Food preparing with woman hand pinching sweet basil leaf in kitchen table

Daun kemangi yang suka kamu santap di menu lalapan ternyata menyimpan manfaat, loh. Manfaat daun kemangi untuk wanita sering kali dikaitkan dengan kesuburan wanita. Wah, selain enak disantap ternyata daun kemangi baik untuk kesuburan, ya. Apakah benar?

Nah, berdasarkan penelitian dalam jurnal Nutrition Today, terdapat jenis kemangi yang berisiko mengganggu kesuburan jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Itu sebabnya, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan efek kemangi pada manusia.

Lantas, kenapa daun kemangi dikaitkan dengan kesuburan? Untuk itu, yuk kenali daun kemangi beraroma sedap ini lebih lanjut.

Mengenal daun kemangi, si aroma sedap

Daun kemangi atau yang dikenal sebagai daun Aroma, kemangi cengkeh, kemangi Afrika, dan di Hawai sebagai kemangi liar, adalah spesies Ocimum gratissimum. Kemangi merupakan tanaman asli Afrika, Madagaskar, Asia selatan, dan Kepulauan Bismarck.

Tanaman daun wangi ini dapat mencapai ketinggian 1-3 m dan memiliki beberapa cabang yang tumbuh dari pangkalnya. Bunganya harum dan memiliki paku putih hingga kuning kehijauan. Daunnya berbentuk lanset dan meruncing di kedua ujungnya.

Tanaman ini biasanya dapat ditemukan di alam liar, dan digunakan terutama sebagai bumbu masakan karena rasanya yang aromatik. Bunga dan daun tanaman ini kaya akan minyak atsiri, menambahkan aroma harum pada sup, salad, dan makanan lainnya. Ekstrak daunnya juga biasa digunakan sebagai obat tradisional dalam mengobati penyakit seperti batuk, demam, nyeri badan, dan sebagainya.

Kandungan dalam daun kemangi

Kira-kira dalam 100 g daun kemangi mengandung:

  • Kalium: 295mg
  • Protein: 3.2g
  • Kalori: 22
  • Lemak: 0,6
  • Karbohidrat: 2.7g
  • Natrium: 4mg

Kandungan lainnya seperti kalsium, fosfor, tanin, senyawa boron, eugenol, seng, anethol, stigmasterol, besi, kalium, karbon, dan Vitamin A semuanya ada di dalam daun ini.

Mitos dan fakta daun kemangi untuk wanita

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang diduga orang bermanfaat untuk kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Meski begitu, penting diketahui bahwa manfaat kemangi untuk kesuburan belum dapat dipastikan secara pasti. Penelitian juga perlu dilakukan untuk memastikan keamanan mengonsumsi kemangi pada kondisi tertentu.

Berdasarkan penelitian pada binatang dalam jurnal Nutrition Today, terdapat jenis kemangi yang berisiko mengganggu kesuburan jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Itu sebabnya, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan efek kemangi pada manusia.

Manfaat daun kemangi untuk meningkatkan kesuburan wanita

Kesuburan wanita memiliki peran penting dalam menentukan kehamilan. Ini karena proses pembuahan terjadi di dalam kandungan, maka kesiapan dan kematangan ovum (sel telur) sangat penting agar proses pembuahan dapat terjadi.

Oleh karena itu, wanita perlu menghitung masa suburnya, yaitu saat pelepasan sel telur dari ovarium ke rahim. Di periode ini, sel telur berada pada kondisi siap untuk dibuahi. Selain itu, kesehatan organ reproduksi wanita juga sangat penting agar kehamilan dapat terjadi.

Namun, daun kemangi bkan berarti tidak bermanfaat. Meski tidak berpengaruh langsung pada proses ovulasi, beberapa manfaat kemangi berikut dapat meningkatkan Kesehatan tubuh yag pastinya diperluan tubuh untuk proses ovulasi yang baik.

1. Membantu membuang racun di tubuh

Mengkonsumsi kemangi dapat mendetoksifikasi atau proses pembuangan racun dari dalam tubuh dan membuat metabolisme menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh lebih sehat sehingga tubuh siap untuk hamil.

2. Menjaga organ reproduksi tetap sehat

Zat eugenol di dalam kemangi berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat membantu mencegah terjadinya keputihan. Keputihan adalah hal yang normal, sebagai cara tubuh untuk menjaga keseimbangan pH. Namun, bila jumlahnya berlebih atau terlalu rendah justru menjadi boomerang bagi proses pembuahan.

