Permasalahan kulit wajah yang bikin kepercayaan diri menurun tidak hanya jerawat, tetapijuga kulit wajah kusam. Kulit wajah kusam juga dapat menyebabkan kulit terasa kering dan terlihat lebih gelap dari biasanya. Kondisi kulit wajah yang satu ini bisa diatasi dengan menggunakan skincare untuk kulit kusam.

Buat kamu yang juga memiliki permasalahan yang sama dengan kulit wajah kusam, artikel kali ini cocok buat kamu. Yuk, cari tahu penyebab kulit kusam, cara mencegahnya, dan apa saja bahan skincare untuk kulit kusam.

Penyebab kulit kusam

Sebelum memilih skincare untuk kulit kusam, kenali dulu apa itu kulit kusam dan apa saja penyebabnya. Kulit kusam adalah kondisi kulit yang ditandai dengan kurangnya kecerahan, kelembapan, dan kekencangan kulit.

Kondisi kulit tersebut biasanya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga membuatnya tampak tidak bercahaya. Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Penyebab kulit kusam pada wajah, yaitu:

1. Dehidrasi

Jika kamu tidak minum cukup air, kemungkinan besar hal itu akan memengaruhi penampilan kulit. Faktanya, penelitian pada 2015 menemukan hubungan kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat. Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit.

2. Kurangnya pelembap

Jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan pelembap akan membuat kulit wajah kamu cenderung kering. Jika kulit terlalu kering, lama-kelamaan kulit menjadi kusam. Kulit yang kering juga akan membuat hilangnya kilau dan kekenyalannya.

3. Penumpukan sel kulit mati

Kulit kamu secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Namun, terkadang sel-sel mati ini tidak terkelupas sebagaimana mestinya dan malah menumpuk di permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

4. Merokok

Menurut tinjauan penelitian pada 2010, merokok merupakan faktor lingkungan yang memengaruhi penuaan kulit. Tinjauan tersebut menemukan bahwa merokok dapat mengganggu produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit.

Merokok juga dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel kulit kamu. Semua ini dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit tampak kusam.

5. Penuaan

Seiring bertambahnya usia kulit kamu, tingkat pergantian sel melambat karena penurunan sintesis kolagen, seperti yang dijelaskan oleh studi pada 2013 di Journal of Advances in Wound Care. Hal ini berarti hilangnya elastisitas dan kecerahan kulit, penyebab munculnya garis-garis halus dan kusam.

6. Stres

Jika kulit tampak lebih kusam dari biasanya, stres mungkin bisa menjadi penyebabnya. Dalam penelitian pada 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation & Allergy Drug Targets, ditemukan bahwa stres dapat melemahkan proliferasi dan diferensiasi sel kulit pada epidermis. Hal ini berdampak negatif pada pengelupasan alami kulit dan menyebabkan kulit kusam.

7. Polutan lingkungan

Polutan lingkungan seperti asap rokok, kabut asap, dan radiasi menghasilkan radikal bebas yang membuat kulit terlihat kusam dan pucat. Menurut penelitian pada 1992 yang dilakukan oleh Free Radical Research Group, radikal bebas mempercepat proses penuaan dini dan berkontribusi terhadap kulit kusam.

Lactacyd Baby untuk Bruntusan, Apakah Ampuh?

Cara mencegah kulit kusam

cara mencegah kulit kusam

Sudah paham kan sekarang apa saja penyebab kulit kusam. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Beberapa cara berikut ini bisa kamu ikuti untuk mencegah kulit kusam.

1. Eksfoliasi

Karena penumpukan sel kulit mati merupakan penyebab umum kulit kusam, solusinya adalah menghilangkannya dengan melakukan eksfoliasi. Pengelupasan kulit adalah cara yang bagus untuk membantu memperlambat laju pergantian sel kulit kamu karena membantu mengelupas sel-sel mati dan kotoran lainnya dari permukaan kulit.

2. Menjaga kelembaban kulit

Menjaga kelembapan kulit dengan baik adalah kunci untuk mencegah warna kulit kering dan kusam. Kamu dapat dengan mudah melakukannya dengan mengoleskan pelembap siang dan malam. Menurut review penelitian pada 2017, meggunakan pelembap kulit 2 kali sehari dengan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengobati berbagai macam dermatitis.

3. Gunakan face mask

Untuk tambahan hidrasi, kamu juga sebaiknya menggunakan masker wajah. Masker wajah adalah cara yang bagus untuk menambah kelembapan pada kulit kamu. Beberapa produk masker wajah sudah banyak yang mengandung bahan aktif untuk meremajakan kulit.

Pastikan face mask yang kamu pilih mengandung antioksidan, asam hialuronat, mentega shea, dan bahan-bahan lain yang menghidrasi dan mencerahkan.

Cara mencegah kulit kusam lainnya, yaitu:

  • Menggunakan sunscreen berspektrum luas dengan SPF 30 ke atas untuk mencegah bintik hitam dan kusam
  • Merawat kulit dengan produk perawatan kulit yang memiliki manfaat anti polusi dan mencerahkan
  • Melakukan pijatan lembut pada wajah untuk melancarkan aliran darah

Apa Itu Double Cleansing? Ini Caranya agar Wajah Glowing!

Bahan skincare untuk kulit kusam

Khusus untuk kulit kusam, jangan salah dalam memilih produk ya! Pastikan produk yang akan kamu gunakan menggunakan salah satu bahan skincare untuk kulit kusam berikut ini:

  • Polyhydroxy acid, asam pengelupas kulit yang paling lembut yang cocok untuk kulit sensitif
  • Glycolic acid, membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang berada di lapisan terluar kulit
  • Vitamin C, anti oksidan yang membantu meratakan warna kulit
  • Ferulic acid, membantu melindungi kulit dari pengaruh polutan lingkungan
  • Hyaluronic acid, merangsang kelembapan kulit
  • Polyglutamic acid, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit lebih lembab

Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab kulit kusam, cara mencegahnya, dan bahan skincare untuk kulit kusam yang perlu kamu gunakan. Jika penggunaan skincara dirasa belum memberikan hasil terbaik, segera berkonsultasi dengan dokter ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference