cara menebalkan alis secara alami

Di masa kini, banyak perusahaan kosmetik memasarkan pensil, gel, dan produk lain yang dapat membantu membuat alis kamu terlihat lebih tebal. Tapi apakah ada cara untuk menumbuhkan alis yang lebih tebal tanpa bergantung pada riasan?

Ada banyak cara alami yang dapat kamu coba jika kamu menginginkan alis yang lebih tebal. Simak informasi selengkapnya di artikel ini:

Tanda alis tipis

Alis adalah salah satu bagian wajah yang paling terlihat, semakin tebal alis kamu maka semakin menonjol penampilan matamu.

Tidak semua memiliki alis tebal secara alami karena banyak juga dari kita yang memiliki alis jarang dan sedikit sehingga kita memerlukan solusi untuk membuatnya lebih tebal.

Alis yang tipis bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti penggunaan produk perawatan berbahan kimia, terlalu berlebihan mencabut alis, gangguan hormon, pertambahan usia, stres, hingga kondisi medis tertentu.

Cara menebalkan alis secara alami

Terdapat beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mempertebal alis, di antaranya:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa semakin populer sebagai minyak goreng dan suplemen makanan. Minyak kelapa juga disebut-sebut bermanfaat bagi rambut dan kulit saat digunakan secara topikal.

Sementara minyak telah diuji secara ekstensif untuk masalah kesehatan umum, seperti penurunan berat badan dan demensia, meski tidak ada data ilmiah luas yang mendukung penggunaan minyak kelapa untuk meningkatkan ketebalan rambut.

Namun, minyak kelapa umum dipakai dan dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Untuk menggunakannya kamu hanya cukup hangatkan sedikit minyak di tangan dan pijatkan ke area alis kemudian kamu bisa membiarkanya semalaman dan mencucinya di pagi hari.

2. Minyak pohon teh

Manfaat tea tree oil

Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh konon merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan menciptakan penghalang pelembab untuk kesehatan seluler dan folikel..

Sementara minyak pohon teh dapat dipuji sebagai pengobatan alternatif untuk menumbuhkan alis yang lebih tebal, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini.

Seperti yang dilaporkan oleh Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional (NCCIH), beberapa penelitian telah dilakukan pada manusia. Dari penelitian tersebut, satu-satunya hasil yang menjanjikan untuk minyak pohon teh termasuk perawatan untuk jerawat dan infeksi jamur.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengoleskan minyak jenis ini setiap hari ke alis kamu dan membairkannya semalaman.

Baca juga: 13 Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh!

3. Minyak lavender

Manfaat minyak lavender

Minyak lavender mungkin paling dikenal karena efek menenangkannya. Ketika dioleskan, minyak ini juga dianggap dapat memerangi kerontokan rambut.

Dalam hal studi ilmiah, lavender tampaknya hanya menjanjikan dalam mengobati stres. Meskipun umumnya tidak dianggap berbahaya sebagai perawatan rambut rontok, tidak ada penelitian kualitas yang mendukung efektivitas penggunaan minyak ini terhadap penebalan rambut alis.

Untuk menggunakannya, kamu dapat memijat ekstrak lavender ke area alis setiap hari untuk ritual relaksasi. Sebelumnya, kamu perlu menguji minyak pada bagian lain di kulitmu, karena dapat menyebabkan ruam pada beberapa orang.

4. Pijat

pijat refleksi dan cara menebalkan alis secara alami

Pijat alis mungkin tidak hanya terasa enak, tetapi ada juga hal ini dapat merangsang pertumbuhan secara alami.

Sebuah studi 2016 dari sembilan pria menyarankan pijat kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut. Penelitian ini kecil, hanya melibatkan pria, dan berfokus pada pertumbuhan rambut kulit kepala.

Tidak ada data serupa yang mendukung pijatan untuk merangsang pertumbuhan rambut alis, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya dalam jumlah sedang.

Baca juga: Titik Refleksi untuk Pijat 

5. Perawatan yang baik dan tepat

Dalam beberapa kasus, mendapatkan alis yang lebih tebal mungkin hanya bergantung pada teknik perawatan yang tepat. Kamu bisa mengikuti tips ini:

  • Hindari mencabut alis kamu secara berlebihan.
  • Selalu singkirkan rambut yang tidak diinginkan
  • Hindari menekan terlalu keras pada area tersebut dengan pensil alis.
  • Sikat alis kamu dengan sikat alis atau spoolie setiap hari.

Setelah beberapa minggu, kebiasaan perawatan yang baik kemungkinan akan membuahkan hasil. Jika kamu masih belum melihat hasilnya, bicarakan dengan dokter kulit tentang intervensi yang lebih intens.

Pencangkokan bedah dapat digunakan dalam kasus kerontokan rambut yang signifikan atau kerusakan folikel. Metode ini direkomendasikan untuk kasus trauma atau kerontokan rambut yang meluas.

Cara menjaga kesehatan alis

cara menebalkan alis secara alami

Setelah melakukan berbagai cara membuat alis tebal, Kamu juga perlu merawat kesehatan alis dengan benar. Kamu dapat menjaga kesehatan alis dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengonsumsi banyak protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran.
  • Temukan cara untuk bersantai dan mengurangi stres, seperti pijat atau meditasi.
  • Tahan keinginan untuk mencabuti alis secara berlebihan atau menggunakan bahan kimia keras di dekat alis.
  • Lindungi alis dengan petroleum jelly
  • Hindari mencabut alis terlalu keras atau secara berlebihan saat membentuk alis karena bisa menyebabkan alis sulit tumbuh kembali.
  • Jangan menekan alis terlalu keras ketika menggunakan pensil alis karena dapat membuat alis terluka. Sikat alis menggunakan spoolie setiap hari agar alis selalu tertata rapi.

Beberapa jenis asupan nutrisi penting juga bisa untuk kamu penuhi untuk mendukung pertumbuhan alis, diantaranya protein, vitamin, serta mineral zinc, zat besi, kalsium, selenium, asam folat, dan zat tembaga.

Sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan alis adalah daging rendah lemak, ikan salmon, kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, kentang, mangga, wortel, dan bayam.

Share artikel ini
Reference