pembalut anion

Pembalut merupakan hal yang penting untuk wanita. Ketika datang bulan, biasanya wanita menggunakan pembalut untuk menampung cairan menstruasi. Namun, apakah kamu tahu ternyata ada macam-macam pembalut yang punya ciri khas masing-masing, salah satunya adalah pembalut anion. 

Pembalut yang satu ini dipercaya memiliki sejumlah manfaat dan menjadi salah satu pilihan pembalut yang aman bagi wanita. Lantas, apa saja manfaat pembalut tersebut? Yuk, simak!

Sering Iritasi Pembalut? Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya

Apa itu pembalut anion?

Pembalut anion sendiri adalah pembalut wanita higienis antibakteri yang disertai dengan anion strip. Konsep penggunaan anion pada pembalut sebenarnya diadopsi dari pengobatan tradisional cina.

Nah, penggunaan anion sendiri dapat memberikan berbagai manfaat seperti antibacterial, antiradang hingga bersifat hipoalergenik. Ini sebabnya, mengapa penggunaan anion pada pembalut dipilih. 

Manfaat pembalut anion

Begitu banyak manfaatnya pada tubuh wanita, bahkan menghasilkan reaksi biokimia yang bermanfaat untuk tubuh, seperti:

1. Melepaskan ketegangan dan stres

Saat stres, saraf dan otot menjadi lebih tegang. Ini adalah cara tubuh untuk melindungi diri dari cedera dan sakit.

Anion dapat membantu menenangkan serta mendekompresi otot dan saraf serta meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. 

2. Mengurangi bakteri dan alergen

Penggunaan pembalut yang menyerap darah haid kerap disangkutkan dengan bakteri. Namun, penggunaan anion pada pembalut dipercaya dapat membersihkan alergen dan bakteri tersebut.

Hal ini sudah pasti membuat pembalut ini dikatakan lebih higienis. 

3. Membantu mengurangi radikal bebas dalam darah dan menghilangkan bau tidak sedap

Anion mengaktifkan metabolisme yang akan menghasilkan penghapusan limbah dan zat beracun yang ada di dalam darah. Selain itu, pembalut yang satu ini juga dapat membantu mengurangi bau tidak sedap yang umum terjadi ketika menstruasi.

4. Efek antidepresan

 

Anion juga memiliki efek antidepresan. Pasalnya, anion berkontribusi untuk meningkatkan kadar serotonin yang merupakan hormon bahagia. 

5. Mengurangi rasa sakit ketika menstruasi

Kamu sering alami nyeri haid? Nah, ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit menstruasi, loh. Tidak sedikit wanita yang mengalami nyeri perut atau kram saat haid.

Rasa sakit tersebut adalah hal yang normal namun tentu dapat membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Penggunaan anion dalam pembalut dipercaya dapat mengurangi rasa sakit tersebut. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anion juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merevitalisasi sel-sel yang ada dalam tubuh dan membantu meningkatkan imunoglobulin.

Imunoglobulin adalah protein yang terdapat dalam sel sistem kekebalan yang berfungsi sebagai antibodi. Pada gilirannya, kesehatan tubuh pun dapat terjaga dan risiko infeksi pun berkurang. 

7. Menambah energi mental

Anion meningkatkan aliran oksigen di otak. Akibatnya, tubuh kita mengalami penurunan rasa kantuk, energi mental yang lebih besar, dan peningkatan kewaspadaan otak.

Wah, jadi makin penasaran mau coba pembalut anion, ya.

Perbedaan pembalut anion dan pembalut biasa

pembalut malam

Perbedaan antara pembalut anion dan pembalut biasa adalah adanya anion yang mengandung ion negatif. Hal tersebut berguna untuk membuat produk kewanitaan yang lebih sehat. 

Anion negatif sendiri berkontribusi pada kesehatan seperti yang sudah Yoona jelaskan sebelumnya.

Sebenarnya ada banyak ion negatif di sekitar kita, yang terdapat di udara dan air. Nah, Anion negatif berkontribusi banyak untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Misalnya, peradangan pada wanita saat haid yang terjadi karena bakteri anaerob tersebut bisa anion atasi, loh.

Serba-Serbi Pembalut Wanita, Jangan Sampai Salah Pilih

Bagaimana caranya? Dengan menggunakan anion strip dalam pembalut, sehingga bakteri anaerobik berkurang dan menciptakan lingkungan yang baik untuk organ pernapasan.

Biasanya pembalut biasa yang tidak memiliki anion akan membuat area kewanitaan lebih pengap dan lembap, karena tidak adanya saluran pernapasan.

Yang paling terasa jelas adalah tidak adanya bau saat memakai pembalut anion. Mungkin selama ini kamu merasa bau amis saat haid sangat menganggu.

Dengan adanya anion, hal itu tidak akan terjadi. Anion strip membantu menghilangkan bau tak sedap dan pertumbuhan bakteri di dalam liner dan bantalan pembalut.

Secara langsung, memberikan rasa segar dan nyaman, melindungi kulit dan sistem reproduksi wanita dari penyakit organ intim yang disebabkan oleh bakteri pada pembalut.

Period Talk: Manfaat Anion

Menurut dr. Wisniaty Condro, anion mempunyai banyak manfaat yang berguna bagi perempuan yang menjalani menstruasi. Beberapa di antaranya bisa meringankan depresi dan membawa kebahagiaan.

“Selain itu, anion juga mendukung aktivitas mikroba yang sangat bagus untuk mencegah bau saat haid,” jelasnya.

Jadi, sudah saatnya kamu beralih ke pembalut anion, agar organ intim kamu tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, kamu juga lebih nyaman dalam menjalani hari-hari menstruasi.

Share artikel ini
Reference