kalori pie susu

Tahukah kamu bahwa satu porsi pie susu mengandung sebanyak 105 kalori? Jumlah ini terdiri dari karbohidrat sebanyak 48%, lemak sebanyak 44%, dan protein sebanyak 8%.

Jumlah kalori pie susu yang banyak tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh bahan mentega, gula, susu, dan telur. Bahan tersebut termasuk bahan utama dalam membuat kulit dan isiannya. Informasi kandungan kalori dan kandungan lainnya bisa kamu simak berikut ini.

Berapa kalori pie susu?

Berikut ini data informasi gizi dan kalori pie susu.

Ukuran Porsi: 1 buah

  • Energi 438 kj
  • 105 kkal
  • Lemak 5,15g
  • Lemak Jenuh 3,032g
  • Lemak tak Jenuh Ganda 0,313g
  • Lemak tak Jenuh Tunggal 1,442g
  • Kolesterol 42mg
  • Protein 2,03g
  • Karbohidrat 12,54g
  • Serat 0,3g
  • Gula 3,92g

Ukuran porsi umum:

  • 1 buah 105
  • 1 porsi (50 g) 209
  • 100 gram (g) 419

Berapa Kalori Martabak Manis? Yuk, Intip Disini!

Resep pie susu

Pie susu adalah salah satu oleh-oleh khas Bali. Pie ini merupakan hidangan penutup yang terbuat dari kue pastry yang diisi dengan custard telur serta susu kental manis. Teksturnya yang renyah dan isian yang lembut membuat mulut terasa ‘dimanjakan’.

Pie susu hadir dalam berbagai variasi seperti pie susu original, pie madu telur, pie putih telur, pie cokelat, pie green tea, dan lain sebagainya. Selain enak, proses pembuatan pie susu ini juga terbilang mudah. 

1. Pie susu mini

Bahan kulit:

– 250 gr tepung terigu

– 1/2 sdm gula halus

– 150 gr mentega

– 2 butir kuning telur

– Vanili secukupnya

Bahan isian:

– 200 ml air

– 180 gr susu kental manis (SKM)

– 25 gr gula halus

– 15 gr tepung custard

– 4 butir kuning telur

– Vanili secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kulit hingga rata kemudian tutup wadah dengan plastik wrap. Masukkan ke dalam freezer selama lima menit.
  2. adonan kulit kemudian dicetak di cetakan pie. Tusuk dasarnya dengan garpu agar hasil panggangan merata. Panggang sekitar 15 menit.
  3. Campurkan semua bahan isian dan aduk perlahan. Adonan kemudian disaring sebelum diletakkan di tengah pie.
  4. Oven dengan suhu 100 derajat Celcius selama 80 menit atau hingga matang. Lalu masukkan dalam kulkas.

2. Pie susu matcha

Bahan kulit:

– 300 gr mentega

– 2 sdm gula halus

– 3 kuning telur

– 500 gr terigu

Bahan isi:

– 1 sdm matcha bubuk, larutkan dengan 2 sdm air panas

– 3 sdm tepung maizena

– 120 ml air

– 2 butir telur, kocok lepas

– 200 ml susu kental manis

– Kit Kat green tea, potong-potong

Cara membuat:

  1. campur semua bahan kulit menggunakan garpu sampai adonan tercampur rata.
  2. Padatkan dan masukkan dalam cetakan pie. Oven sampai 1/2 matang, sisihkan.
  3. Buat bahan isi, campur semua bahan isi kecuali Kit Kat, aduk rata, kemudian saring.
  4. Tuang adonan isi ke dalam kulit pie yang sudah dicetak, taruh 1 potong Kit Kat green tea di atasnya.
  5. Panggang dalam oven hingga matang.
  6. Diamkan sebentar, lepas pie susu dari cetakannya.

3. Pie susu keju

Bahan kulit:

– 40 gr butter dingin, potong dadu

– 35 gr margarin

– 155 gr tepung terigu protein sedang

– 35 gr gula halus

– 1 butir kuning telur

– 2 sdt susu cair

Bahan custard:

– 50 gr susu cair

– 5 gr tepung maizena

– 40 gr susu kental manis (SKM)

– 1 butir kuning telur

– 50 gr keju Cheddar parut

Cara membuat:

  1. Untuk membuat kulit pie, campur butter margarin, gula dan tepung remas-remas dengan tangan hingga bertekstur pasir.
  2. Tambahkan kuning telur, ulen ringan hingga adonan menyatu. Jika masih belum menyatu, tambahkan susu cair hingga adonan menggumpal jadi satu bulatan.
  3. Bagi adonan menjadi 8 bagian, masing-masing 35 gr.
  4. Cetak dan rapikan. Lubangi dasarnya dengan garpu. Sisihkan.
  5. Custard: campur jadi satu susu cair, maizena, SKM, dan telur. Aduk rata dan saring.
  6. Tambahkan keju parut, aduk rata. Tuang bahan tersebut ke dalam kulit pie.
  7. Panaskan oven 160 derajat Celcius, panggang selama 25 menit hingga matang atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

4. Pie susu ubi

Bahan kulit:

– 250 gr tepung terigu protein sedang

– 150 gr mentega

– 1 sdm gula-gula halus

– 1 butir telur kocok lepas

– Pasta vanila

Bahan isi:

– 200 gr ubi kuning

– 100 ml air putih

– 10 gr maizena/1 sdm

– 2 butir kuning telur

– 150 ml susu cair

Cara membuat:

  1. Panaskan oven di suhu 160 derajat Celcius.
  2. sementara itu, buat kulit pie terlebih dahulu. Campur tepung, gula halus, mentega, telur dan pasta vanila. Aduk dengan garpu hingga adonan menyatu.
  3. Cetak di cetakan pie setebal 0,5cm. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu pada bagian dasarnya agar saat dipanggang tidak bergelembung.
  4. Kukus ubi kemudian lumatkan menggunakan garpu. Masukkan semua bahan pie susu ubi untuk diaduk menggunakan whisk.
  5. Tuang sedikit demi sedikit adonan ke kulit pie. Kemudian panggang selama 45 menit.
  6. Angkat dan hidangkan ketika lebih dingin.

