Manfaat minum kiranti saat haid

Rasa nyeri pada saat menstruasi memang menjadi momok yang harus dialami setiap wanita setiap bulannya.

Rasa nyeri dapat bervariasi mulai dari ringan, sedang hingga berat. Rasa nyeri yang datang terkadang membuat segala aktivitas terhambat sehingga wanita perlu minum minuman yang meringankan gejala nyeri.

Minum kiranti saat haid diketahui dapat meringankan nyeri. Minuman dengan rasa tanaman kunyit dan rempah-rempah ini banyak digunakan wanita untuk membantu meringankan gejala yang dirasakan.

Apa saja kandungan, manfaat dan efek samping dari kiranti? Yuk bahas di sini.

Kandungan kiranti

manfaat kunyit asam untuk rahim

Kiranti merupakan salah dari produk minuman herbal yang berasal dari perusahaan orang tua. Jamu ini kerap digunakan wanita haid agar nyeri lebih ringan.

Nyeri pada saat haid memang bervariasi sehingga pada tingkat yang berat dapat memerlukan obat atau minuman yang dapat membantu tubuh melawan rasa nyeri haid.

Minum kiranti saat haid diketahui dapat meringankan nyeri karena kandungan yang terdapat didalamnya, yaitu berupa tanaman herbal bermanfaat seperti:

  • Kunyit
  • Asam jawa
  • Gula jawa
  • Kencur
  • Jahe
  • Pandan
  • Guarana
  • Kayu manis
  • Air

Kiranti merupakan minuman herbal yang cocok diminum dalam kondisi dingin sehingga membantu tubuh tetap segar dan fit.

Keluhan umum pada haid seperti badan pegal, nyeri perut dan gejala lain dapat lebih ringan. Kiranti juga diketahui dapat memperlancar siklus haid, mengusir bau tak sedap, hingga menyegarkan tubuh.

Kunyit yang menjadi bahan dasar kiranti memang memiliki sifat analgesic dan antiinflamasi sehingga sangat ampuh dalam melawan rasa nyeri akibat kontraksi otot pada saat haid.

Apa saja manfaat dari kiranti untuk wanita haid?

Bolehkah Minum Jamu Pelancar Haid Saat Hamil Muda? Ketahui Faktanya!

Manfaat minum kiranti saat haid

Bolehkan minum kiranti saat haid

Minum kiranti saat haid bisa menjadi alternatif minuman herbal kemasan yang praktis, murah dan bermanfaat.

Minuman mempunyai harga yang cukup terjangkau dengan variasi rasa original, pegal linu hingga rasa jeruk. Manfaat dari kiranti antara lain:

Meringankan gejala haid

Kiranti yang mempunyai kandungan herbal dan tanaman bermanfaat memang dapat meringankan rasa nyeri pada saat haid.

Rasa nyeri, linu, pegal dan badan lelah dapat diatasi dengan minum kiranti. Di samping itu, kiranti dapat menyegarkan tubuh, membantu haid menjadi lancar sampai mengusir bau badan yang tidak sedap karena kandungan bahan alami di dalamnya.

Bolehkah Minum Jamu Pelancar Haid Saat Hamil Muda? Ketahui Faktanya!

Variasi rasa yang menambah kebugaran

Variasi yang terdapat pada kiranti seperti rasa original sangat tepat untuk mengurangi nyeri haid.

Rasanya agak pahit khas jamu namun tetap dapat diminum dengan nyaman. Variasi ini dapat meringankan gejala haid dan keluhan umum selama siklus haid.

Variasi jenis lain yaitu pegal linu yang sangat tepat untuk kamu yang sering mengalami pegal pada tubuh.

Tubuh akan jauh lebih hangat karena kandungan jahe pada varian ini. Meskipun diminum pada saat dingin, kandungan jahenya tetap memberikan kehangatan dan kesehatan pada tubuh yang pegal dan linu.

Kiranti rasa jeruk mempunyai rasa yang sangat mirip dengan jeruk dan campuran bahan herbal lain. Untuk khasiatnya sama dengan varian lain yang dapat meringankan keluhan haid dan gejala umum.

Untuk kamu yang ingin mengonsumsi kiranti pada saat haid, ketahui beberapa aturan pakai, dosis dan efek samping dari kiranti di bawah ini.

Fakta! Ini 5 Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim

Efek samping minum kiranti saat haid

Minum kiranti saat haid masih aman dan diperbolehkan karena kandungan bahan herbal dan alami didalamnya.

Konsumsi kiranti 1-2 botol saja pada 3 hari pertama sebelum dan 3 hari sesudah menstruasi berlangsung. Kiranti hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Kiranti dapat diminum langsung dan lebih nikmat dalam kondisi dingin agar lebih menyegarkan.

Selain itu untuk kamu yang alergi terhadap minuman atau bahan herbal tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman herbal ini.

Beberapa peringatan dan efek samping yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Kiranti boleh dikonsumsi jika kamu tidak ada alergi pada bahan atau tanamana yang terkandung didalamnya.
  • Konsultasikan apabila terdapat konsumsi obat dalam perencanaan hamil dan menyusui.
  • Kandungan dalam kiranti salah satunya adalah kunyit, jika kamu mengidap beberapa penyakit seperti kelainan darah, defisiensi zat besi, diabetes, penyakit kantung empedu dan sebagainya yang dapat diperparah dengan konsumsi bahan ini, maka segeralah berkonsultasi ke dokter.
  • Beritahu dokter jika kamu akan menjalani operasi setelah minum jamu herbal ini.
  • Lakukan pemeriksaan jika terdapat reaksi alergi setelah mengsonsumsi minuman herbal ini.

Kiranti merupakan ramuan yang kaya akan kunyit di dalamnya, dimana kunyit memang memiliki sifat analgesic pada tubuh sehingga membantu meredakan nyeri perut. 

Namun kirani juga meningkatkan risiko perdarahan atau memar jika minuman ini dikonsumsi bersama dengan antiplatelet atau antikoagulan (obat yang fungsinya untuk mencegah adanya penggumpalan darah).

Belum ada efek interaksi lain jika dikonsumsi bersama dengan obat herbal lain dan sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat atau ramuan herbal apapun.

Selain efek samping diatas, konsumsi kiranti umumnya masih aman dan diperbolehkan. Jika ada reaksi atau efek samping lain yang belum pernah dirasakan setelah konsumsi kiranti, segera konsultasi dan periksakan diri ke dokter. 

Share artikel ini
Reference