cara mengecilkan kantung mata

Kantung mata yang tampak besar mungkin membuat kamu menjadi insecure. Tenang, di artikel ini, Yoona punya cara mengecilkan kantung mata dengan mudah yang bisa kamu lakukan. Bye-bye, mata panda!

Salah satu penyebab pembesaran atau kendurnya kantung mata, yaitu cairan yang tertahan, perpindahan lemak ke area berbeda di bawah mata, dan pada beberapa kasus karena adanya kondisi medis tertentu.

Meskipun banyak produk yang mengklaim dapat menghilangkan dan mengecilkan kantung mata, namun sayangnya semua produk tersebut tidak selalu berhasil.

Cara terbaik untuk menghilangkan kantung mata dalam jangka panjang adalah dengan merawat kulit dan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mengecilkan kantung mata? Yuk, simak tipsnya!

Penyebab munculnya kantung mata

Biasanya munculnya kantung mata tidak menandakan kondisi yang serius, tapi bisa jadi merupakan gejala dari masalah lain. Misalnya, jika terjadi secara tiba-tiba, munculnya kantung mata bisa mengindikasikan bahwa kamu memiliki kondisi tiroid seperti penyakit Graves. 

Jika kamu memiliki alergi musiman atau jenis reaksi alergi lainnya, mungkin meningkatkan risiko timbulnya kantung mata saat tubuh melepaskan histamin. Histamin tersebut menyebabkan cairan bocor dari pembuluh darah di bawah mata yang menyebabkan bengkak.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, jaringan dan otot yang menopang kelopak mata akan ikut melemah sehingga menyebabkan kulit kendur dan membentuk kantung di bawah mata.

Dalam kasus lain, lemak yang biasanya berada di sekitar mata berkumpul ke kelopak mata bawah dan membuatnya tampak bengkak.

Di sisi lain, kantung di bawah mata dapat terjadi akibat pengumpulan cairan di bawahnya. Pasalnya, garam menyebabkan tubuh  menahan cairan sehingga saat kamu makan garam secara berlebihan akan membentuk lingkaran hitam.

Beberapa penyebab paling umum dari munculnya kantung mata meliputi:

  1. Cairan yang tertahan di sekitar mata karena garam yang berlebihan dalam makanan
  2. Kurang tidur
  3. Reaksi alergi
  4. Kebiasaan merokok
  5. Kelelahan
  6. Masalah pigmentasi pada kulit
  7. Masalah pigmentasi
  8. Efek penuaan
  9. Paparan sinar matahari
  10. Genetika atau riwayat keluarga yang juga memilikinya

Cara Menghilangkan Kelopak Mata Hitam secara Alami, Jadi Lebih Percaya Diri!

Cara mengecilkan kantung mata

cara mengecilkan kantung mata dengan mudah

Perubahan gaya hidup lebih sehat dapat mengecilkan kantung mata, lho. Berikut cara sederhana untuk mengecilkan kantung mata yang bisa kamu terapkan di rumah:

1. Hapus riasan sebelum tidur

Memperbaiki rutinitas malam merupakan kunci utama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata. Secara khusus, penting untuk mencuci muka sebelum tidur setiap malam.

Ada beberapa alasan kamu tidak boleh tidur dengan riasan. Jika kamu tidur dengan maskara atau riasan mata lainnya, kemungkinan besar akan:

  1. Muncul reaksi alergi
  2. Meningkatkan infeksi yang menimbulkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya
  3. Menyebabkan keriput atau merusak kulit

Efek ini bisa saja terjadi karena saat kamu tidur dengan riasan, kulitmu terkena radikal bebas yang berpotensi menciptakan stres oksidatif.

2. Tidur yang cukup

Tidur malam yang nyenyak setidaknya selama 8 jam setiap hari dapat mencegah banyak masalah, seperti munculnya kantung mata.

Meskipun kurang tidur bukan salah satu penyebab kantung mata, tetapi kemungkinan besar kulitmu akan terlihat lebih pucat sehingga tampak bayangan atau lingkaran hitam di mata yang lebih menonjol.

3. Jaga kebutuhan cairan

Tahukah kamu bahwa air membentuk sekitar 60% dari berat badan tubuh? Mengingat hal ini, tidak mengherankan jika dehidrasi dapat menyebabkan munculnya kantung mata. 

Dengan begitu, menjaga asupan cairan setiap harinya merupakan cara mengecilkan kantung mata yang bisa lakukan dengan mudah.

Lalu, kira-kira berapa asupan cairan untuk pria maupun wanita dewasa? Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 gelas cairan sehari untuk pria dan sekitar 9 gelas cairan untuk wanita per hari.

4. Perbaiki pola makan

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata akan melemah. Artinya, kulit akan kendur, termasuk lemak yang biasanya ada di sekitar mata.

Cara terbaik untuk mengecilkan kantung mata salah satunya dengan memperbaiki pola makan. Cobalah untuk menurunkan asupan garam karena ini dapat mengurangi bengkak di bawah mata dan baik untuk jantungmu.

Selain itu, meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat yang secara alami ditemukan di dalam tubuh.

Makanan kaya vitamin C dan asam amino juga dapat membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat. Kamu bisa mengonsumsi makanan sumber vitamin C yang baik, seperti:

  • Jeruk
  • Paprika merah
  • Kubis
  • Kubis Brussel
  • Brokoli
  • Stroberi

5. Hindari merokok

Merokok memang dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan. Bahkan, merokok dapat menghabiskan vitamin C dalam tubuh yang sebenarnya bertanggung jawab untuk pembentukan kolagen di kulit.

Selain itu, merokok juga juga memengaruhi sintesis dan menghambat perbaikan kolagen yang sudah ada sebelumnya. Faktanya, perokok sering menderita masalah termasuk kerutan usia dini, perubahan warna kulit, kantung mata, dan lingkaran hitam.

10 Manfaat Ampas Teh Untuk Wajah, Bisa Redakan Kantong Mata Panda!

Jadi, mulai sekarang, bye-bye kantung mata! Bagaimana, Yoonies? Kini kamu sudah tahu cara mengecilkan kantung mata dengan cara mudah. Selamat mencoba!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference