lemon untuk ibu hamil

Lemon mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu memenuhi nutrisi ibu hamil. Tentu ini bisa jadi pilihan untuk kamu konsumsi saat hamil. Lemon untuk ibu hamil memberikan banyak nutrisi yang tak hanya baik untuk calon ibu tapi juga janin.

Yuk, simak manfaat lemon untuk ibu hamil berikut ini!

Mengenal lemon yang kaya manfaat

Rasanya yang asam membuat lemon jarang dikonsumsi secara langsung, sehingga sering dicampur dengan makanan atau minuman lain, seperti salad atau teh panas, untuk memberi rasa segar.

Rasa asam yang kuat pada lemon berasal dari kandungan asam sitrat yang merupakan senyawa asam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu.

Berbagai nutrisi untuk kesehatan yang baik, lemon ternyata bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah berbagai penyakit. Berikut adalah kandungan yang ada dalam lemon.

Kandungan gizi dalam lemon

Dalam 100 gram lemon, ada sekitar 29 kalori dan berbagai nutrisi berikut:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Kalium
  • Kalsium
  • Kandungan vitamin vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6.

Selain itu, lemon juga mengandung fosfor, magnesium, seng, dan berbagai jenis antioksidan, seperti hesperidin, dan diosmin.

Manfaat lemon untuk ibu hamil

Manfaat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah lemon, antara lain:

1. Mengontrol tekanan darah

Kandungan vitamin dalam lemon memperkuat pembuluh darah dengan menjaganya tetap lembut dan fleksibel. Dengan demikian, mencegah pendarahan internal dan memainkan peran efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Ampuh obati pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan selama kehamilan merupakan hal yang wajar. Air lemon adalah cara natural yang baik, yang membuat saluran pencernaan kamu lancar.

3. Atasi sembelit

Sembelit adalah masalah umum lainnya yang dihadapi oleh banyak wanita selama kehamilan. Nah, mengonsumsi segelas jus lemon setiap hari membantu mencegah sembelit.

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Air lemon membantu mencegah infeksi umum seperti pilek, flu, dan beberapa jenis demam.

5. Hidrasi tubuh

Jus lemon membantu kamu tetap terhidrasi, yang penting selama kehamilan untuk mencegah komplikasi seperti mual, sakit kepala, edema, kram, dan pusing.

6. Sumber antioksidan

Ketika kamu mengonsumsi jus lemon secara teratur, ini membantu menghilangkan racun dari tubuh dan dengan demikian melindungi kamu dari infeksi selama kehamilan.

7. Atasi morning sickness

Menurut American Pregnancy Association, lemon diketahui dapat mengurangi mual yang terkait dengan morning sickness pada trimester pertama kamu.

8. Jaga kesehatan janin

Air lemon adalah sumber yang kaya akan magnesium dan kalsium, yang meningkatkan kesehatan dan perkembangan tulang. Kamu juga akan memasok mineral ini ke janin. Ya, lemon mengandung potasium yang membantu menyehatkan sel-sel otak dan saraf, serta membantu perkembangan tulang pada janin.

9. Obati infeksi urine

Air lemon memiliki sifat diuretik dan membantu menjaga kesehatan fungsi ginjal. Ini adalah bagaimana mencegah infeksi urine pada wanita hamil.

10. Jaga kadar pH tubuh

Air lemon membantu mengontrol tingkat pH dalam tubuh kamu dan mencapai alkalinitas yang sehat. Kisaran pH khas darah manusia adalah 7,3 hingga 7,45, yang sedikit basa.

11. Sembuhkan kaki bengkak

Kaki bengkak, juga dikenal sebagai edema, sering terjadi pada wanita hamil. Ini adalah kondisi yang menyakitkan, tidak sehat, dan tidak nyaman. Air lemon bisa mengobatinya secara alami.

12. Atasi penyakit lainnya

Lemon dapat mengendalikan penyakit tertentu seperti demam, pilek, asma, dan penyakit kudis.

13. Melancarkan proses kelahiran

Melahirkan memang menyakitkan dan membuat stres. Minum jus lemon dengan madu akan membuat kamu lebih rileks dan lebih siap menyambut proses kelahiran.

Amankah lemon untuk ibu hamil?

flek saat hamil

Selama dalam batas wajar, ibu hamil boleh dan aman mengonsumsi lemon. Meskipun lemon memiliki banyak manfaat, terlalu banyak mengonsumsi lemon segar dapat menimbulkan risiko.

Secara umum, lemon dianggap aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, di antaranya:

1. Erosi gigi

Jika saat hamil kamu konsumsi lemon, akan lebih rentan terkena masalah gigi. Hal ini meningkatkan risiko erosi atau erosi lapisan gigi.

2. Menyebabkan mual dan mulas

Minum terlalu banyak air lemon dapat menyebabkan sakit perut dan mulas. Sekali lagi, karena asam yang berlebihan dalam lemon, itu bisa berdampak buruk pada perut.

3. Gula tambahan yang tidak sehat

Konsumsi jus lemon kemasan atau dengan tambahan gula berlebihan tidak dianjurkan. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Sebaiknya kamu hanya mengonsumsi gula hingga 10% dari total kalori harian.

Cara kerja lemon untuk ibu hamil

Untuk mendapatkan manfaat, kamu bisa mengolah buah lemon dengan resep berikut ini:

1. Lemon dan kemangi

  • Air 2 liter
  • 2 iris tipis lemon (buang bijinya)
  • Daun kemangi 2 lembar

Caranya:

Masukkan potongan lemon dan daun kemangi di gelas yang sudah terisi air. Dinginkan selama 1 hingga 4 jam sebelum menikmati minuman ini.

2. Yogurt Lemon

  • 1 cangkir yogurt
  • jus dari 1 irisan lemon
  • 1/4 cangkir granola rendah gula
  • 1 sendok teh madu

Caranya:

Tambahkan jus lemon ke yogurt dan aduk rata. Taburi dengan granola, lalu kamu bisa menambahkan madu. Aduk rata, dan siap diminum.

Tips mengonsumsi lemon untuk ibu hamil

Terlalu banyak dapat memiliki efek buruk pada kesehatan kamu. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus kamu ingat mengenai konsumsi lemon selama kehamilan.

  • Keasaman lemon dapat mempengaruhi email gigi kamu. Sebaiknya, kamu berkumur setelah mengkonsumsi air lemon untuk mencegah masalah gigi.
  • Jika kamu ingin minum jus lemon, mulailah meminumnya sedikit, dan periksa apakah itu menyebabkan gangguan pencernaan atau mulas.
  • Minum hanya jus lemon segar.
  • Ekstrak lemon utuh bisa terlalu banyak untuk beberapa wanita hamil, jadi disarankan untuk menggunakan hanya setengah lemon dan hindari mengkonsumsi jus lemon dalam bentuk pekat.
  • Tambahkan ekstrak lemon ke dalam air hangat, bukan air mendidih karena bisa mengurangi manfaat lemon.
  • Mulailah dengan seperempat lemon dalam 0,4 hingga 0,5 liter air setiap hari dan lanjutkan hingga dua atau tiga gelas sehari.

Jika ingin mendapat manfaat lemon untuk ibu hamil, kamu bisa menggunakan sebagai infused water tanpa tambahan gula. Hal ini untuk mengurangi efek samping jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Share artikel ini
Reference