pipi tembem sebelah ini cara mengatasinya

Ada banyak hal yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri (PD) dengan penampilannya sendiri, mulai dari rambut kering dan kusam, jerawat di wajah, bahkan kondisi pipi yang besar atau tembem. Kedua pipi terlihat besar mungkin terlihat biasa, tapi bagaimana jika pipi tembem sebelah saja?

Jika kamu salah satu dari banyak orang yang tak PD dengan pipi tembem yang kamu miliki saat ini, tak perlu khawatir. Cari tahu apa saja penyebabnya dan cara mengatasinya dengan membaca penjelesan di artikel ini, yuk!

Apa penyebab pipi tembem sebelah?

Pipi tembem adalah kondisi saat pipi terlihat membulat serta besar. Banyak orang yang memiliki kondisi ini pada pipinya, tapi tidak sedikit pula yang memiliki pipi tembem sebelah atau terlihat besar dan bulat hanya pada salah satu sisi (kanan atau kiri).

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab pipi tembem sebelah antara lain:

1. Penyakit gondok

Pernah dengar penyakit gondok? Penyakit ini bisa menjadi penyebab pipi terlihat besar hanya pada salah satu sisi. Gondok atau gondongan adalah penyakit membengkaknya rahang maupun di bagian pipi. Penyakit ini muncul akibat infeksi virus pada kelnjar ludah.

Beberapa gejala penyakit gondok, yaitu:

  • Tidak nafsu makan
  • Otot terasa nyeri
  • Menggigil atau kedinginan
  • Kelelahan berlebih
  • Demam
  • Sakit kepala

2. Infeksi pada gigi atau abses

Penyebab lainnya adalah infeski gigi atau abses. Abses adalah nanah yang muncul pada gigi akibat infeksi. Infeksi yang bertambah parah akan memicu pembengkakan sehingga membuat pipi terlihat bengkak. Gejala abses gigi, yaitu demam, bau mulut, dan nyeri pada gigi yang terjadi pembangkakan.

3. Cedera pada pipi

Pipi tembem sebelah juga bisa karena adanya cedera. Jika kamu terjatuh atau terkena benda tumpul tertentu pada pipi, maka jaringan lunak dan tulang pada pipi akan membengkak. Pembengkakan ini diikuti dengan rasa nyeri. Jika pembengkakan akibat cedera tidak kunjung hilang, kamu perlu langsung segera mengunjungi dokter.

4. Sialolithiasis

Pengidap penyakit sialolithiasis juga akan mengalami kondisi pipi terlihat besar sebelah. Sialolithiasis merupakan penyakit batu ludah yang mana zat kimia dalam kelenjar air liur mengalami pengendapan dan pengerasan. Akibatnya, bagian pipi akan membengkak dan terasa nyeri.

5. Genetik

Pipi tembem sebelah juga bisa karena faktor genetik. Jika orang tua kamu atau ada saudara kamu yang juga memiliki pipi besar sebelah, maka kemungkinan besar kamu juga akan memilikinya. Tak hanya pipi, bentuk rahang, hidung, dan keseluruhan bagian wajah dipengaruhi oleh genetika atau keturunan.

Cara Meniruskan Pipi Tembem yang Patut Dicoba, Ternyata Mudah!

Cara mengatasi pipi tembem sebelah

penyebab dan cara mengatasi pipi tembem sebelah

Jika pemicu pipi tembem sebelah adalah penyakit seperti gondok dan infeksi gigi atau abses, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. Sama halnya jika kamu mengalami cedera atau mengidap penyakit sialolithiasis, kamu harus mengunjungi dokter untuk mengatasinya agar pembengkakan pada pipi mereda.

Pipi besar sebelah yang penyebabnya faktor genetik biasanya perlu prosedur medis, yaitu facelift atau liposuction. Facelift adalah prosedur medis dengan memotong serta membuang kulit dan lemak yang menggelambir di pipi, sedangkan liposuction adalah prosedur sedot lemak di pipi.

Beberapa cara mengatasi pipi tembem sebelah atau keduanya antara lain:

  1. Melakukan senam wajah untuk mengencangkan otot wajah
  2. Berolahraga kardio dengan rutin untuk menurunkan berat badan sehingga lemak di pipi bisa berkurang
  3. Minum lebih banyak ai karena dehidrasi bisa menjadi faktor penyebab kedua pipi menjadi tembem
  4. Hindari konsumsi alkohol untuk mencegah penumpukan lemak di kedua pipi
  5. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan, seperti kue, kerupuk, dan pasta untuk mencegah penumpukan lemak di pipi

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

Sudah paham kan apa saja penyebab pipi tembem sebelah dan bagaimana cara mengatasinya? Selain melakukan cara di atas, jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar tidak hanya bagian pipi yang senantiasa sehat, tetapi juga seluruh tubuh.

Anyway, apakah Yoonies pecinta kopi? Apakah Yoonies pernah penasaran sebenarnya bolehkah minum kopi saat haid? Yuk, cek faktanya di video ini! Agar tak ketinggalan informasi seputar kesehatan wanita, jangan lupa follow media sosial Yoona Women.

@yoonawomen Galengkap kayanya sehari kalo gak ngupiii tuhh, eh tapi … #yoonawomen #pembalutwanita #pembalutorganik #minumkopisaatmenstruasi #kafein #yonnawomenorganicpads #TikTokPromote ♬ original sound – Yoona Women


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference