manfaat vitamin b6

Vitamin B6 merupakan vitamin yang termasuk dalam  vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 berfungsi memecah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak sehingga tubuh mendapat nutrisi dan energi.

Vitamin B6 juga berperan penting dalam mendukung produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan otak dan saraf. Selain itu, vitamin B6 untuk ibu hamil sangat membantu dalam pembentukan organ dalam tubuh dan perkembangan janin, mencegah anemia selama kehamilan, dan meningkatkan energi.

Ayo cari tahu lebih detail tentang apa saja manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil!

Dosis vitamin B6 untuk ibu hamil

omega 3 untuk ibu hamil

Umumnya, ibu hamil membutuhkan sekitar 1,9 mg vitamin B6 per hari. Namun, dalam laporan kesehatan University of Michigan, ibu hamil yang mengalami mual mampu mengatasi morning sickness dengan mengonsumsi 10-25 mg vitamin B6 tiga kali sehari.

Namun, ibu hamil tidak direkomendasikan mengonsumsi  lebih dari 100 mg vitamin B6 per hari karena mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Sedangkan kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan glositis, luka, kelelahan, anemia, neurodegenerasi dan depresi. Jika seorang ibu hamil ingin mengonsumsi vitamin B6 dalam dosis tertentu, sebaiknya hal ini dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil

Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin B6 memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil :

 1. Mengurangi rasa mual

Salah satu manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil adalah mengurangi rasa mual akibat morning sickness. Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang sangat umum di kalangan ibu hamil.

Keluhan ini biasanya muncul pada trimester pertama, tapi ibu hamil pada pertengahan trimester kedua atau ketiga juga dapat mengalaminya.

 2. Mendukung perkembangan otak dan saraf janin

Vitamin B6 tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, tetapi juga berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Dengan suplai vitamin B6 yang cukup, janin dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

 3. Pencegahan preeklamsia

ciri-ciri preeklamsia

Manfaat vitamin B6 selanjutnya untuk ibu hamil adalah mencegah preeklampsia. Kekurangan vitamin dan mineral, seperti kalsium, seng, vitamin B6, vitamin C dan vitamin E, dapat meningkatkan risiko preeklamsia pada ibu hamil.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin B6 untuk menghindari hal tersebut dan secara tidak langsung membantu mencegah kelahiran prematur.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan antara vitamin B6 dan pencegahan preeklamsia.

 4. Mencegah bayi lahir dengan berat badan kurang

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah suatu keadaan di mana bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram. BBLR merupakan salah satu penyebab utama masalah kesehatan dan kematian bayi.

Malnutrisi atau kekurangan gizi selama kehamilan, seperti protein, karbohidrat atau vitamin, termasuk vitamin B6, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin B6 untuk tubuhnya.

 5. Menjaga kadar gula darah

kadar gula darah normal

Manfaa vitamin B6 untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk menjaga kadar gula darah. Mengonsumsi vitamin B6 diketahui dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

Salah satu manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil, terutama ibu hamil dengan diabetes gestasional, adalah untuk mengontrol dan mencegah kenaikan gula darah.

Baca juga: Ingin Tahu Kadar Gula Darah yang Normal? Begini Caranya!

6. Membentuk Sel Darah Merah Baru

Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil selanjutnya adalah membentuk sel darah merah yang beru. Sel darah merah baru sangat dibutuhkan ibu hamil supaya kehamilan tetap aman hingga kelahiran tiba. Sel darah merah baru sebenarnya dibentuk oleh tubuh secara alami.

Namun, ibu hamil juga memerlukan asupan vitamin yang dapat membantu melancarkan pembentukan sel darah merah yang baik.

Nah, itu dia fakta penting tentang vitamin B6 mulai dari dosis hingga vitamin B6 untuk ibu hamil. Jika kamu merasa butuh mengonsumsi vitamin B6 pada takaran tertentu, jangan lupa konsultasi ke dokter dulu yaa!

Share artikel ini