Cara mengatasi perut buncit pada wanita

Perut buncit merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh sebagian orang. Banyak orang yang memiliki kepercayaan diri yang kurang karena perut buncit sehingga mereka mencari berbagai tips bagaimana cara mengecilkan perut buncit.

Karena dengan memiliki perut yang lebih ramping, kamu akan menjadi lebih sehat dan merasa tubuhmu lebih ringan. Nah, daripada pusing-pusing cari tahu cara mengecilkan perut buncit, yuk baca artikel ini dulu!

Penyebab perut buncit pada wanita

Perut buncit memang seringkali menjadi masalah yang dikeluhkan banyak wanita. Tapi apa sih sebenarnya penyebab perut buncit para wanita? Berikut beberapa di antaranya.

1. Pertambahan usia

Seiring bertambahnya usia, pria memang lebih cenderung mengalami perut buncit, terutama di usia 40-an. Pasalnya, penurunan testosteron pada pria membuat kelebihan lemak mudah disimpan dalam tubuh dan menumpuk sebagai lemak visceral.

Bukan hanya pada pria, hal ini juga kerap terjadi pada wanita.  Seiring bertambahnya usia, metabolisme dalam tubuh menurun, sehingga mengurangi kemampuan sel untuk menyimpan lemak di organ dalam tubuh.

Akibatnya, kelebihan  lemak yang diserap akan disimpan langsung di perut sehingga menyebabkan perut buncit.

2. Stres

Stres juga menjadi penyebab perut buncit. Saat  stres, kadar  kortisol meningkat. Hormon ini meningkatkan nafsu makan dan makan terutama  makanan manis, tinggi kalori, dan tinggi lemak.

Selain itu, menurut sebuah studi, hormon kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres, dapat meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan meningkatkan ukuran sel-sel lemak.

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Stres yang Sering Dialami!

3. Malas olahraga

Malas olahraga adalah masalah utama yang menyebabkan perut buncit. Jika kamu jarang bergerak dan berolahraga, lemak dari makanan yang kamu makan tidak dibakar dan hanya disimpan di  bagian  perut. 

Padahal, lemak visceral sangat mudah terbakar selama aktivitas fisik. Oleh karena itu, kamu bisa memulainya dengan olahraga aerobik  intensitas sedang seperti jalan aktif, aerobik, zumba, dan jogging.

Selain itu, latihan kekuatan juga penting untuk meningkatkan massa otot yang kendur terkait usia.

Baca juga: 5 Olahraga Mengecilkan Perut

4. Kurang tidur

Tidur yang cukup adalah salah satu hal terpenting yang dapat mempengaruhi kesehatanmu. Banyak penelitian menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Hal ini tentu berdampak pada penimbunan lemak visceral. Tidur kurang dari 6 jam setiap malam meningkatkan risiko perut buncit akibat penumpukan lemak.

Selain itu, kurang tidur menginduksi hormon ghrelin dan menurunkan hormon leptin. Kondisi ini membuatmu cepat merasa lapar dan ingin makan terus-menerus.

5. Konsumsi alkohol

Perut buncit bisa disebabkan karena banyak minum alkohol. Pasalnya, alkohol bisa meningkatkan jumlah lemak di perut.

Ada beberapa alasan mengapa  ini terjadi.  Pertama, alkohol sebenarnya meningkatkan kalori dari makanan yang kamu makan sebelum atau saat kamu meminumnya. 

Kedua, alkohol telah terbukti menurunkan hormon glukagonlike peptide 1 dan hormon leptin. Rendahnya kadar kedua hormon ini membuat tubuh mudah merasa.

Selain itu, minum alkohol akan meningkatkan kadar glukosa, sehingga mendorong penumpukan lemak di perut.

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita

Jika kamu ingin mengecilkan perut buncit, berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit yang perlu kamu ketahui dan bisa terapkan:

1. Kunyah makanan secara perlahan

Makan porsi sedikit

Otak perlu waktu untuk menyadari bahwa kamu sudah makan dengan porsi yang cukup. Mengunyah makanan secara menyeluruh dan perlahan akan membuatmu makan lebih lambat.

Pada akhirnya, hal itu membuatmu makan dengan porsi yang lebih kecil. Tentu saja hal tersebut dapat mempengaruhi berat badanmu.

2. Gunakan piring kecil

Secara tidak langsung, ukuran piring yang kamu gunakan untuk makan berkontribusi pada penambahan berat badan.

Hal ini dikarenakan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantumu makan lebih sedikit karena porsinya tampak lebih besar. 

3. Konsumsi protein yang cukup

Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan karena dapat meningkatkan rasa kenyang lebih cepat, mengurangi rasa lapar, dan membantumu makan lebih sedikit kalori.

Ini mungkin karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP 1.

Jika saat ini kamu sarapan dengan sereal, kamu mungkin  perlu mempertimbangkan untuk beralih ke makanan kaya protein, seperti telur. 

4. Makan makanan kaya serat

Makan makanan yang kaya serat larut juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan  mencegah makan berlebihan. Serat larut  membentuk gel ketika bersentuhan dengan air.

Gel meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan lambung.

5. Minum air putih yang cukup

minum banyak air putih

Minum air putih dapat membantumu makan lebih sedikit sehingga membantu menurunkan berat badan, terutama jika kamu meminumnya sebelum makan.

Sebuah studi pada orang dewasa menunjukkan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

Peserta yang minum air sebelum makan kehilangan berat badan 44% lebih banyak  selama periode 12 minggu dibandingkan  mereka yang tidak.

6. Tidur teratur dan hindari Stres

Kamu mungkin sering  mengabaikan tidur dan stres ketika ingin mengurangi berat badan, termasuk mengurangi perut buncit.

Faktanya, keduanya memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan, yaitu leptin dan ghrelin.

Hormon lain, seperti kortisol, juga meningkat saat kamu stres. Hormon yang berfluktuasi ini  dapat meningkatkan rasa lapar dan mendorongmu untuk makan makanan  tidak sehat, yang menyebabkan asupan kalori  menjadi lebih tinggi.

7. Sarapan

Jika tidak ingin buncit, jangan lewatkan  sarapan. Sarapan tidak hanya membuat tubuh lebih sehat,  tetapi juga memberikan energi sepanjang hari. Sarapan dapat membantu mengontrol porsi makan siang, sehingga kamu tidak makan  berlebihan.

Baca juga: Rekomendasi Sarapan Sehat untuk Diet

8. Kurangi asupan sodium

Hidangan asin dan gurih memang enak saat disantap. Namun, tahukah kamu bahwa makanan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu?

Garam pada makanan asin dan gurih memiliki kemampuan untuk mengikat atau menahan air di dalam tubuh, sehingga tubuh terlihat lebih gemuk. Hal ini juga mempengaruhi bentuk perut, sehingga terlihat lebih buncit.

9. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak trans, karbohidrat, dan gula

Jauhi makanan berlemak trans seperti gorengan, makanan cepat saji, dan kue kering. Mengurangi asupan karbohidrat olahan serta lemak trans dianggap sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan lemak dalam tubuh, termasuk lemak perut.

Selain itu, kebanyakan konsumsi gula adalah salah satu penyebab utama peningkatan lemak perut dan membuat perut tampak buncit.

10. Batasi minuman beralkohol

Asupan alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak berlebih, terutama di sekitar perut, yang dapat meningkatkan risiko obesitas. 

11. Rutin olahraga

pola hidup sehat

Salah satu cara untuk mendapatkan perut yang rata adalah dengan rutin berolahraga. Hal ini disebabkan tingginya penimbunan lemak visceral  pada orang yang malas berolahraga.

Cobalah untuk berolahraga secara teratur setidaknya selama 30 menit sehari. Jika dilakukan secara teratur, latihan ini dapat meningkatkan detak jantung,  menjaga berat badan, dan membakar lemak tubuh.

Baca juga: 9 Cara Membuat Sixpack Wanita Dijamin Efektif

12. Berpuasa

Puasa juga efektif untuk mengatasi perut kembung. Berdasarkan buku Dietclopedia: 110 Secrets to a Healthy Eating, aturan puasa yang direkomendasikan adalah  makan selama 8 jam dan kemudian puasa selama 16 jam berikutnya.

Dalam jangka waktu 2 hingga 6 bulan, metode puasa ini dapat menghilangkan 7% lemak perut.

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit pada wanita

Olahraga teratur memainkan peran penting dalam meningkatkan metabolisme  tubuh dan membakar lebih banyak lemak, termasuk lemak  perut. Dengan olahraga teratur, kamu dapat secara efektif mengurangi lemak di perut dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jenis olahraga yang  terbukti sangat efektif dalam mengurangi lemak perut adalah latihan kekuatan dan latihan aerobik seperti jalan kaki, lari, dan berenang. Untuk hasil terbaik, berolahragalah secara teratur setidaknya selama 75-150 menit seminggu, tingkatkan frekuensi dan intensitasnya setiap 2-3 minggu.

Share artikel ini
Reference