3. Memperbaiki sistem reproduksi

Selain menjaga organ reproduksi, zat-zat di dalam daun kemangi berpotensi membantu memperbaiki sistem reproduksi. Zat anethole dan boron dalam kemangi sangat baik untuk merangsang hormon estrogen. Hormon tersebut dapat membuat sistem reproduksi wanita menjadi lebih baik.

4. Merangsang kesiapan ovum

Sebagaimana disebutkan bahwa kesiapan ovum sangat penting dalam proses awal kehamilan. Kemangi mengandung stigmasterol yang berpotensi untuk merangsang sel telur. Zat ini juga akan memastikan agar sel telur lebih cepat siap untuk ovulasi dan dibuahi.

5. Meningkatkan libido

Melansir dari University of Rochester Medical Center, manfaat lainnya dari kemangi untuk sistem reproduksi yaitu berfungsi sebagai afrodisiak alami yang berpotensi membantu meningkatkan libido pada wanita.

Selain untuk wanita, ada juga loh manfaat daun kemangi untuk pria.

A. Mengatasi ejakulasi dini dan meningkatkan kualitas sperma

Kandungan 1-8 cineol dalam kemangi berpotensi untuk mengatasi masalah seksual pada pria, salah satunya yaitu ejakulasi dini.

Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Kualitas sperma yang baik akan menentukan proses pembuahan. Daun kemangi berpotensi meningkatkan sistem kekebalan sperma, sehingga mampu mencapai sel telur dan membuahinya. Dengan begitu, sperma diharapkan mampu membuahi sel telur dengan baik.

B. Mencegah dan mengatasi infertilitas

Daun kemangi mengandung arginin yang berpotensi mencegah dan mengatasi kemandulan atau infertilitas.

C. Meningkatkan vitalitas

Proses pembuahan ditentukan oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu vitalitas yang tinggi. Gabungan antara zat arginine dan 1-8 cineole yang terkandung dalam kemangi berpotensi meningkatkan vitalitas pria.

Tips mengonsumsi daun kemangi untuk wanita

Kemangi merupakan rempah yang harum dengan cita rasa khas yang disukai banyak orang. Berbagai jenis memiliki rasa yang berbeda.

  • Kamu dapat menaburkan kemangi segar yang dicincang di atas pizza atau makanan lainnya.
  • Atur beberapa daun kemangi di atas irisan tomat dan mozzarella, lalu hajani dengan minyak zaitun.
  • Tambahkan kemangi ke dalam sup, saus tomat, dan tumisan.
  • Buat rendaman dengan kemangi, minyak zaitun, dan bawang putih cincang.
  • Tambahkan daun segar utuh, cincang, atau sobek ke salad.

Cara lainnya menikmati daun kemangi adalah sebagai pengharum ruangan. Rebus daun kemangi dan saring. Air rebusan dimasukkan ke dalam sprei otomatis. Atau kau bisa menjadikannya pewangi dalam lilin aromaterapi. Praktis, bukan?

Apakah daun kemangi aman dikonsumsi rutin?

Sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik. So, kamu harus berhati-hati saat makan kemangi karena daun ini memiliki sejumlah efek, misalnya:

Pembekuan darah

Hanya satu sendok makan kemangi mengandung 10,8 mcg vitamin K, yang berperan dalam pembekuan darah. Jumlah ini antara 9% hingga 12% dari kebutuhan harian orang dewasa. Kadar vitamin K yang tinggi dapat mempengaruhi kerja beberapa obat, termasuk warfarin (Coumadin).

Alergi

Beberapa orang memiliki reaksi alergi jika mereka mengkonsumsi atau bersentuhan dengan herbal dalam keluarga mint. Siapa pun dengan jenis alergi ini harus menghindari kemangi dan memeriksa makanan yang sudah jadi untuk memastikan bahwa itu bukan bahan yang memicu alergi.

Jika kamu mengalami gata -gatal, bengkak, atau kesulitan bernapas setelah makan kemangi, segera dapatkan pertolongan medis. Reaksi alergi yang parah dapat menjadi anafilaksis, keadaan darurat yang mengancam jiwa.

Memasukkan kemangi dalam makanan dapat memberikan manfaat. Namun ingat untuk mengonsumsinya dalam kadar yang cukup dan tidak berlebihan, ya, Ladies.

Share artikel ini
Reference