tips agar vagina wangi

Bakteri pada vagina yang tidak seimbang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Kondisi ini disebut vaginitis yang menyebabkan bau tak sedap dan keputihan. Lalu, bagaimana tips agar vagina wangi? Yuk, simak!

Apa saja penyebab bau vagina?

Sebelum mengetahui tips agar vagina wangi, berikut penyebab bau vagina yang perlu kamu ketahui:

  1. Vaginosis bakteri. Infeksi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri pada vagina yang menjadi penyebab bau vagina tak sedap.
  2. Trikomoniasis. Infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit yang menyebabkan bau seperti apak.
  3. Kanker vagina. Kondisi medis ini dapat menyebabkan vagina bau disertai dengan keputihan.
  4. Kanker serviks juga dapat menjadi penyebab bau vagina tak sedap.

Vagina Luka dan Perih? Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya!

Tips agar vagina wangi yang bisa dilakukan

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut tips agar vagina wangi yang bisa kamu lakukan. Apa sajakah itu?

1. Mandi secara teratur

Vagina adalah area tertutup yang dapat menumpuk keringat, kulit mati, dan kotoran. Jagalah kebersihan organ intim secara teratur dapat membantu menghindari penumpukan aroma tak sedap. Saat mandi, jangan lupa juga untuk membersihkan area vagina ya, Yoonies.

2. Jangan mencuci bagian dalam vagina

Meski dapat mencuci bagian luar vagina atau vulva, jangan masukkan cairan pembersih secara langsung ke dalam vagina. Vagina dapat membersihkan dirinya sendiri dan bakteri alami di dalamnya dapat menjaga area tersebut tetap sehat dan bersih.

Membersihkan vagina bagian dalam bukan hanya tidak perlu, tetapi juga berbahaya karena dapat mengganggu bakteri dan pH alami di dalam vagina.

3. Perhatikan produk yang kamu gunakan

Apakah kamu baru saja mengganti detergen, sabun mandi, atau tisu toilet baru? Semua produk tersebut dapat memengaruhi kesehatan vagina dan berpengaruh pada bau. Gunakan produk yang minim alkohol dan parfum agar tidak mengiritasi area sekitar vagina.

4. Tetap terhidrasi

Minum air putih yang cukup tidak hanya baik untuk kulit kamu, tetapi juga dapat membantu kesehatan vagina secara keseluruhan dengan mendorong pengeluaran keringat yang beracun dan mengisi tubuh dengan cairan yang sehat.

5. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Diet seimbang yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak akan menghasilkan aroma vagina yang lebih lembut daripada saat kamu mengonsumsi makanan cepat saji atau berminyak.

Beberapa makanan yang berbau sangat kuat, seperti asparagus, bawang putih, dan bawang merah dapat menghasilkan bau yang lebih kuat pada vagina. 

Apa Penyebab Vagina Gatal setelah Berhubungan? Begini Cara Mencegahnya!

Itulah penyebab bau dan tips agar vagina wangi yang bisa kamu lakukan. Jika bau vagina tak berkurang, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference