Free Happy Woman Enjoying Nature. Beauty Girl Outdoor. Freedom concept. Beauty Girl against sunny flowers field. Sunbeams. Enjoyment.

Tubuh perempuan bekerja dengan cara yang menakjubkan. Salah satunya, hormon progesteron yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan korpus luteum, yaitu kelenjar endokrin sementara di ovarium yang diproduksi tubuh setelah ovulasi. Fungsi hormon progesteron sangat bukan main. Yuk, cari tahu fungsi hormon ini.

Apa fungsi hormon progesteron bagi tubuh?

Di luar masa haid, progesteron membantu mempersiapkan tubuh untuk kehamilan dengan merangsang perkembangan kelenjar dan perkembangan pembuluh darah baru di rahim. Dengan begitu, sel telur dapat menempel dengan baik pada dinding rahim.

Jika sel telur tidak dibuahi akan ada penurunan kadar progesterone yang hingga akhirnya menyebabkan menstruasi. Progesteron juga merangsang pembuluh darah untuk mensuplai endometrium yang bisa menyediakan nutrisi bagi embrio yang sedang berkembang.

Setelah plasenta terbentuk, ia juga menghasilkan progesteron. Akhirnya, plasenta menjadi penghasil utama progesteron. Tingkat yang meningkat ini juga mencegah tubuh memproduksi telur tambahan selama kehamilan. Selain itu, progesteron juga membantu memicu laktasi.

Apa yang terjadi jika kekurangan hormon progesteron?

Tingkat progesteron yang rendah dapat memengaruhi menstruasi dan kesuburan. Progesteron membantu membuat lingkungan yang baik untuk sel telur yang telah dibuahi. Ketika kadar progesteron rendah, telur yang dibuahi lebih sulit untuk berkembang dan tumbuh.

Nah, kamu harus menjaga tingkat hormon ini, karena tingkat progesteron yang rendah juga dapat menyebabkan kondisi tertentu, termasuk:

  • Fungsi ovarium yang buruk
  • Keguguran
  • Tidak ada menstruasi

Bagaimana cara mengetahui apakah kamu memiliki progesteron rendah?

Wujud nyata dari kadar progesteron rendah adalah periode tidak teratur dan siklus pendek, tetapi kadang-kadang gejala seperti bercak pramenstruasi dapat muncul. Gejala lain mungkin termasuk perubahan suasana hati, gangguan tidur, kecemasan, dan depresi.

Progesteron mempengaruhi pengaturan kadar cairan dalam tubuh. Itulah mengapa penambahan berat badan karena retensi cairan dan nyeri payudara mungkin terjadi dengan penurunan kadar progesteron, meskipun hal ini jarang terjadi.

Dalam tubuh yang sehat, estrogen dan progesteron secara alami menyeimbangkan satu sama lain. Memiliki progesteron yang rendah menyebabkan dominasi estrogen, yang menyebabkan pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim (endometrium), yang pada gilirannya menyebabkan menstruasi yang berat.

Cara meningkatkan hormon progesteron

Kalau kamu curiga kamu mengalami hormon progesterone yang rendah, ada beberapa cara medis, seperti:

  • Krim progesteron: Ini adalah gel yang biasanya hadir dalam aplikator tertutup agar mudah digunakan. Krim ini biasa kamu masukkan ke dalam vagina setiap hari hingga enam dosis atau sesuai saran dokter.
  • Pil progesteron oral: Pil untuk siklus menstruasi yang tidak teratur dan pendarahan rahim. Dosis dan durasi pemberian sesuai petunjuk dari profesional medis.
  • Supositoria vagina: Penggunannya sekali atau dua kali sehari.

Terkadang penyebabnya tidak begitu jelas, tetapi jika dokter kamu dapat memberikan diagnosis, mereka juga dapat membantu dengan pengobatan.

Terapi hormon progestrin

Progestin adalah hormon steroid sintetis yang berperan seperti hormon progesteron alami. Progestin umumnya untuk tujuan berikut.

  • Masalah menstruasi, seperti amenorea atau tidak menstruasi.
  • Kehilangan nafsu makan dan berat badan yang terkait dengan AIDS dan kanker.
  • Mengatasi gejala menopause.
  • Meningkatkan peluang hamil.
  • Membantu mempertahankan kehamilan, termasuk mengurangi risiko keguguran dan kelahiran prematur.
  • Perdarahan rahim yang tidak normal.
  • Pengobatan endometriosis, kanker payudara, kanker ginjal, atau kanker rahim.
  • Sebagai kontrasepsi. Progestin terkandung dalam berbagai jenis alat KB, termasuk pil KB, gel vagina, implan (KB susuk), KB spiral (IUD), dan KB suntik.

Meski demikian, ada efek samping yang mungkin muncul jika seorang wanita menggunakan terapi hormon progestin untuk meningkatkan kadar progesteron. Efek samping ini bisa berbeda pada setiap orang, tergantung dari dosis progestin serta bagaimana respon tubuh kamu terhadap terapi hormon ini.

Efek samping paling umum seperti: kelelahan, kram atau nyeri menstruasi, mulut kering, mual, perubahan suasana hati atau mood swings, perut kembung, pusing, sakit kepala, dan perdarahan yang bukan menstruasi. Selain itu, beberapa wanita juga mengalami efek samping lainnya yang lebih jarang, seperti: depresi, pingsan, nyeri payudara, sulit tidur, sakit kepala parah, hingga masalah penglihatan.

Jika kamu mengalami hal tersebut setelah menjalani terapi hormon ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, ya.

Cara meningkatkan progesteron alami secara alami

Selain mempertimbangkan penggunaan perawatan progesteron alami, ada cara lain seorang wanita dapat meningkatkan fungsi hormon progesteron alami tubuhnya.

  1. Menjaga berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan menyebabkan tubuh wanita memproduksi lebih banyak estrogen. Ini menciptakan ketidakseimbangan dalam progesteron. Langang ini bertujuan menjaga keseimbangan hormonnya.
  2. Mengurangi stres. Stres memicu produksi hormon stres dan dapat menyebabkan ginjal mengubah hormon seperti progesteron menjadi kortisol.
  3. Hindari berolahraga secara berlebihan. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon stres lebih dari progesteron.
Share artikel ini
Reference