timun makanan penyebab keputihan

Keputihan merupakan masalah pada organ reproduksi yang cukup mengganggu kenyamanan. Pastinya kamu sering bertanya-tanya apa yang menjadi sebab keputihan, bukan? Keputihan bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah makanan. Makanan penyebab keputihan bisa kamu ketahui secara lengkap disini agar lebih bijak dalam mengonsumsinya. Yuk simak!

Apa gejala keputihan pada wanita

keputihan gatal apakah berbahaya

Keputihan terjadi karena ada perubahan hormon, stres, rangsangan seksual hingga infeksi ringan yang memengaruhi keasaman atau perubahan pH pada area kewanitaan.

Menurut Raffles Medical Group, makanan tentu ternyata sangat mungkin menjadi penyebab keputihan karena dapat mengubah keasaman. 

Keputihan merupakan hal normal dan sering terjadi. Keputihan tidak berbahaya dan masih dapat dicegah agar tidak semakin parah. Faktor yang dapat menyebabkan keputihan abnormal antara lain:

  • Mikroorganisme seperti bakteri (contohnya vaginosis bakterial dan klamidiasis)
  • Jamur kandida (kandidiasis)
  • Protozoa (trikomoniasis)

Keputihan yang parah bisa menimbulkan rasa gatal, bau yang tidak sedap hingga mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Berikut ini gekjala kekeputihan pada wanita:

Gejala keputihan yang normal:

  • Keputihan berbau namun tidak menyengat
  • Keputihan bening dan berwarna normal
  • Tekstur keputihan tergantung siklus menstruasi bulanan
  • Keputihan tidak meninggalkan bekas atau kekuningan di celana dalam

Gejala keputihan abnormal:

  • Keputihan berbau menyengat
  • Terdapat warna pada keputihan seperti hijau atau keabuan
  • Keputihan berbentuk seperti gumpalan keju
  • Keputihan keluar banyak dan berbeda dari biasanya
  • Pendarahan pada saat menstruasi
  • Keputihan menyebabkan nyeri pada saat buang air kecil
  • Nyeri dan sakit pada saat berhubungan seksual dan mengalami pendarahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan dapat mengubah pH atau keasaman pada organ kewanitaan dan menyebabkan keputihan. Apa saja makanan penyebab keputihan?

Penyebab Keputihan Gatal, dari Penggunaan Produk hingga Penyakit

Makanan penyebab keputihan

Makanan penyebab keputihan yang bisa kamu hindari dan dibatasi konsumsinya, antara lain:

1. Udang

udang makanan penyebab keputihan

Udang adalah hidangan laut yang lezat dan penuh manfaat, namun kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk mengonsumsi udang dalam jumlah besar karena makanan laut ini dapat menyebabkan keputihan.

2. Keju

keju makanan penyebab keputihan

Apakah kamu menyukai keju, ladies? Hati-hati yak arena keju mengandung tinggi kalsium yang jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari dalam menyebabkan keputihan. Keju memang enak disantap bersama dengan roti, dicampur di pizza atau macaroni, namun tetap batasi jumlah konsumsinya, ya.

3. Tape singkong

Proses fermentasi keju dengan bantuan ragi menyebabkan tubuh dapat mengalami gangguan hormon sehingga lendir keputihan akan keluar lebih banyak. Batasi dan hindari mengonsumsi keju dalam jumlah besar agar keputihan juga dapat dihentikan.

4. Nanas

Makan nanas saat hamil boleh atau tidak
Makan nanas saat hamil boleh atau tidak

Nanas memang masih pro kontra untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, selain itu nanas juga banyak dilarang jika konsumsi berlebihan karena dapat menjadi sebab keputihan.

5. Mentimun

Mentimun sangat enak dijadikan lalapan mentah namun merupakan makanan yang dapat meningkatkan hormon estrogen lebih tinggi sehingga dapat menyebabkan keputihan.

Kamu tetap dapat mengonsumsi makanan ini dengan porsi yang wajar agar tidak menjadi sebab keputihan.

6. Pasta tomat

Pasta tomat merupakan hasil tomat yang diproses secara fermentasi dengan menggunakan ragi. Bahan ini kerap dijumpai sebagai campuran dalam spageti atau pasta agar semakin lezat dan menggiurkan.

Kurangi konsumsi bahan makanan ini karena pasta tomat diketahui dapat menyebabkan keputihan jika dikonsumsi berlebihan.

6 Makanan yang dilarang setelah melahirkan normal

7. Telur

telur rebus

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah telur. Telur merupakan makanan sumber protein hewani dengan kandungan dan nutrisi yang tinggi. Telur dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan lendir keputihan sehingga konsumsi telur dalam sehari harus dibatasi.

8. Makanan manis

Makanan tinggi gula diketahui dapat meningkatkan adanya infeksi jamur di area organ wanita, apalagi jika lingkungan tempat tinggal kamu merupakan daerah hangat dan lembab.

Makanan manis seperti permen yang terbuat dari buah-buahan segar biasanya akan dicampur dengan pengawet sehingga harus dibatasi konsumsinya.

9. Makanan yang digoreng

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah makanan yang digoreng. Konsumsi makanan yang digoreng berlebihan ternyata dapat memicu lendir keputihan keluar lebih banyak lho, ladies.

Makanan ini memang sangat nikmat disantap bersama dengan cabai atau sambal, namun tetap batasi gorengan karena kandungan minyaknya tidak baik untuk kesehatan.

10. Makanan pedas

makanan pedas penyebab keputihan

Zat capsicum yang terdapat dalam makanan pedas dapat menumbuhkan bakteri sehingga dapat menyebabkan keputihan. Kurangi makanan pedas jika kamu merasa keputihan semakin parah dan perbanyak makan makanan sehat dan bergizi.

11. Jenis makanan dingin

Kebiasaan dalam mengonsumsi makan dingin ternyata dapat meningkatkan keputihan pada wanita. Beberapa makanan dengan sifat dingin yaitu semangka, nanas, tomat, pir, berbagai jenis es dan makanan dingin lainnya juga dapat menyebabkan keputihan. Batasi konsumsi makanan dingin karena jenis makanan ini akan memperparah keputihan.

12. Makanan siap saji

Siapa yang tidak suka dengan makanan siap saji? Makanan ini banyak mengandung minyak dan rasa pedas sehingga diketahui dapat menyebabkan keputihan. Batasi konsumsi makanan siap saji atau junk food agar kamu terbebas dari keputihan ya, ladies!

7 Makanan yang Dilarang Saat Haid, Termasuk Makanan Pedas!

Apakah makanan pedas menyebabkan keputihan

Makanan yang pedas mengandung zat capsicum sehingga diketahui dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Makanan ini memang akan merangsang peningkatan keringat berlebih sehingga daerah kewanitaan juga akan lembab dan mudah terserang jamur atau bakteri. 

Selain menghindari makanan pedas dan makanan penyebab keputihan lain, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat mencegah keputihan, yaitu:

  • Sebisa mungkin hindari vagina tanpa sabun yang mengandung pewangi atau bahan kimia
  • Tidak perlu terlalu sering membersihkan vagina karena vagina sudah mempunyai sistem pembersihan sendiri.
  • Bersihkan vagina dari arah dari depan ke belakang sehingga kotoran pada anus tidak terbawa masuk ke vagina.
  • Bersihkan vagina dan keringkan sebelum menggunakan celana dalam
  • Pilih bahan katun untuk celana atau pakaian
  • Menggunakan kondom untuk menghindari infeksi menular seksual
  • Melakukan pemeriksaan vagina secara rutin dan segera konsultasi jika ada masalah pada organ intim kewanitaan.

Mengalami keputihan merupakan hal yang normal dan wajar ya, ladies. Namun perlu diingat jika keputihan yang kamu alami ternyata berlebihan dan disertai gejala lain, segera konsultasi dan periksakan ke dokter agar segera mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Share artikel ini
Reference