cara mengungkapkan perasaan

Cara mengungkapkan perasaan terkadang terdengar sulit. Namun dengan cara sederhana berikut, kamu dapat melatih diri agar perasaanmu bisa tersampaikan. Dengan begitu, merasakan dan menunjukkan perasaan dapat menghasilkan perubahan besar dalam hubungan

Perasaan memiliki beragam bentuk dan dapat diekspresikan kepada siapa pun, seperti keluarga, hewan peliharaan, teman, dan orang penting kita lainnya. Nah, 5 cara mengungkapkan perasaan berikut ini bisa kamu lakukan kapanpun di manapun. 

Cara mengungkapkan perasaan

Penting untuk memahami perasaanmu dan pasangan serta menunjukkan penghargaan, sehingga kamu dapat mengenali saat mereka menunjukkan cinta, dan menyesuaikan caramu sendiri dalam mengungkapkan perasaan kepada mereka sehingga mereka benar-benar dapat merasakannya. 

Di bawah ini, ada lima cara mengungkapkan perasaan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba. Fariasi atau menggunakan metode yang berbeda-beda akan sangat membantu dalam memberikah ‘kebaharuan’ dalam hubunganmu.

1. Hadiah

Beberapa orang mengekspresikan dan merasakan cinta melalui pemberian hadiah. Memberikan bunga, pakaian, makanan favorit, atau barang buatan tangan adalah salah satu cara orang menunjukkan bahwa kamu memikirkan pasanganmu.

Mengenal Love Language Receiving Gifts, Apakah Materialistis?

2. Tindakan

Cara lain untuk mengungkapkan cinta adalah dengan melakukan sesuatu yang baik atau bermanfaat bagi orang lain. Dengan melakukan pekerjaan rumah atau membuatkan makanan untuk orang yang kamu cintai, kamu dapat menunjukkan kepadanya bahwa dia penting bagimu.

3. Waktu

Menghabiskan waktu berkualitas bersama juga merupakan ungkapan perasaan. Ketika kamu memberi perhatian penuh, atau meluangkan waktu untuk berjalan-jalan atau melakukan aktivitas lain bersama, kamu menyatakan bahwa dia adalah prioritas dalam hidupmu.

4. Menyentuh

Cinta dapat diekspresikan melalui kasih sayang fisik. Berpegangan tangan, berpelukan, atau mengusap kepaka sering digunakan untuk mengungkapkan cinta dan keterikatan. 

5. Kata-kata

ciri ciri orang jatuh cinta

Beberapa orang merasakan dan menunjukkan cinta melalui kata-kata. Memberikan pujian dan dorongan, mengatakan “Aku mencintaimu”, dan meninggalkan catatan kasih sayang dan penghargaan adalah semua cara untuk membuat orang tahu betapa berartinya mereka bagi dirimu.

Jika kamu dan pasangan memiliki cara berbeda dalam mengungkapkan dan merasakan cinta, hal itu dapat menyebabkan kesalahpahaman dan frustrasi dalam hubungan— tetapi tidak selalu begitu. Kedekatan adalah cara terbaik untuk mengenal cara pengungkapan perasaan seperti apa yang akan pasangan terima.

Kebanyakan pasangan memang saling mencintai dan ingin pasangannya merasakan cinta itu. Memahami bagaimana orang lain menunjukkan dan merasakan kasih sayang, dan bersedia mengungkapkan perasaan kamu dengan cara terbaik mereka menerimanya, dapat membantu kalian berdua untuk merasa dicintai dan terpenuhi dalam hubungan.

Tips mengungkapkan cinta kepada orang yang kamu suka

Ada banyak cara untuk mengungkapkan perasaan, dan kebanyakan orang memiliki satu atau dua cara yang paling umum menunjukkan kasih sayang. Nah, berikut ini adalah tujuh tips sederhana untuk mengekspresikan cinta kepada orang yang kamu suka:

Tawarkan pendengaranmu

Fokus pada orang lain dan dengarkan apa yang sebenarnya mereka katakan. Ingat aturan 80/20: Dengarkan lebih banyak, kurangi bicara. Ini memungkinkan orang lain untuk berbagi, dan juga memberimu kesempatan untuk memahami perasaan mereka.

10 Cara Mencintai Diri Sendiri: Sadari, dan Mulai Lakukan Perlahan!

Katakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’

Ini adalah tindakan sederhana yang dapat kamu praktikkan setiap hari, tetapi banyak dari kita yang sering lupa melakukannya. Itu bisa membuat perbedaan besar dalam hidupmu.

Beri tahu orang yang kamu cintai betapa kamu mencintai dan menghargai mereka

Banyak dari kita merasa bersalah karena menganggap remeh orang, jadi ada baiknya mengakui mereka yang telah memengaruhi hidup kita dan mereka yang tanpanya kita tidak dapat hidup.

Tawarkan untuk membantu seseorang yang membutuhkan

Selalu ada seseorang yang membutuhkan sesuatu. Sering membantu orang lain adalah cara untuk membuatmu merasa baik juga. Orang yang kamu bantu bisa saja teman dekat, tetangga, warga lanjut usia, atau individu yang mendapat musibah.

beda cinta dan sayang

Tulis surat atau kirim kartu kepada seseorang yang kamu cintai 

Kamu akan terkejut dengan betapa banyak orang menghargai cara ini. Begitu banyak dari kita yang terbiasa mengirim pesan secara online, jadi akan sangat menyenangkan menerima catatan melalui pos.

Tulis puisi terima kasih kepada orang yang kamu cintai 

Bagi sebagian orang, menulis puisi lebih mudah daripada yang lain. Kamu bisa mulai dengan membuat daftar alasan mengapa kamu mencintai orang-orang tersebut. Kamu juga dapat mengenang bagaimana kami bertemu mereka dan seperti apa masa depanmu bersamanya.

Latihlah seni memaafkan 

Kamu sering bertengkar kecil dengan orang yang kamu cintai, tetapi seperti yang mereka katakan, “Pilih pertengkaranmu.” Cobalah untuk melepaskan kemarahan dan frustrasi sehingga kamu dapat mengambil sikap yang lebih positif.

Jenis-jenis perasaan umum yang dialami manusia

alasan wanita kehilangan rasa cinta

Perasaan atau emosi adalah sebuah proses, jenis penilaian otomatis tertentu yang dipengaruhi oleh masa lalu dan pribadi kita, di mana kita merasakan bahwa sesuatu yang penting bagi hidup kita sedang terjadi, dan serangkaian perubahan psikologis dan perilaku emosional mulai menghadapi situasi tersebut.

Dengan kata lain, perasaan mempersiapkan kita untuk menghadapi peristiwa penting tanpa harus memikirkannya. Respons emosional ini adalah kejadian yang tidak diminta, artinya kita tidak memilih untuk merasakannya, itu terjadi begitu saja pada kita secara otomatis. 

Dari semua emosi manusia yang kita alami, ada tujuh emosi universal yang kita semua rasakan, melampaui perbedaan bahasa, daerah, budaya, dan etnis. Setiap emosi universal memiliki sinyal, fisiologi, dan garis waktu yang berbeda. 

Ingin Tahu Kunci Hubungan Langgeng Seperti Apa? Yuk Contek 10 Caranya di Sini!

Meskipun jenis emosi bervariasi dalam durasi dan penurunan tingkatan emosinya, emosi biasanya tidak bertahan lebih dari satu jam. Jika suatu emosi bertahan untuk waktu yang lama tanpa gangguan, kemungkinan besar emosi tersebut dapat dikategorikan sebagai suasana hati.

Meskipun ada perbedaan pandangan di antara para ahli, sebagian besar ilmuwan emosi setuju bahwa setidaknya ada lima inti emosi. 

  • Amarah
  • Penghinaan
  • Menjijikkan
  • Kenikmatan
  • Takut
  • Kesedihan
  • Kejutan

Emosi terjadi sebagai respons terhadap beberapa jenis rangsangan seperti:

  • suatu peristiwa fisik
  • interaksi sosial
  • mengingat atau membayangkan suatu peristiwa
  • berbicara, memikirkan, atau secara fisik menghidupkan kembali pengalaman emosional masa lalu

Namun, apa yang sebenarnya membuat kita emosional bervariasi dari orang ke orang berdasarkan pengalaman kita bersama, pengaruh budaya, dan pengalaman pribadi yang unik. Jadi, meskipun kita tidak dapat memilih emosi yang kita rasakan, kita dapat memilih cara kita menanggapinya melalui kesadaran emosi.

Apa itu kesadaran emosional? Untuk memiliki lebih banyak pilihan tentang reaksi emosional kita, pertama-tama kita harus membangun kesadaran akan perilaku, pengalaman, dan pemicu emosional yang kita, dan orang lain, hadapi. 

Proses ini memungkinkan kita menemukan wawasan dalam kesadaran untuk membantu membentuk reaksi emosional kita dengan cara yang lebih bijaksana dan konstruktif. Meski emosi bukanlah sesuatu yang kita pilih, namun respons emosional kita membentuk pengalaman kita tentang dunia.

Share artikel ini
Reference