ibu hamil rambut rontok

ibu hamil rambut rontok

Kamu mengalami rambut rontok setelah melahirkan. Hal ini memang umum terjadi bagi kebanyakan wanita setelah melahirkan.

Penyebabnya bukanlah karena setelah melahirkan ibu sibuk mengurus semua kebutuhan si kecil sampai lupa merawat dirinya, ya. Salah satunya karena fluktuasi hormonal. Kondisi ini bisa bertahan hingga 24 minggu hingga 18 bulan setelah melahirkan.

Meski tidak bisa dicegah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat. Tapi sebelumnya, yuk cari tahu lebih jauh apa saja penyebab rambut rontok setelah melahirkan!

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

cara agar rambut cepat panjang

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut seorang perempuan lebih mudah rontok setelah melahirkan, yaitu:

Perubahan hormon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alasan pertama rambut rontok setelah melahirkan adalah perubahan hormonal.

Seorang wanita dapat mengalami beberapa perubahan hormonal selama menstruasi hingga menjelang masa kehamilan. Kemudian,  perubahan hormonal ini dialami lagi setelah melahirkan.

Stres

Setelah melahirkan, ibu bisa mengalami stres akibat perubahan pola hidup. Kondisi ini dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah.

Untuk itu, cobalah belajar mengendalikan emosi dan pikiran dengan baik setelah melahirkan. Stres juga mempengaruhi kesehatan bayi dan ibu.

Inilah Jenis-Jenis Stres yang Sering Dialami! Ini Cara Mengatasinya!

Kurang asupan nutrisi

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi. Penggunaan zat besi dianjurkan untuk wanita setelah melahirkan.

Nutrisi ini juga berfungsi sebagai penambah darah setelah melahirkan. Beberapa contoh makanan kaya zat besi termasuk bayam, kangkung, aprikot, dan sejenisnya.

Efek samping obat

Banyak wanita diwajibkan minum obat setelah melahirkan. Beberapa obat yang digunakan memiliki efek samping yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Sehingga efek sampingnya bisa menyebabkan rambut mudah rontok.

 

Menggunakan pengering rambut

Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat merusak, mengeringkan, dan merontokkan rambut. Karena itu, coba keringkan rambut dengan menggunakan handuk lembut atau membiarkannya mengering secara alami. Gunakan pengering rambut hanya jika kamu ingin menata rambut.

Faktor keturunan

Jika kamu memiliki gen keluarga yang kerap mengalami kerontokan rambut, mungkin kamu juga  akan mengalami kerontokan rambut.

Kondisi ini bisa semakin parah setelah kamu melahirkan. Namun, kerontokan rambut akibat faktor keturunan dapat dikontrol dengan perawatan rambut yang cermat.

Rambut Rontok Saat Hamil? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Nah, agar kamu bisa  mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, ada beberapa  cara yang bisa kamu coba, seperti:

1. Gunakan sampo dan kondisioner

shampo coal tar untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Menggunakan sampo dan kondisioner mungkin tidak langsung menghentikan kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi lebih tebal.

Namun, menggunakan sampo dan kondisioner penambah volume rambut akan membuat rambut terlihat lebih berisi.

Hal ini karena shampo yang diklaim dapat menambah volume rambut mengandung bahan berupa protein yang dapat melapisi rambut agar terlihat lebih berisi.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi harian

Salah satu penyebab rambut rontok setelah melahirkan adalah gangguan gizi. Kamu dapat memperbaikinya dengan memastikan menu makananmu setiap hari sudah benar.

Artinya, kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk makanan yang mengandung protein dan biotin  karena keduanya dapat  mendukung kesehatan rambut dan kulit kepala. 

3. Konsumsi multivitamin

vitamin yang berperan penting dalam reproduksi
vitamin yang berperan penting dalam reproduksi

Jika kamu tidak yakin apakah makanan yang kamu  konsumsi mengandung nutrisi yang cukup,  kamu  dapat menambah asupan dengan multivitamin.

Kamu bisa meminum protein dalam bentuk bubuk protein atau omega 3 dan 6, dan asam amino. Semua senyawa nutrisi ini penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan suplemen berupa zinc, untuk membantu meregenerasi jaringan rambut dan mengatur kadar minyak kulit kepala agar folikel rambut tetap berfungsi dengan baik.

6 manfaat vitamin b6 untuk ibu hamil, Cegah Preeklamsia!

4. Hindari mengikat rambut 

Jangan ikat rambutmu dengan kencang karena hal ini membuat  rambut menjadi rapuh. Jika kamu memang perlu mengikat rambut, kamu dapat menggunakan karet longgar, seperti scrunchie.

Beberapa perempuan  bahwa  lebih memilih untuk memotong rambut  karena khawatir rambut akan rontok jika terus diikat.

5. Kurangi penggunaan alat penata rambut

bolehkah ibu hamil mewarnai rambut

Pengering dan pelurus  rambut dapat memperparah kerontokan rambut. Kamu bisa mengurangi risiko ini dengan mengeringkan rambut secara alami menggunakan handuk microfiber.

Selain itu, kamu juga bisa mengeriting rambut tanpa panas, misal dengan alat pengeriting tanpa listrik.

6. Penuhi kebutuhan tidur

Merawat bayi yang baru lahir memang melelahkan. Ini sering membuat wanita yang baru melahirkan menjadi kurang istirahat.

Karena itu,  pastikan kamu cukup istirahat dan tidur dengan jadwal yang konsisten. Dengan tidur minimal 7-8 jam sehari, regenerasi sel dan metabolisme berjalan lancar, dan rambut rontok pun bisa berkurang!

Nah,  itulah beberapa  alasan yang perlu kamu ketahui tentang mengapa seorang wanita bisa mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan. Jika kamu mengalami hal yang sama, jangan lupa terapkan tips di atas ya!

Share artikel ini
Reference