjadi saat bakteri tumbuh lebih banyak yang memicu keputihan, vagina berbau dan tidak nyaman.
  • Infeksi ragi. Jamur pada vagina bisa mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga menyebabkan vagina gatal, keputihan dan berbau tak sedap.
  • Fistula rectovaginal. Kondisi ini merupakan hal yang cukup langka, yaitu pada saat rektum dan vagina memiliki celah yang dapat memungkinkan kebocoran. Hal ini menyebabkan miss v menjadi berbau busuk.
  • Trikomoniasis. Kondisi ini terjadi pada saat parasite menjangkiti miss v sehingga menyebabkan infeksi menular seksual. Terkadang ada keputihan encer berwarna hijau yang disertai dengan busa dan bau tak sedap.
  • Iritasi vagina. Iritasi pada vagina dapat menyebabkan miss v menjadi lebih berbau dari biasanya. Bau yang tajam ini disebabkan karena sabun berpewangi, semprotan hingga produk yang tidak sesuai sehingga memicu peradangan dan aroma tak sedap

Selain berbau, tanda umum lain saat vagina terserang bakteri, jamur atau kondisi penyakit lain yaitu munculnya iritasi pada miss v, gatal, sensasi terbakar hingga keputihan yang tidak normal. 

Bagaimana cara menghilangkan bau miss v setelah haid?

Sering Iritasi Pembalut? Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan bau miss v setelah haid

cara menghilangkan bau miss v setelah haid

Bau tajam pada vagina juga bisa muncul setelah haid karena kurang menjaga kebersihan organ intim, terjadi infeksi atau pertumbuhan jamur. Vagina yang berbau tentu memicu rasa tak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri wanita.

Umumnya ada cara menghilangkan bau miss v setelah haid yang bisa kamu coba seperti di bawah ini:

1. Menjaga kebersihan vagina

Menjaga kebersihan miss v sangat mutlak dan ini menjadi cara ampuh untuk menghindari aroma tak sedap. Jika tak rutin membersihkannya, miss v menjadi sarang bakteri yang menimbulkan bau menyengat. Lakukan kebiasaan berikut agar miss v tetap sehat dan berbau normal:

  • Gunakan sabun tanpa aroma atau pewangi
  • Buang air setelah berhubungan seksual dan bersihkan miss v secara teratur
  • Ganti celana Ketika lembab atau berkeringat
  • Cuci pakaian dalam tanpa sabun pewangi
  • Keringkan miss v setelah dicuci dan dibersihkan
  • Bersihkan miss v dari arah depan ke belakang 

Apakah Miss V Kering Tanda Hamil atau Haid? Ini Penjelasannya!

2. Memakai pakaian berbahan katun

Bau pada miss v dapat disebabkan karena pakaian yang tidak menyerap keringat dan panas. Pakailah pakaian dengan bahan katun yang dapat menyerap cairan tubuh sehingga miss v tidak mudah berbau.

Pakaian yang ketat juga dapat mengganggu aroma dan kenyaman sehingga pilihlah bahan yang longgar dan membuat kulit mudah bernapas.

3. Konsumsi makanan probiotik dan prebiotic

Untuk menjaga bau miss v tidak terlalu tajam, dianjurkan banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotic dna prebitoik. Makanan dengan jenis ini dapat meningkatkan bakteri sehat seperti teh fermentasi, tempe, miso, kefir, yogurt, asinan kol dan lain sebagainya.

Sedangkan makanan dengan kandungan prebiotik dapat menyeimbangkan kadar ph miss v dan produksi bakteri baik. Jenis makanannya antara lain gandum, bawang merah, bawang putih, pisang, oats, kacang kedelai, asparagus dan lain sebagainya.

Jangan Sepelekan, Ini 14 Cara Merawat Vagina yang Benar

4. Konsumsi banyak air putih

Konsumsi banyak air putih setidaknya 2 liter per hari agar urine berwarna lebih jernih. Urine yang asam dan gelap menyebabkan vagina berbau tak sedap. Bawa air putih dalam aktivitas apapun dan hindari minuman berkarbonasi atau mempunyai perasa tinggi.

5. Konsumsi bawang putih

Banyak penelitian yang menganjurkan konsumsi bawang putih dapat menghilangkan bau tak sedap pada vagina. Bawang putih dapat membantu memberantas bakteri, menyembuhkan infeksi jamur dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga miss v menjadi berbau normal saja.

6. Konsumsi vitamin c

Meningkatkan asupan vitamin c merupakan salah satu cara menghilangkan bau miss v setelah haid. Vitamin c dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga pertumbuhan jamur dapat eimbang dan secara alami menghilangkan bau tak sedap pada vagina.

7. Hindari douching miss v

Miss v merupakan organ vital yang mampu membersihkan dirinya sendiri sehingga tak perlu melakukan douching. Douching merupakan pembilasan vagina dengan dicampur cairan misalnya cuka apel atau pewangi vagina lainnya.

Hal ini tak perlu dilakukan karena douching malah dapat memicu dampak kesehatan seperti kehamilan ektopik atau radang panggul.

8. Batasi makanan manis

Mengonsumsi makanan tinggi gula dapat mempertajam bau miss v dan produksi ragi menjadi lebih tinggi. Hindari konsumsi makanan manis dan ganti dengan makanan lebih sehat untuk mengurangi bau miss v setelah haid.

Mengalami ISK? Ini 7 Makanan yang Bagus untuk Penderita ISK

9. Rutin ganti pembalut

Pada saat menstruasi, wajib mengganti pembalut 4 jam sekali  dan disesuaikan dengan volume darah yang keluar. Ganti sesering mungkin karena bakteri mudah berkembang biak saat menstruasi dan miss v menjadi mudah berbau.

10. Bersihkan miss v setelah berhubungan seksual

Segera cuci dan bersihkan miss v setelah berhubungan seksual karena interaksi cairan pada vagina dapat memicu bau tak sedap.

Selain itu jika tidak segera membersihkannya, kemungkinan terkena vaginosis bakteri semakin tinggi. Hindari pelumas dengan aroma dan pakai kondom untuk menghindari kontak langsung antara cairan vagina dengan semen.

11. Pakai tea tree oil

Infeksi yang menyebabkan bau tak sedap bisa diredakan dengan tea tree oil yang dioleskan pada vagina. Tetesnya minyak hanya pada bagian luar vagina dalam waktu 3-5 hari saja, jika tidak kunjung reda, hentikan pemakaian dan konsultasikan kondisi ini pada tenaga medis.

Cara menghilangkan bau miss v setelah haid ini cenderung gampang namun Sebagian besar wanita malas untuk melakukannya sehingga berdampak pada bau miss yang kurang sedap. Jangan malas dan rajin bersihkan miss v setiap hari ya, ladies!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference