manfaat minyak kemiri untuk rambut

Kamu yang hobi memasak pasti sudah tak asing lagi dengan kemiri. Kemiri adalah salah satu tumbuhan yang bijinya digunakan sebagai rempah-rempah masakan. Tidak hanya membuat masakan kamu tambah sedap, ternyata ada manfaat minyak kemiri untuk rambut.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang rempah yang satu ini dan manfaat minyak kemiri untuk rambut! Cek juga cara menggunakan minyak kemiri yang tepat untuk rambut dengan membaca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut

Sebelum mengetahui tentang manfaat minyak kemiri untuk rambut, yuk cari tahu dulu apa kemiri itu. Berasal dari wilayah Indo-Malaysia, kemiri adalah tanaman yang bijinya terkenal untuk rempah menyedapkan masakan. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia, seperti Malaysia, Indonesia, Queensland serta beberapa bagian Australia.

Kemiri mengandung persentase minyak yang tinggi (30-60%). Minyak kemiri sendiri mengandung 8,1% asam lemak jenuh, 15,3% asam lemak tak jenuh tunggal, 43% linoleat, dan 33% linolenat. Minyak ini sangat populer dalam dunia kecantikan, terutama untuk merawat kesehatan kulit dan rambut.

Berikut manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh secara umum, yaitu:

  1. Melancarkan sistem pencernaan
  2. Meredakan infeksi jamur
  3. Mengurangi risiko penyakit jantung
  4. Mengurangi insomnia
  5. Mengobati sariawan
  6. Membantu mengatasi sembelit
  7. Sebagai obat demam untuk anak
  8. Menguatkan tulang
  9. Menyehatkan persendian
  10. Membantu mengurangi sakit gigi
  11. Membantu membangun otot
  12. Meredakan gigitan serangga

Manfaat minyak kemiri untuk kulit:

  1. Melembabkan kulit
  2. Menyehatkan kulit
  3. Menenangkan kulit kering dan iritasi
  4. Memperlambat tanda-tanda penuaan dini
  5. Membantu pengelupasan sel kulit mati
  6. Mencegah munculnya stretch marks
  7. Membantu mempercepat penyembuhan kulit yang luka
  8. Menyehatkan kulit kepala

Sementara itu, manfaat minyak kemiri untuk rambut:

  1. Melembabkan rambut
  2. Mencegah rambut kering, rapuh, dan rusak
  3. Mengurangi rambut kusut
  4. Mengurangi rambut rontok
  5. Merangsang pertumbuhan rambut
  6. Membantu mencegah kebotakan

Rambut Mulai Menipis di Usia Muda? 11 Penyebab Kebotakan Dini

Cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut

manfaat minyak kemiri untuk rambut dan cara menggunakannya

Jika kamu mempunyai masalah rambut yang kering, mudah rapuh, kusut, sering rontok, dan mudah rusak, kamu bisa mencoba menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya. Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak ini untuk mendapatkan manfaatnya bagi rambut?

Minyak kemiri tersedia di pasaran dalam berbagai macam merek yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Penggunaan minyak kemiri untuk rambut juga sangat gampang, kok! Kamu hanya perlu mengoleskan minyak ini ke kepala kemudian pijat kulit kepala kamu dengan perlahan untuk hasil terbaik.

Kamu juga bisa mencampurkan minyak kemiri dengan minyak esensial lain untuk menyehatkan rambut. Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut dengan maksimal, jangan langsung membilas rambut dan kulit kepala kamu. Diamkan selama 5 menit sampai minyak kemiri meresap ke kulit kepala kemudian bilas.

Minyak kemiri vs minyak kelapa

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak kemiri jauh lebih ringan daripada minyak kelapa. Kamu perlu membilas rambut setelah mengoleskan minyak kelapa, tapi tidak dengan kemiri. Karena kandungan minyaknya yang ringan, kamu tidak perlu membilas rambut kamu setelah mengoleskan minyak kemiri.

Minyak kelapa juga sangat komedogenik, dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Itulah alasannya minyak kelapa tidak disarankan digunakan berlebihan pada kulit. Berbeda dengan minyak kemiri yang dapat kamu gunakan untuk menenangkan kulit tanpa perlu khawatir terjadi penyumbatan pori-pori.

Sering Catokan Bikin Rambut Patah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Adakah efek samping dari minyak kemiri?

Sejauh ini, belum ada data yang akurat apakah minyak kemiri dapat memicu alergi. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif dengan bahan-bahan tertentu, ada baiknya kamu tidak menggunakan minyak kemiri secara berlebihan. Batasi penggunaan minyak kemiri hingga 5 tetes pada rambut yang basah atau kering.

Nah, sudah tahu kan sekarang apa saja manfaat minyak kemiri untuk rambut dan cara menggunakannya dengan tepat untuk rambut. Tak ada salahnya mencoba menggunakan minyak kemiri sebagai alternatif menyehatkan rambut yang aman dan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference