sari gandum coklat

Pernahkah kamu memakan sari gandum coklat sebagai sarapan atau snack? Pasti rasanya enak dan mengenyangkan, bukan? Tapi, apakah gandum coklat cocok untuk dikonsumsi selama diet? Berapa kalori sari gandum coklat sebenarnya?

Gandum coklat memang memiliki kandungan gizi yang baik, seperti serat dan protein, yang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Namun, sari gandum coklat juga mengandung kalori dan gula yang tinggi, sehingga jika kamu tidak memperhatikan porsi, maka asupan kalorimu bisa melampaui batas.

Nah, agar lebih jelas, yuk kita bahas tentang sari gandum coklat dengan sedikit lebih detail di sini!

Kalori dan komposisi sari gandum coklat

kalori better

Kalori sari gandum coklat adalah sekitar 150 kkal dalam tiga potong (1 porsi). Biskuit sari gandum coklat mungkin salah satu jenis biskuit yang banyak dikonsumsi orang, terutama saat diet. Hal ini dikarenakan biskuit sari gandum coklat dianggap aman untuk diet karena kalorinya yang rendah.

Namun, tahukah kamu apa saja komposisi sari gandum coklat? Pernahkah kamu membaca informasi nilai gizi yang tertera pada kemasannya?

Berikut ini kandungan Sari Gandum coklat:

  • Tepung gandum
  • Pasta kacang
  • Gula
  • Minyak nabati yang terdiri dari antioksidan BHA
  • Tepung tapioka
  • Maltodekstrin
  • Susu skim bubuk
  • Kelapa
  • Garam
  • Pengembang
  • Ekstrak malt
  • Perisa artifisial
  • Pengemulsi lesitin kedelai
  • Premiks vitamin (B1, B2, B6, B12).

Dari banyaknya bahan ini, tentu nutrisi yang terkandung di dalamnya juga banyak. Tapi, kamu harus tetap ingat untuk membatasi porsinya yaa!

5 Manfaat Roti Gandum untuk Diet yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah dari gandum coklat cocok untuk diet?

Sari gandum coklat diklaim sebagai biskuit yang terbuat dari gandum utuh dan coklat pilihan. Biskuit ini mengandung serat esensial, protein, dan vitamin B. Bagaimana dengan kalorinya? Kalori sari gandum coklat adalah sekitar 150 kkal dalam tiga potong (1 porsi).

Saat perut kosong dan kamu ingin makan camilan,  kamu bisa makan biskuit. Ingat, makan 1 porsi saja  yaa! Intinya, sari gandum coklat bisa dikonsumsi selama diet asalkan kamu memperhatikan porsi dan kombinasinya dengan makanan lain. 

Kapan sebaiknya makan biskuit?

berapa kalori roma kelapa

Biskuit memang makanan ringan yang sangat nikmat dan sering dijumpai di mana-mana. Tapi, kapan sebaiknya kita makan biskuit? Berikut adalah beberapa waktu yang pas untuk menikmati biskuit:

1. Pagi hari saat sarapan

Kamu bisa memulai hari dengan menikmati biskuit bersama teh atau kopi. Ini adalah cara yang baik untuk memulai harimu dengan lebih ceria dan energik. 

2. Saat istirahat siang

Ketika kamu merasa lapar selama jam kerja, coba makan biskuit untuk mengatasi rasa laparmu sementara. Ini bisa membantu sembari menunggu jam makan siang atau makan siang yang kurang pas. Namun, tetap ingat untuk membatasi konsumsinya, ya! 

Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum? Ternyata Segini!

3. Waktu sela makan besar

Sedang menunggu waktu makan siang atau makan malam? Di antara waktu tunggu tersebut, kamu bisa menikmati biskuit terlebih dahulu. Kamu juga bisa menikmati biskuit saat sedang senggang. Coba nikmati biskuit untuk membantu mengatasi rasa bosanmu. Tapi jika kamu sedang diet, kamu wajib memperhatikan porsinya yaa!

Sebenarnya tidak ada waktu yang salah untuk makan biskuit.  Tapi tiga waktu di atas dapat kamu coba. Tapi tetap ingat yaa, kalori biskuit, khususnya kalori sari gandum coklat bisa tinggi  jika kamu memakannya secara berlebihan. 

Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference