Apakah kamu pernah menderita wasir? Wasir atau ambeien merupakan salah satu penyakit yang ringan namun kerap membuat seseorang tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas.

Penyebab dari penyakit ini diketahui dapat berasal dari pola makan buruk yang menyebabkan berbagai keluhan.

Keluhan ini didapat dari pembesaran pembuluh darah atau pembengkakan pada area anun dan akhir usus besar atau rectum sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan buang besar, bengkak, gatal, rasa nyeri, hingga muncul benjolan pada anus.

Jika sudah terjadi seperti ini, cara tepat meringankan wasir adalah mengubah pola makan yang lebih sehat dan tinggi serat.

Kebutuhan akan asupan serat sangat diperlukan karena serat diketahui dapat larut pada saluran pencernaan.

Teksturnya lembut dan menyerap dengan sangat sempurna sehingga cocok untuk para penderita wasir.

11 makanan yang bagus untuk penderita wasir 

makanan untuk penderita wasir

Banyak makanan yang dapat membantu penderita wasir menjadi lebih baik.

Serat yang bisa didapat dari buah atau sayuran sangat direkomendasikan menjadi asupan utama sehingga wasir tidak akan lagi memberatkan. Daftar makanan yang terbaik untuk penderita wasir antara lain:

1. Beri-berian

Untuk meringankan gejala susah buang air besar yang kerap dialami penderita wasir, buah beri merupakan salah satu langkah terbaik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan melancarkan aktivitas BAB. 

Kandungan serat dalam buah beri memang tak main-main. Kandungan asam lemaknya bahkan dapat memproduksi hormon prostaglandin yang berfungsi meringankan rasa sakit.

Jenis buah beri yang dapat kamu konsumsi yakni stroberi, blackberries, raspberries, dan bluebeerris.

2. Pir

bahaya buah pir untuk ibu hamil

Rasa segar dan manis dari buah pir memang dapat meningkat perasaan yang nyaman saat pencernaan tak lagi bersahabat dan termasuk makanan untuk penderita wasir.

Buah ini dalam 100 gramnya saja mengandung 3,1 gr serat yang dapat dicerna sangat mudah oleh usus.

Kandungannya dapat melembutkan feses sehingga penderita wasir tidak akan kesulitan lagi Ketika BAB. 

3. Kurma

Makanan untuk penderita wasir selanjutnya adalah kurma. Kandungan serat dalam kurma memang dapat digunakan sebagai pencahar alami karena sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Kurma direkomendasikan untuk penderita wasir untuk mencegah sembelit dan sulit buang air besar.

Dalam 100 gr kurma terdapat 6,7 gr serat alami yang dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan wasir.

4. Pisang matang

pisang

Buah pisang memiliki 3 gr serat dalam 1 ukuran pisang sedang. Buah ini memang dapat mengobati wasir dengan mencegah sembelit datang.

Konsumsi buah pisang yang matang dapat membantu melunakkan kotoran dan hindari pisang yang masih muda karena malah dapat menyebabkan usus buntu atau sembelit yang lebih parah.

5. Jeruk

Untuk urusan sulit buang air besar hingga melembutkan feses, jeruk sangat bisa diandalkan. Buah ini mengandung vitamin C, air, dan serat yang tinggi.

Kandungan dari buah jeruk bagus untuk proses penyembuhan luka, elastisitas pembuluh darah dan sulit BAB dapat diatasi dengan mudah.

Jeruk dapat membantu meredakan gejala pada pasien wasir dengan segera.

6. Delima

Rasa khas asam manis dan buahnya yang berwarna cantik membuat delima tidak bisa dipandang sebelah mata.

Siapa saja delima juga dapat membantu meredakan gejala wasir dengan mengurangi bengkak anus dan rasa sakit yang timbul karena anus terluka.

Sebanyak 4gr serat dalam ditemukan dalam 100gr delima dimana kandungan ini cukup tinggi yang dapat membantu pasien wasir dengan mudah.

Delima dapat dikonsumsi sebagai jus atau lebih nyaman dibandingkan makan delima secara langsung.

7. Sayuran hijau dan brokoli

Manfaat Sayur Kale

Makanan untuk penderita wasir selanjutnya adalah sayur-sayuran hijau.

Serat sangat mudah didapatkan dari konsumsi buah dan sayuran hijau. Jenis sayuran yang dapat membantu meredakan gejala wasir adalah berwarna hijau.

Selain itu brokoli bisa menjadi pilihan tepat saat kamu kesulitan buah air besar, mempercepat penyembuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Ara atau tin

Buah ini memang tak mudah ditemukan di pasaran, namun ara memang dikenal sebagai buah dengan kandungan serat cukup tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Buah ini banyak ditemukan di wilayah timur tengah dengan khasiat utama mengobati dan mencegah sulit buang air besar.

9. Kiwi

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil
manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Buah eksotis yang banyak dibudidaya di selandia baru ini sangat cocok untuk penderita wasir. Kandungan seratnya tinggi yakni 3 gr dalam setiap 100 gram buahnya.

Kiwi dapat membantu meringankan wasir dengan melancarkan sembelit dan melunakkan feses dengan mudah. 

10. Jambu biji

Jambu biji diketahui menandung vitamin c dan e yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

Kandungan makanan untuk penderita wasir ini tentu sangat baik ketika mendapat kesulitan BAB. Vitamin pada jambu biji juga dapat menyembuhkan luka dari dalam dengan lebih cepat.

11. Biji-bijian

Masa penyembuhan penderita wasir dapat dipercepat dengan banyak mengonsumsi biji-bijian. Serat dan protein yang terkandung mampu membantu penderita wasir sembuh lebih cepat.

Selain itu biji-bijian dapat melancarkan pencernaan yang sering menjadi gejala saat wasir datang.

Serat menjadi nutrisi yang sangat baik saat mengalami wasir. Serat mudah didapatkan dari berbagai buah dan sayur yang membantu wasir sembuh lebih cepat.

Namun adakah makanan yang harus dihindari saat menderita wasir?

Moms, Ini 10 Cara Menghilangkan Wasir setelah Melahirkan

Makanan yang sebaiknya dihindari

Sulit buang air besar dan nyeri pada area rektum memang sangat menyakitkan. Kondisi ini tentu mudah diredakan dengan konsumsi makanan berserat tinggi.

Selain itu kamu perlu menghindari beberapa makanan ini saat mengalami wasir, yaitu:

  • Keju. Batasi konsumsi keju agar sistem pencernaan lebih lancar dan aman. Perbanyak makan serat seperti buah dan sayuran agar wasir tidak menjadi semakin buruk.
  • Makanan pedas. Makanan pedas akan meningkatkan rasa panas pada pencernaan dan anus. Kurangi rempah dan cabai agar wasir dapat segera mereda.
  • Daging. Daging menjadi makanan yang sulit untuk dicerna, terlebih bagi penderita wasir. Alihkan konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi alih-alih memilih daging merah yang dapat memperparah kondisi wasir.
  • Alkohol. Alkohol dapat memicu dehidrasi dan sebaiknya dihindari oleh penderita wasir. Minuman ini dapat memperparah sembelit dan wasir akan sulit untuk ditangani.
  • Gorengan dan olahan. Pada saat menderita wasir, ubahlah kebiasaan untuk makan makanan olahan dan gorengan karena jenis makanan ini kurang sehat untuk meredakan masalah pencernaan. 

Makanan untuk penderita wasir direkomendasikan yang tinggi serat seperti buah dan sayur. Serat dapat membantu sistem pencernaan lebih lancar sehingga gejala wasir dapat semakin berkurang.

Menurut Ahli, Ini 10 Buah Pelancar Bab Setelah Melahirkan

Share artikel ini
Reference