Jenis oleh-oleh bali yang tak kalah enak

Selain pie susu, ad banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa dari Bali, lo. Tentunya oleh-oleh ini mudah kamu dapatkan dengan harga bersahabat. Berikut ulasannya.

Pia Legong

Perbedaan pie susu dengan pia legong terletak pada ukuran dan bentuknya. Pie susu mirip dengan pai puding, sementara pia legong adalah kue kering dengan isian. 

Pia legong sangat terkenal sehingga para pelancong hanya dapat membeli satu atau dua kotak untuk setiap orang. Setiap kotak berisi 6 pie dengan harga sekitar Rp 100.000 dengan berbagai rasa seperti coklat, kacang hijau, durian, dan keju.

Lapis Legit Harum

Lapis Legit Harum adalah kue lapis tradisional yang manis dan bermentega, dengan pengaruh dari Belanda. Biasanya, Lapis Legit klasik terdiri dari 18 lapis kue, dilengkapi dengan plum atau keju. Saat ini, kamu bisa menemukan berbagai rasa seperti cokelat atau kayu manis.

Pisang Bali

Pisang Bali adalah nama yang relatif baru di kancah makanan Bali, namun telah mendapatkan banyak popularitas dalam beberapa tahun terakhir sebagai salah satu jajanan Bali yang paling terkenal. Seperti namanya, Pisang Bali adalah makanan ringan yang menggunakan bahan utama pisang, seperti bolu pisang, perkedel pisang, atau keripik pisang.

Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah jenis kopi yang sebagian telah diproses di saluran pencernaan luwak palem, kucing eksotik asli Indonesia dan Asia Tenggara. Kacang melalui proses fermentasi yang mirip dengan usus luwak. 

Enzim pencernaan memecah protein, memperpendek peptida dan melepaskan asam amino tertentu dari kacang. Setelah biji dipetik, dicuci, disangrai, digiling, dan diseduh menjadi kopi, proses ini menghasilkan produk akhir yang lebih lembut dan halus.

Kain Batik dan Ikat

Kain tenun tangan ini diproduksi dengan cara tradisional dan menampilkan budaya lama Bali. Ikat adalah salah satu tekstil cantik yang digunakan dalam celana batik, yang dihargai karena kenyamanannya.

Tas Rotan

Tas rotan ini sangat mudah ditemukan di pasar seni atau toko di Bali. Praktis untuk menyimpan dompet dan ponsel. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan topi rotan juga!

Ukiran Kayu

Tegallalang, sebuah desa kecil di utara Ubud, adalah rumah bagi komunitas pemahat kayu yang terkenal karena lukisan Garuda bergaya Bali yang indah, burung mitos Hindu yang merupakan tunggangan Dewa Wisnu. 

Topeng Bali, makhluk liar, dan buah-buahan tropis dari kayu adalah beberapa karya lainnya. Barang yang lebih besar ditawarkan dalam potongan knock-down, yang dapat kamu kemas dan pasang kembali di rumah.

Perhiasan Perak

Cobalah mengunjungi desa kerajinan perak Celuk dan Mas yang terkenal di Bali, yang terletak di antara Batubulan dan Ubud. 

Miniatur candi perak, kapal layar, kuda, kereta, dan patung yang menggambarkan kehidupan Bali semuanya dapat ditemukan di ruang pamer perak yang cukup kecil untuk muat di bagasi Anda. Beberapa toko bahkan menawarkan lokakarya yang menghibur di mana kamu dapat belajar membuat perhiasan kecil sendiri.

Sarang walet 

Camilan ini berasal dari air liur burung walet yang dipadatkan. Oleh-oleh ini biasanya dijual sebagai barang kering dalam paket. 

Karena bentuk protein pra-cerna yang ditemukan dalam air liur, hidangan ini hadir dengan banyak manfaat kesehatan yang digunakan dalam pengobatan timur. Seperti meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak, melindungi kekebalan orang tua, menjaga keremajaan kulit, dan juga mempercepat pemulihan.

Selai dan madu

Kaya akan flora dan fauna, beberapa toko di Bali menyediakan banyak pilihan produk alami terbaik termasuk selai dan marmalades yang terbuat dari buah-buahan tropis segar, serta toples madu yang diekstrak dari sarang madu berkualitas tinggi. Sebarkan beberapa selai atau madu Bali buatan sendiri ini ke dalam roti dan nikmati cita rasa surga yang luar biasa!

Kacang Kapri

Pulau Bali adalah rumah bagi berbagai jenis kacang-kacangan. Dari kacang macadamia, kemiri hingga kacang tanah; Bali punya semuanya. Namun yang teratas dalam daftar kacang adalah kacang merek Matahari. 

Kacang yang digoreng dan dibumbui ini adalah salah satu favorit penduduk setempat dan juga turis karena menawarkan rasa tajam di setiap gigitannya. Kacang spesial ini akan memberimu rasa yang tidak akan bisa dilupakan.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference