buccal fat removal

Lemak berada di semua bagian tubuh. Ketika kamu mempunyai berat badan berlebih atau obesitas, lemak di bagian tubuh tertentu akan jelas terlihat. Salah satu lemak yang sering jelas terlihat di antaranya tulang pipi dan tulang rahang. Ada satu cara untuk menghilangkan lemak ini, yaitu melakukan buccal fat removal.

Apa itu buccal fat removal? Apakah prosedur ini aman? Adakah efek sampingnya? Cari tahu semua jawaban pertanyaan tersebut dengan membaca artikel berikut ini.

Apa itu buccal fat removal?

Buccal fat atau lemak bukal adalah lemak di dalam tubuh yang letaknya berada di antara tulang pipi dan tulang rahang di wajah. Ini merupakan lemak yang membentuk wajah.

Nah, buccal fat removal sendiri merupakan prosedur menghilangkan lemak bukal di area wajah dengan cara operasi. Tujuan operasi ini adalah untuk menonjolkan struktur tulang di wajah, terutama tulang pipi dan juga area cekungan antara garis rahang dan pipi.

Dokter Alan Matarasso dari American Society of Plastic Surgeons mengatakan bahwa prosedur ini hanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Dr. Alan juga mengatakan bahwa rasa tidak nyaman yang muncul setelah prosedur ini tidak terlalu tinggi daripada prosedur pencabutan gigi di dokter gigi.

13 Cara Membakar Lemak Perut dengan Efektif, Wajib Dicoba!

Buccal fat removal apakah aman?

Kamu pasti penasaran, amankah buccal fat removal itu? Jika kamu tertarik dengan prosedur ini, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli bedah plastik terlebih dahulu. Aman atau tidaknya operasi hilangkan lemak yang satu ini tergantung dari usia seseorang dan kondisi kesehatannya.

Seseorang yang sudah berumur atau sudah tua, lemak bukal yang ada pada tubuhnya biasanya dapat tergelincir dan terlihat seperti rahang besar. Kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan facelift atau buccal fat removal kata Marc Pacifico, presiden dari British Association of Aesthetic Plastic Surgeons.

Naveen Cavale, salah satu ahli bedah plastik dan rekonstruktif terkemuka di Inggris mengatakan bahwa lemak bukal pada orang yang masih muda tidak harus dihilangkan. Lemak ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Jika kamu tetap memaksa ingin menghilangkan lemak ini, maka ada beberapa risiko kesehatan.

Apa Itu Squat Jump Yang Bisa Hilangkan Lemak Perut?

Buccal fat removal apakah permanen?

buccal fat removal

Dr. Andrew Jacono, ahli bedah plastik di New York City mengatakan bahwa prosedur ini tidak membuang seluruh lemak bukal karena yang dibuang hanya kelebihannya. Jika lemak bukal sendikit, kamu tidak boleh melakukan prosedur ini karena wajah akan terlihat cekung dan menua sebelum waktunya.

Tina Lee, perawat dari Los Angeles, telah melakukan prosedur ini pada 2020 dan ada perubuhan sedikit sejak hasil awal operasi dua tahun kemudian. Tidak dilakukannya pembuangan lemak bukal secara keseluruhan dan ada sedikit perubahan setelah menjalaninya menandakan bahwa buccal fat removal tidaklah permanen.

Berapa BMI Ideal untuk Cek Kondisi Kesehatan? Begini Cara Menghitungnya!

Seperti apa prosedurnya?

Prosedur ini dilakukan di rumah sakit oleh ahli bedah plastik atau dokter bedah plastik. Prosedur operasi ini meliputi beberapa hal berikut:

  • Anestasi lokal di wajah untuk menghilangkan rasa sakit selama prosedur
  • Ahli bedah plastik atau dokter bedah plastik akan membuat sayatan kecil di bagian dalam mulut kamu di kedua sisi wajah untuk mengekspos bantalan lemak bukal
  • Bantalan lemak ini kemudian ditekan dengan lembut untuk dipotong dan kemudian dikeluarkan
  • Setelah dikeluarkan, sayatan kecil yang tadi dibuat kemudian ditutup dengan jahitan. Kamu mungkin perlu kembali ke dokter untuk melepas jahitan ini.

Catat, Begini Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Ampuh dan Aman

Risiko atau efek samping

Buccal fat removal merupakan pembedahan kecil yang dilakukan di wajah kamu. Pembedahan yang dilakukan untuk mengeluarkan lemak dari wajah ini mempunyai beberapa risiko. Kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk menjalani operasi ini dengan mengetahui beberapa risikonya, yaitu:

  • Infeksi di area sayatan
  • Cedera pada saraf wajah dan atau cedera saluran ludah
  • Mati rasa atau perubahan sensasi
  • Wajah terlihat asimetri
  • Pendarahan

Kamu sudah paham sekarang tentang buccal fat removal, prosedurnya, dan juga risikonya. Jika kamu tetap ingin menjalani operasi pengangkatan lemak di area wajah ini, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman.

Manfaat Bedda Lotong untuk Wajah Berjerawat, Lulur Tradisional Khas Bugis


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference