Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan gado-gado. Makanan khas Indonesia yang satu ini memang banyak dijual di berbagai daerah.

Gado-gado sendiri merupakan makanan yang terdiri dari beragam jenis makanan lainnya, seperti aneka sayuran, kentang, tahu, tempe, dan telur, yang kemudian disajikan dengan saus kacang dan ditambah sedikit kerupuk. 

Sekilas, gado-gado memang terlihat sehat karena mengandung aneka macam sayuran. Apakah betul demikian? Yuk, cek dulu berapa kalori gado gado berikut ini!

Mengenal gado-gado

kalori gado gado

Sekilas, gado-gado memang mirip dengan beberapa makanan khas daerah lainnya seperti lotek (Jawa Barat) dan pecel (Jawa Timur). Bedanya, saus kacang gado-gado tidak menggunakan kencur seperti lotek dan pecel.

Selain itu, tidak seperti pecel yang biasanya hanya berisi sayur, gado-gado menggunakan telur, tahu, tempe, dan lontong.

Meskipun sering disebut-sebut sebagai kuliner Betawi, gado-gado sebenarnya merupakan adaptasi kuliner dari berbagai wilayah.

Banyak sumber mengatakan bahwa nama gado-gado berasal dari kata Portugis, yaitu “gadu” yang berarti makanan campuran. Namun, sumber lain mengatakan bahwa gado-gado ini berasal dari tradisi Tionghoa.

Karena gado-gado kerap dikaitkan dengan kata “campuran”, munculah berbagai istilah berkaitan seperti “pernikahan gado-gado” yang berarti pernikahan campuran suku, “bahasa gado-gado” yang berarti penggunaan berbagai bahasa saat berkomunikasi, dan berbagai istilah lainnya dengan yang disandingkan dengan kata “gado-gado”.

Selain rasanya yang lezat dan asal namanya yang unik, ternyata masih banyak fakta lain yang perlu kamu tahu tentang gado-gado, termasuk kalori gado gado. Yuk, mengenal gado-gado dulu!

Baca juga: Sering Jadi Favorit Cemilan, Berapa Kalori Tempe Goreng? 

Kalori gado-gado

Gado-gado memang lezat, tapi untuk orang yang diet, gado-gado mungkin menjadi makanan yang kurang disarankan karena kalori gado-gado yang cukup tinggi. Berikut jumlah kalori aneka gado-gado:

  • Satu porsi kecil kalori gado gado tanpa saus kacang dan lontong mengandung 318 kalori.
  • Kalori gado gado lontong saus kacang mengandung 500-1000 kalori.
  • Gado-gado tanpa lontong mengandung 450 kalori.

Jumlah kalori tersebut terdiri dari 31% karbohidrat, 48% lemak dan 21% protein. Ini merupakan kalori gado-gado tanpa lontong. 

Untuk menghindari kalori tinggi, kamu harus mengontrol banyaknya saus kacang yang dicampurkan ke gado-gado.

Baca juga: Berapa Kalori Pecel Sayur yang Aman Dikonsumsi?

Tips makan gado-gado untuk diet

pcos diet

Meskipun kamu sedang menjalani program penurunan berat badan, kamu tetap bisa mengonsumsi gado-gado. Yuk, ikuti tips ini!

  1. Jika kamu ingin kenyang dan ada pilihan makan gado-gado pakai nasi atau lontong, pilihlah lontong. Pastikan kamu memilih lontong yang tidak terlalu padat, karena semakin keras lontong, semakin tinggi kandungan karbohidratnya. 
  2. Saat makan gado-gado, usahakan pakai saus kacang yang lebih sedikit serta menghindari tambahan kerupuk dan gorengan. 
  3. Jika kamu rasa sayuran kurang lezat, kamu bisa menambahkan telur rebus. Selain bisa membantumu lebih kenyang, telur rebus juga bagus sebagai tambahan protein.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang gado-gado, kalori gado-gado, dan tips mengonsumsinya. Jadi, kalau kamu sedang diet, ingat kamu tetap bisa makan gado-gado!

Share artikel ini
Reference