Ladies, apakah kamu pernah mengalami kaki bengkak usai melahirkan? Kondisi ini kadang terjadi selama kehamilan dan berlanjut meskipun bayi sudah dilahirkan. Apakah itu hal yang wajar?

Bengkak pada kaki atau yang biasa disebut dengan edema merupakan hal yang umum terjadi dan dapat mereda dengan sendirinya. Bengkak pada kehamilan sering terjadi pada wajah, tungkai, pergelangan kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya. Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan? Yuk simak di sini!

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan

Kaki bengkak setelah melahirkan kerap dialami oleh Sebagian besar ibu hamil hingga menyusui. Usai melahirkan, beberapa bagian tubuh masih terlihat bengkak seperti pada pergelangan kaki, wahag, tungkai, tangan dan bagian tubuh lainnya.

Penyebab kaki menjadi bengkak selama kehamilan dan persalinan, yaitu:

  • Rahim membesar. Rahim membesar sebagai tempat janin bertumbuh dan berkembang. Bagian tubuh menjadi lebih lambat aliran darahnya sehingga cairan menumpuk saat hamil dan melahirkan. 
  • Penumpukan cairan. Meningkatnya hormon estrogen dan progesterone menyebabkan retensi atau cairan yang menumpuk pada beberapa bagian tubuh, termasuk kaki.
  • Cairan infus. Bagi wanita yang mengalami persalinan Caesar, cairan infus menjadi jumlah cairan bertambah sehingga kaki dan bagian tubuh lain membengkak.
  • Mengejan. Proses persalinan yang mengejan menekan beberapa area tubuh dan menyebabkan penumpukan cairan pada kaki, lengan hingga wajah.
  • Ligament tubuh melanggar. Jaringan ikat atau ligamen menjadi lebih besar saat hamil. Tidak heran jika banyak pakaian atau alat kaki yang tak lagi muar karena terjadi pelebaran. Kondisi ini akan berubah dan kembali normal seiring kehamilan selesai.

Berbagai alasan dapat menyebabkan kaki bengkak meskipun persalinan telah dilakukan, apa yang harus dilakukan pada kaki bengkak setelah melahirkan?

Kaki Bengkak saat Hamil: Apakah Berbahaya?

Cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan

kaki bengkak saat hamil

Kaki bengkak setelah melahirkan merupakan hal yang wajar. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya saat sirkulasi darah lancar dan tubuh dapat kembali beradaptasi setelah persalinan. Untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan, cobalah beberapa cara berikut ini:

1. Jangan berdiri terlalu lama

Berdiri terlalu lama pada saat kaki bengkak akan membuat kaki semakin sulit kembali seperti semula. Usahakan untuk tetap duduk dan istirahat jika harus berdiri. Topang tubuh dengan kedua kaki dan hindari menyilangkan kaki agar aliran darah tidak terhambat.

2. Tempatkan kaki di tempat tinggi

Untuk membuat cairan dapat mengalir dengan lancar dan tidak menumpuk di kaki, letakkan kaki di tempat lebih tinggi. Hal ini dapat memicu air dan dapat mengalirkannya ke seluruh tubuh. 

3. Banyak minum air putih

Kaki bengkak dapat diatasi dengan banyak minum air putih agar tidak menimbulkan kekurangan cairan. Minum air putih juga akan membantu selama masa menyusui agar kaki berkurang bengkaknya.

Apa Manfaat Minum Air Putih? Ternyata Baik untuk Tubuh dan Kulit!

4. Olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan pasca persalinan agar aliran darah lancar. Kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk jenis olahraga apa yang aman dan cocok. Cobalah olahraga ringan seperti yoga, renang, pilates dan jalan santai agar kaki bengkak segera kembali ke ukuran semula.

5. Hindari garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan cairan yang menumpuk dalam tubuh. Cairan ini dapat membuat kaki bengkak dan asupan garam dapat memperburuk kondisi kaki. Batasi asupan garam baik itu dalam makanan atau minuman kemasan.

6. Hindari makanan olahan

Makanan olahan dapat memperparah kaki bengkak sehingga ada baiknya mengurangi konsumsi makanan olahan. Perbanyak makanan segar yang tinggi akan protein dan serat sehingga kaki atau bagian tubuh lain dapat terhindar dari bengkak pasca melahirkan. 

Macam Macam Frozen Food dan Tips Sehat Mengonsumsinya

7. Hindari kafein

Untuk kamu yang gemar konsumsi kafein seperti cokelat, kopi hingga teh, cobalah untuk mengurangi dan menghindari jenis minuman ini karena kafein dapat membuat tubuh kehilangan cairan lebih banyak. Berkurangnya cairan dapat memperburuk kondisi kaki bengkak setelah melahirkan.

8. Kenakan sepatu nyaman

Pilih dan gunakan sepatu yang nyaman serta sesuai dengan ukuran tubuh. Untuk sementara, jika kaki bengkak ganti dengan ukuran sepatu yang lebih pas dan tidak membatasi ruang gerak kaki. Hindari sepatu yang menggunakan hak tinggi yang membuat kaki semakin tidak nyaman.

5 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Mampu Kurangi Risiko Diabetes

9. Pijat pascapersalinan

Pijat pasca persalinan bisa dilakukan agar aliran darah dan kaki menjadi lebih lancar. Pijat juga membuat kadar hormon stress dapat berkurang dan tubuh menjadi lebih segar.

10. Kompres dingin

Kaki bengkak dapat diredakan dengan kompres dingin. Pakai es batu yang dibungkus dengan handuk kecil dan usapkan pada area kaki perlahan. Pembuluh darah akan mengecil sehingga bengkak akan mereda.

Kaki yang bengkak pasca persalinan adalah hal yang umum dan dapat membaik dengan sendirinya. Hal tersebut terjadi karena tubuh membutuhkan waktu untuk menghilangkan cairan selama kehamilan. Rutin buang air kecil agar cairan lebih cepat berkurang.

8 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam bagi Kesehatan

Selain itu jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter apabila terdapat gejala berikut ini:

  • Bengkak terjadi tiba-tiba
  • Timbul lekukan yang nyata pada bagian bengkak saat ditekan
  • Ada rasa iritasi, sakit, nyeri, dan area bengkak kemerahan
  • Sakit kepala
  • Muntah berulang
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Muncul nyeri pada dada
  • Sulit bernapas

Penanganan bengkak yang tak kunjung sembuh harus dikonsultasikan dengan dokter dan jangan sembarangan mengosnumsi obat apabila tidak disarankan oleh petugas Kesehatan.

Share artikel ini
Reference