cara memutihkan kulit setelah melahirkan

Baik itu saat melahirkan atau setelah melahirkan, Moms tidak hanya mengalami perubahan secara emosional, tetapi juga secara fisik. Selain munculnya stretch mark, perubahan fisik lainnya yang cukup mengganggu adalah kulit yang menghitam. Lalu, bagaimana cara memutihkan kulit setelah melahirkan?

Buat Moms yang punya keluhan yang sama, tidak perlu khawatir. Lewat artikel kali ini, Yoona ingin mengajak Moms mencari tahu penyebab kulit menghitam saat hamil. Cari tahu juga cara memutihkan kulit setelah melahirkan di artikel ini.

Penyebab kulit menghitam saat hamil

Sebelum mengetahui cara memutihkan kulit setelah melahirkan, yuk cari tahu dulu penyebab kulit menghitam saat hamil. Kulit menghitam merupakan salah satu dari perubahan tubuh yang terjadi saat hamil. Kondisi ini biasanya muncul dalam bentuk bercak hitam pada bibir atas, hidung, tulang pipi, dan dahi atau yang disebut sebagai melasma.

Melasma adalah kelainan kulit di mana melanosit (sel penghasil warna) di kulit menghasilkan pigmen ekstra karena suatu hal. Orang Afrika, Afrika Utara, Timur Tengah, Latin atau Hispanik, Asia, India, atau keturunan Mediterania memiliki risiko lebih tinggi mengalami melasma karena tubuh mereka memiliki produksi melanin yang lebih aktif.

Gejala utama melasma adalah penggelapan kulit di wajah dengan bercak atau bercak gelap di dahi, pipi, dagu, atau di sekitar mulut. Area-area ini bisa menjadi lebih gelap jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau akibat semakin lamanya usia kehamilan.

Beberapa penyebab kulit menghitam saat hamil atau melasma, yaitu:

  1. Perubahan hormon
  2. Peningkatan jumlah melanin yang diproduksi oleh tubuh
  3. Paparan sinar matahari
  4. Stres
  5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Melasma umum terjadi selama kehamilan, tapi wanita dengan tipe kulit berikut memiliki risiko lebih tinggi mengalami melasma, yaitu:

  • Wanita dengan kulit lebih gelap (mereka lebih cenderung memiliki lebih banyak melasma daripada wanita dengan kulit lebih terang)
  • Wanita yang memiliki satu atau lebih kerabat sedarah yang pernah atau pernah mengalami melasma
  • Wanita berusia antara 20-40 tahun

Lalu, apakah kulit yang menghitam saat hamil bisa kembali normal seperti semula? Jangan khawatir dulu ya, Moms! Hiperpigmentasi seperti melasma saat hamil kemungkinan besar tidak akan menjadi parah setelah melahirkan. Namun, biasanya perlu waktu berbulan-bulan untuk kulit yang menghitam kembali seperti semula tanpa perawatan.

Perut Gatal setelah Melahirkan, Jangan Dibiarkan!

Cara memutihkan kulit setelah melahirkan

cara memutihkan kulit setelah melahirkan bisa kembali normal

Kulit yang menghitam saat hamil seperti melasma bagi beberapa orang tidak akan langsung hilang begitu saja setelah melahirkan. Kondisi ini masih bisa berlanjut setelah melahirkan karena hormon tubuh yang masih belum normal seperti sebelum adanya kehamilan.

Lalu, bagaimana cara memutihkan kulit setelah melahirkan? Nah, ada beberapa cara memutihkan kulit setelah melahirkan. Walaupun tidak memutihkan kulit kembali secara instan, cara memutihkan kulit setelah melahirkan ini bisa dicoba:

1. Hindari terik matahari langsung

Cara memutihkan kulit setelah melahirkan yang paling mudah adalah dengan menghindari terlalu sering terkena sinar matahari, terutama ketika sedang terik-teriknya pada jam 10 pagi sampai 4 sore. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung akan memperburuk kondisi melasma.

2. Gunakan pakaian tertutup

Jika ada suatu hal yang mengharuskan untuk keluar rumah, gunakan pakaian tertutup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selain baju, Moms juga menggunakan topi, payung, atau mengenakan pakaian tertutup. 

3. Pakai tabir surya atau sunscreen

Jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya atau sunscreen dengan SPF 15 atau lebih setiap kali pergi ke luar rumah di pagi hingga sore hari. Bahkan, sekalipun berada di dalam rumah, Moms tetap perlu menggunakan suncreen karena masih ada peluang bagi kulit untuk terpapar sinar matahari.

4. Pakai krim topikal

Krim tropikal seperti hydroquinone dan treitinoin bisa digunakan untuk mengatasi melasma, khususnya kulit wajah. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan krim tropikal adalah risikonya, terutama jika sedang dalam masa menyusui. Penggunaan krim ini juga tidak dianjurkan untuk waktu lama.

Perlukah Pemakaian Korset setelah Melahirkan?

Sudah paham kan sekarang apa saja penyebab kulit menghitam saat hamil dan bagaimana cara memutihkan kulit setelah melahirkan? Jika kamu mempunyai jenis kulit yang cukup sensitif, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit ya, Moms!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference