Aplikasi kencan online

Saat ini aplikasi kencan online semakin popular dan memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Banyak aplikasi yang direkomendasikan sebagai aplikasi terbaik untuk bisa mendapatkan pasangan kencan.

Apakah kamu tertarik menggunakan aplikasi ini? Bagaimana memulai kencan melalui aplikasi? Sebelum mulai memakai, kamu perlu mencari tahu terlebih dulu seluk beluk mengenai aplikasi ini, mulai dari cara pemakaian aman hingga bahayanya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu aplikasi kencan online

Aplikasi kencan adalah suatu platform online yang digunakan sebagai media untuk menemukan dan menghubungi satu sama lain dengan tujuan berkenalan dan mengatur kencan. Aplikasi ini sering digunakan seseorang yang berniat mencari teman kencan atau memulai hubungan romantis.

Aplikasi untuk kencan online sudah banyak dikenal masyarakat semacam Tinder, Tantan, OK Cupid, Badoo, Bumble dan sebagainya. Berbagai jenis aplikasi ini umumnya menggunakan cara yang sama dalam penggunaan platformnya.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menemukan lawan jenis yang sesuai dengan preferensi pasangan ideal kamu. Aplikasi akan mencari profil lawan jenis sesuai dengan kriteria ideal yang kamu isi pada aplikasi. Jika, kamu tertarik untuk mengenal lawan jenis tersebut lebih jauh, kamu bisa menghubungi dan mengajaknya bertemu.

Fenomena kencan online

Fenomena online dating menjadi salah satu cara baru untuk seseorang terhubung dengan orang lain. Kemudahan dalam menemukan orang baru yang sesuai dengan kriteria melalui aplikasi dan situs online juga tidak terlepas dari berbagai pro dan kontra mengenai kencan online itu sendiri, salah satunya adalah masalah keamanan.

Tentunya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat kamu memutuskan untuk bergabung dan membuat akun di aplikasi kencan. Pengalaman bertemu orang asing dapat menjadi hal yang harus kamu waspadai saat menggunakan aplikasi sejenis ini.

Cara menggunakan aplikasi kencan online

Dasar-dasar menggunakan aplikasi ini sebetulnya sangat mudah. Untuk kamu yang mulai ingin membuatnya, dapat memahami bagaimana cara kerja aplikasi melalui ulasan berikut ini:

1. Buat atau daftar akun di aplikasi/situs kencan online

Kamu bisa mengikuti cara daftar di masing-masing aplikasi yang akan menjadi akun untuk media terhubung dengan orang lain. Setiap aplikasi umumnya memberikan layanan gratis untuk mendaftarkan akun, namun ada beberapa situs yang berbayar sehingga bisa kamu pilih aplikasi mana yang dibutuhkan.

2. Membuat profil dan foto

Setelah akun terdaftar, kamu bisa masukkan profil secara umum dan foto untuk membuat orang lain dapat mengenali identitas kamu. Waspadai penggunaan profil dan foto yang akan merugikan kamu, ya. Buat profil dengan lugas, tidak perlu terlalu spesifik dan tidak mengandung informasi pribadi yang penting di aplikasi kencan online.

3. Deskripsi tentang diri, ketertarikan, dan preferensi kecocokan

Kamu bisa jelaskan tentang diri kamu secara singkat, hal apa yang menarik untuk kamu dan preferensi kecocokan dalam berhubungan. Aplikasi kencan biasanya menggunakan perangkat lunak untuk dapat menyediakan kecocokan antar satu pengguna dengan pengguna lain.

Ada rumus matematika (algoritma) di aplikasi kencan yang bisa memberikan rekomendasi berdasarkan profil, ketertarikan, dan preferensi minat seseorang. Selain itu fitur dari aplikasi akan memberikan layanan untuk memberi informasi pengguna lain mengenai lokasi, usia, agama dan profil lain yang bisa kamu lihat.

Jika seseorang cocok dengan satu pengguna, maka bisa melakukan kontak melalui pesan untuk berbicara satu sama lain sampai menentukan pertemuan. Meskipun begitu, kamu harus tetap waspada sekalipun menemukan orang yang terlihat ‘cocok’ di aplikasi kencan. Bagaimana tips aman menggunakan aplikasi ini?

Tips aman menggunakan aplikasi kencan online

Untuk mencegah hal tidak menyenangkan saat bermain aplikasi online, yuk ketahui tips aman menggunakan aplikasi kencan seperti berikut ini:

Menggunakan foto unik

Gunakan foto unik yang tidak kamu pakai untuk akun media sosial lain. Pengguna lain dapat menemukan akun media sosial dengan mudah jika kamu menggunakan foto yang sama.

Tidak perlu terlalu detail menulis informasi pribadi

Tuliskan profil yang tidak terlalu spesifik. Tidak perlu menyertakan nama belakang, informasi kontak, nama media sosial, nama panggilan di akun aplikasi kencan.

Tetap komunikasi di dalam aplikasi

Jika kamu menemukan seseorang yang cocok dan ingin memutuskan bertemu secara langsung, tetap gunakan fitur pesan di aplikasi kencan online untuk tujuan keamanan. Jika pertemuan batal, maka tidak ada alasan orang tersebut menghubungi di nomor pribadi kamu lagi.

Sisipkan nomor telepon Google

Jika ingin berbicara langsung dengan pengguna lain, kamu bisa menggunakan nomor telepon google untuk tujuan keamanan daripada nomor pribadi. Gunakan voice note Google jika ingin berkirim pesan suara.

Berhati-hati saat melakukan pertemuan langsung

Atur pertemuan di ruang publik, beritahu teman, dan keluarga di mana kamu akan berada sehingga bisa segera mendapat bantuan jika pertemuan tidak berjalan semestinya.

Bahaya aplikasi kencan online

Meskipun telah menerapkan tips menggunakan aplikasi kencan, namun tetap ada bahaya yang terkadang luput dari perhatian penggunanya. Menurut The Ugly Truth About Online Dating Yang ditulis oleh Ryan Anderson, Psikolog asal Amerika Serikat, setidaknya ada 5 hal yang menjadi bahaya aplikasi kencan, yaitu:

Berbohong tentang profil

Satu fakta yang sering ditemukan adalah profil pengguna yang tidak sesuai dengan diri mereka. Hal ini bukan informasi baru, namun penting untuk diwaspadai dengan profil seseorang yang ditemui di aplikasi kencan.

Memiliki tujuan yang berbeda

Persoalan besar yang terkadang muncul adalah perbedaan tujuan dalam menggunakan aplikasi kencan online itu sendiri. Wanita terkadang berharap menemukan laki-laki cocok dan sesuai keinginan, namun justru baru laki-laki yang hanya menginginkan seks saat menggunakan aplikasi kencan.

Waspadai pesan bernada jorok atau porno di aplikasi kencan karena hal ini dapat menimpa siapapun penggunanya.

Kemungkinan bertemu penipu

Waspada dengan pengguna yang menanyakan informasi pribadi dan detail soal dirimu. Bertemu penipu di aplikasi online juga bisa terjadi, lho. Bahkan, kasus penipuan dalam aplikasi kencan online ini sudah pernah terjadi di beberapa negara.

Hubungan jarang bertahan lama

Penelitian di Universitas Michigan membuktikan bahwa 28 persen hubungan yang diawali melalui daring tidak bertahan lebih dari satu tahun dibanding pertemuan langsung. Meskipun tidak menutup kemungkinan banyak pasangan yang tetap langgeng meski diawali dengan kencan online.

Media untuk menghakimi

Aplikasi kencan menjadi media yang sangat mudah membuat orang menghakimi satu sama lain, berganti pasangan dan mencari pilihan lain yang potensial untuk memulai hubungan. Terkadang hal ini menjadi jauh lebih sulit dibanding mulai mengenal seseorang tanpa aplikasi online.

Aplikasi kencan online menjadi platform yang dapat digunakan untuk terhubung secara daring dengan orang lain. Gunakan aplikasi dengan sewajarnya dan terapkan tips keamanan bermain aplikasi kencan agar tidak terjadi hal yang membahayakan.

Share artikel ini
Reference