yogurt untuk keputihan

Kandungan dalam yogurt dapat membantu menjaga bakteri baik Lactobacillus, bakteri ini akan bekerja membantu tubuh kamu menjaga pH agar vagina tetap dalam keadaan sehat.

Jika kondisi vagina kamu sehat, maka risiko terkena infeksi jamur tidak akan terjadi di area vagina. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yogurt secara teratur.

Hal ini karena yogurt bisa mengatasi keputihan dialami oleh wanita. Memiliki bentuk cairan atau lendir yang berfungsi untuk membersihkan, melembabkan, dan melindungi vagina dari infeksi dan iritasi.

Namun bila jumlah, warna, dan konsistensi keputihan, berbau tidak sedap, serta menimbulkan rasa gatal dan nyeri, maka ini merupakan tanda keputihan yang tidak normal. Lantas, apa saja manfaat yogurt untuk keputihan? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Benarkah yogurt bisa digunakan untuk mengatasi keputihan?

Yogurt adalah pilihan pengobatan yang aman dan terjangkau yang digunakan oleh wanita di seluruh dunia untuk pengobatan infeksi jamur termasuk keputihan yang sering dialami oleh wanita.

Hal ini karena adanya bakteri baik Lactobacillus yang biasanya hidup di sistem pencernaan, saluran kemih, dan area vagina kamu tanpa menimbulkan masalah. Tidak hanya bermanfaat untuk atasi keputihan, yogurt juga bisa digunakan untuk:

  • Diare rotavirus pada anak-anak
  • Diare wisatawan
  • Sindrom iritasi usus
  • Masalah pencernaan umum

Apa itu Keputihan? Ini Penyebab dan Gejala Keputihan Normal

Khasiat yogurt untuk keputihan

Perbedaan lendir serviks dan keputihan

Probiotik efektif melawan Candida Albicans yang menyebabkan keputihan abnormal. Manfaat yogurt untuk keputihan karena mengandung bakteri hidup, seperti Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat di dalam vagina.

Konsumsi yogurt bisa membantu untuk meningkatkan mikrobioma usus dan dapat mengurangi jamur yang ada dalam tubuh. Yogurt Yunani polos adalah jenis terbaik untuk digunakan untuk keputihan yang tidak normal.

Namun, pastikan yogurt tidak mengandung tambahan gula yang dapat memicu pertumbuhan jamur Candida Albicans.

Lactobacillus dinilai sebagai kemungkinan efektif untuk infeksi jamur vagina. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa campuran yogurt dan madu sebenarnya lebih efektif daripada agen antijamur untuk pengobatan infeksi jamur vagina pada wanita hamil.

Partisipan dalam penelitian ini mengoleskan campuran yogurt dan madu ke vagina. Tingkat kesembuhan klinis untuk campuran yogurt adalah 87,8 persen. Dengan krim antijamur, itu 72,3 persen.

Sebuah studi dari NCBI menunjukkan bahwa efek terapi krim vagina, yogurt dan madu tidak hanya mirip dengan krim vagina klotrimazol tetapi lebih efektif dalam meredakan beberapa gejala kandidiasis vagina.

Oleh karena itu, penggunaan produk ini dapat direkomendasikan sebagai obat herbal untuk pengobatan infeksi Candida.

Cara menggunakan yogurt untuk mengatasi keputihan

yogurt rendah lemak

Setelah mengetahui manfaat yogurt untuk keputihan, kamu bisa coba menggunakan yogurt untuk pengobatan infeksi jamur. Pastikan kamu tidak menambahkan pemanis saat mengonsumsi.

Pastikan untuk mendapatkan yogurt tawar tanpa tambahan gula. Jika kamu ingin mengonsumsinya, maka pilihlah yogurt yang rendah lemak.

Manfaat yogurt untuk keputihan pada dasarnya yogurt mengandung bakteri baik yang sangat tepat untuk kamu konsumsi. Sehingga dapat mencegah serangan jamur pada vagina.

Jika kamu rutin konsumsi yogurt setiap hari, maka akan membantu tubuh menyeimbangkan sejumlah bakteri baik agar dapat mengontrol jumlah ragi di dalam vagina.

Vagina kamu paling sehat ketika sedikit asam. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), bakteri lactobacilli di vagina membantu mempertahankan tingkat pH asam itu.

“Penelitian tentang probiotik dan manfaatnya untuk kesehatan vagina sangat menjanjikan,” kata Jodie Horton, MD, dokter kandungan-ginekolog bersertifikat dan kepala penasihat kesehatan untuk Love Wellness di Washington, D.C.

Manfaat yogurt untuk kesehatan vagina

Selain mengatasi keputihan, ada beberapa manfaat lain dari yogurt untuk kesehatan organ reproduksi wanita.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Vagina

Wanita yang mengonsumsi yoghurt memiliki lebih sedikit faktor risiko penyakit kronis, yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang usia. Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam “Nutrition Research.

2. Bagus untuk kesuburan wanita

Kesuburan dapat ditingkatkan dengan makan makanan berlemak. Kalsium, probiotik, dan vitamin D semuanya ditemukan dalam yoghurt dan keju Yunani, yang semuanya membantu ovulasi. Kamu juga akan mendapatkan banyak protein dari setiap makanan, meningkatkan peluang kamu untuk kehamilan yang sukses dengan memastikan siklus ovulasi yang lebih tepat.

12 Jenis Makanan Penyebab Keputihan, Wajib Batasi Konsumsinya!

Share artikel ini
Reference