Ladies, apakah kamu pecinta sushi? Tahukah kamu berapa jumlah kalori sushi? Makanan khas Jepang berupa gulungan rumput laut yang diisi dengan nasi dan berbagai isian lain ini memang menjadi salah satu makanan yang lezat.

Sushi biasanya disajikan dalam ukuran yang kecil atau mini sehingga cukup untuk satu suapan. Namun dibalik bentuknya yang mini, ternyata kalori sushi cukup tinggi lho. Apakah kamu pernah menyadarinya?

Yuk kulik berapa kalori dari sushi dan tips makan sushi sehingga dapat menurunkan kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu. Check it out!

Berbagai variasi menu sushi

Siapa yang menyangka bahwa kalori sushi cukup tinggi? Kalori sushi yang tinggi tidak terlepas dari bahan-bahan pembuat sushi dan isiannya yang mempunyai kalori cukup tinggi.

Sushi biasanya disajikan lengkap dengan kecap, acar jahe, wasabi, cabe bubuk dan lain sebagainya.

Sushi merupakan makanan yang popular di Jepang pada abad ke-7 dimana teknik ini untuk pertama kali digunakan sebagai cara mengawetkan ikan.

Kalori sushi dibedakan dari jenis sushi yang dimakan dan apa saja jenis isian yang kamu pilih. Beberapa varian sushi yang biasanya disajikan oleh restoran khas Jepang antara lain:

1. Gunkan

kalori gunkan sushi

Gunkan biasanya disebut juga dengan sushi roll atau berbentuk gulungan. Isian dari gunkan adalah ikan atau bahan lain yang digulung dengan nasi dan lembar nori atau rumput laut.

Ukuran sushi gunkan juga berbeda-beda, ada yang gulungan tebal (futomaki) dan ada juga yang tipis (hosomaki)

2. Nigiri

nigiri

Jenis sushi ini merupakan sushi dengan potongan ikan mentah. Ikan atau potongan bahan lain ini diletakkan diatas nasi dimana nasi tersebut sudah dipadatkan sebesar ibu jari saja.

Nigiri cukup banyak digemari karena bentuknya yang cantik dan rasanya yang lezat.

3. Inari

Nasi yang dicampur dengan cuka dan dalam kulit tahu lalu digoreng bernama inari. Inari merupakan salah satu jenis jajanan yang cukup laris dan digemari karena lezat dan menambah napsu makan.

4. Sashimi

sashimi

Sashimi merupakan irisan ikan yang dapat dimakan mentah. Sajian ini memang cukup banyak digemari karena unik dan mempunyai tekstur unik serta berasal dari ikan segar yang diiris sangat tipis.

5. Chirashi

chirashi

Chirashi merupakan jenis ikan mentah yang dipotong kemudian ditempatkan diatas nasi. Jenis sushi ini memang cukup popular dan lezat bagi kamu yang suka dengan ikan mentah, ya ladies.

Berapa kalori sushi?

Kalori sushi sebenarnya akan menyesuaikan dengan bahan yang digunakan dalam sushi tersebut. Beberapa contoh sushi dengan rata-rata kalorinya, antara lain:

Dilansir dari Fat Secret, dalam 1 buah sushi ukuran sedang terdapat 37 kalori, 0,11g lemak, 7,77g karbohidrat dan 1,12g protein. Jika porsinya bertambah menjadi 1 ons akan memiliki 41 kalori dan 100 gram sushi menjadi 143 kalori.

  • Sushi tradisional yang terdiri dari nasi, nori dan ikan mempunyai 200-250 kalori dalam 6 potong.
  • Sushi dengan isian ganda dan hasil modifikasi yang berisi nasi, daging kepiting, alpukat ditambah dengan krim keju dan mayonaise akan mempunyai kalori hingga 410 per potong.
  • Kalorinya akan lebih tinggi apabila terdapat ikan atau udang yang dibalut dengan tepung dan dimakan bersama dengan nasi dan nori serta tambahan topping seperti mayonaise dan krim keju.

Tentunya bagi yang kamu sedang berdiet, sushi dengan isian penuh dan berbagai macam olahan akan menggagalkan diet kamu karena memang cukup tinggi.

Pilih varian sushi rendah kalo dengan memperbanyak sayur yang dapat dimasukkan dalam gulungan sushi dan hindari isian tinggi kalori, ya.

Baca juga: Hobi Mukbang dan Gagal Diet, Ini Dia Kalori Tteokbokki!

Bahan dan nutrisi sushi

Setelah mengetahui berapa kalori sushi, bahan pembuat sushi sering dianggap sebagai makanan kesehatan yang kaya nutrisi seperti dibawah ini:

  • Ikan. Ikan merupakan sumber kalori sushi, protein, yodium, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mendukung optimasi otak dan tubuh dalam menjalankan fungsinya.
  • Wasabi. Wasabi adalah pasta yang terbuat dari parutan batang eutrema japonicum yang masih satu keluarga dengan lobak, kol dan mustard. Wasabi mengandung beta karoten, glukosinolat dan zat lain yang memiliki sifat antikanker, antibakteri dan anti inflamasi. Rasa wasabi sangat kuat meski dimakan dalam jumlah kecil.
  • Rumput laut. Rumput laut mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium, tiamin, yodium dan berbagai vitamin. Meski sangat sedikit nutrisinya jika sudah berada dalam gulungan sushi, namun efeknya cukup besar untuk kesehatan.
  • Acar jahe. Acar ini dikenal dapat membersihkan mulut ketika anda terlalu banyak makan sushi. Jahe sebagai sumber magnesium, tembaga, mangan dan potassium yang baik memiliki sifat melindungi dari bakteri dan virus.

Bagaimana tips sehat dalam menyantap makanan khas Jepang ini?

Tips sehat untuk menyantap sushi

tips mengolah kalori sushi

Selain dikenal dengan kalori tinggi, sushi juga rentan terpapar oleh bakteri atau parasite karena dalam beberapa menunya terdapat ikan mentah yang dimakan langsung.

Jika kamu ingin makan di restoran sushi, pastikan jika tempat yang kamu pilih adalah tempat makan yang bersih dan menjaga semua bahan sushi masih fresh dan aman.

Sushi tetap merupakan makanan yang masih aman karena mengandung nutrisi yang juga dibutuhkan tubuh seperti vitamin, karbohidrat, protein dan aman dalam segi kalori jika kamu memilih sushi yang tepat.

Tips aman menyantap sushi antara lain:

  • Pilih sushi dengan jenis tradisional yang berisi tuna maki atau salmon maki.
  • Pilih sushi dengan banyak sayuran.
  • Pilih sashimi tanpa nasi sehingga kalori dapat dikurangi.
  • Makan sushi nigiri atau temaki dengan porsi nasi yang sedikit.
  • Hindari sushi seperti gunkan atau roll karena jenis isian dan bahan lainnya sangat tinggi kalori.
  • Pastikan memililih jenis restoran yang bersih dan terjamin aman.
  • Konsumsi makanan pendamping lainnya seperti serat dan protein dari sup miso, rumput laut atau edamame.
  • Gunakan sedikit saja kecap asin jika ada risiko hipertensi.

Penting dalam memilih jenis sushi dengan kalori rendah ya. Asupan yang terlalu banyak akan berdampak pada pertambahan berat badan, apalagi jika kamu sedang menjalani program diet.

Pilih sushi rendah kalori sehingga tetap aman untuk berat badan ideal kamu.

Share artikel ini
Reference