album terbaru BTS

Kabar gembira bagi Army, album terbaru BTS rilis bulan Juni! Setelah menunggu hampir satu tahun lamanya, akhirnya HYBE mengumumkan bahwa BTS akan comeback pada tanggal 10 Juni 2022. 

Comeback BTS telah dikonfirmasi secara resmi sejak 17 April lalu. Big Hit Music mengunggah pernyataan di komunitas penggemar BTS Weverse, mengumumkan bahwa grup tersebut akan kembali pada 10 Juni dengan album barunya.

BTS comeback

album terbaru BTS

Pada konser terakhir BTS di Las Vegas bulan April lalu, secara mengejutkan mereka menampilkan teaser album terbarunya yang berjudul Proof. Setelah grup tersebut menampilkan lagu terakhir mereka “Permission to Dance,” cuplikan samar “WE ARE BULLETPROOF” dan “2022.06.10” muncul di layar.

Album ini merupakan album antologi yang terdiri dari total 3 CD, berisi pemikiran tujuh anggota tentang masa lalu, sekarang dan masa depan BTS. Dari jumlah tersebut, terciptalah beberapa lagu baru. 

“Proof” mewujudkan bahwa BTS menggunakan kalimat “We Are Bulletproof” yang artinya “kami anti peluru”, sebagai jargon mereka sejak awal debut tahun 2013 lalu. Nama BTS sendiri adalah akronim dari ‘Bangtan Sonyeondan’ yang artinya pemuda anti peluru. 

Dalam teaser album yang telah dirilis di YouTube, mereka menampilkan diskografi BTS sejak awal debut 2013 dengan album “2Cool 4Skool” hingga single digital terbaru mereka tahun 2021 yaitu “Permission To Dance”.

Kekhawatiran Army terhadap album “Proof”

album BTS proof

HYBE mendapat kritik dari para Army terhadap salah satu lagu yang ada di album “Proof”. Beberapa waktu sebelumnya, BTS telah mengungkapkan informasi tentang album antologi mereka yang akan segera dirilis. 

Di antara daftar lagu tersebut, CD 2 menarik banyak perhatian karena satu lagu. Kritik ini dibagikan di komunitas online Theqoo, dan beberapa netizen meninggalkan komentar yang mengkritik HYBE untuk itu. Lagu yang dimaksud adalah “Filter”, yang merupakan lagu No. 10 di tracklist. 

“Filter” adalah lagu solo Jimin yang pertama kali dirilis pada Februari 2020 sebagai bagian dari album studio keempat BTS “MAP OF THE SOUL: 7.” Meskipun tidak ada yang salah dengan lagu itu sendiri, banyak netizen mengkhawatirkan kontroversi tentang lagu ini yang terjadi pada tahun 2020 akan terjadi.

Kontroversi itu terjadi dengan melibatkan Bobby Chung, penulis lagu solo Jimin “Filter”. Diketahui Chung menjadi pelaku kekerasan seksual terhadap pacarnya sehingga menyebabkan bunuh diri. Bahkan, Chung diserahkan ke kejaksaan atas tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita.

Karena latar belakang kriminalnya, netizen mengungkapkan kekecewaan mereka pada HYBE karena nama Bobby Chung yang tercantum dalam “Proof” BTS memberikan efek negatif pada grup tersebut.

Fakta menarik album terbaru BTS “Proof”

BTS teaser Yet to Come

Sebelum menikmati semua lagu di album terbaru BTS, ada beberapa fakta BTS menarik seputar album tersebut yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. “Proof” menjadi album ke-10 yang telah dirilis sejak debut BTS tahun 2013.
  2. Menjadi album antologi pertama yang menggabungkan lagu-lagu lama.
  3. Kata “Proof” diambil dari judul “We are bulletproof” yang menjadi arti dari nama BTS itu sendiri.
  4. Terdapat album dengan standard version dan compact version.
  5. Lagu-lagu versi demo akan dirilis secara full version.
  6. Terdapat 3 CD, dan track dalam CD 3 hanya bisa didengarkan untuk yang membeli album.
  7. Lagu JungKook “Still With You” akan dirilis dalam versi acapella.
  8. Lagu yang dipilih sebagai title track adalah “Yet To Come (The Most Beautiful Moment).”
  9. Perilisan album dilakukan pada bulan Juni, yaitu bulan anniversary mereka yang ke-9.

Berapa harga album BTS?

Untuk penjualan internasional, album antologi BTS Proof akan hadir dalam dua edisi: compact version dengan harga sekitar Rp. 375 ribu, dan standard version dengan harga sekitar Rp. 450 ribu. Sedangkan untuk Set (compact dan standard) dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1,5 juta. 

Kamu sudah bisa melakukan pre-order melalui situs marketplace resmi yaitu WeVerse, kamu bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian, ikuti saluran BTS dan pilih toko global negara Indonesia. Lalu pilih opsi BTS Proof Album dan lakukan pre-order.

Comeback album BTS kali ini menjadi sangat spesial, karena melibatkan perjalanan grup ini sejak awal debut tahun 2013 lalu hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Para Army pun pasti sudah tidak sabar menunggu kedatangan albumnya.

Share artikel ini
Reference