skinship adalah

Sentuhan fisik antar pasangan sering dipandang sebagai bentuk kasih sayang. Seperti berpegangan tangan, berpelukan, atau mengusap punggung pasangan, ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan kamu. Selain itu, kesehatan mental yang baik dan bahkan tubuh secara keseluruhan untuk kamu.

Skinship adalah sebuah keintiman dibangun dari banyak sumber, termasuk kualitas respons pasangan selama percakapan, kehadiran empati, tindakan kebaikan dan kemurahan hati, dan pengalaman sentuhan fisik yang terus-menerus sering diabaikan.

Secara emosional, sentuhan fisik seperti berpelukan, berpegangan tangan menimbulkan perasaan diterima dan diperhatikan. Selain itu juga memiliki dampak positif secara fisiologis. Lantas, bagaimana dengan skinship dalam budaya Korea? Yuk ketahui selengkapnya di bawah ini!

Apa itu skinship?

manfaat berpelukan

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasangan yang lebih banyak melakukan sentuhan fisik, seperti berpegangan tangan atau berpelukan, memiliki kadar hormon stres (kortisol) yang lebih rendah.

Tingkat kortisol yang tinggi telah ditemukan untuk meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Peneliti percaya bahwa emosi positif yang datang dari sentuhan fisik, seperti perasaan puas, perasaan rileks, mengarah langsung ke tingkat kortisol yang lebih rendah.

Apa itu skinship yang sebenarnya? skinship adalah singkatan dari skin to skin relationship. Kegiatan yang berhubungan dengan skin touch dapat dikategorikan dalam skinship ini. Misalnya bergandengan tangan, berpelukan, memegang hidung, memegang pipi, bahkan aktivitas seperti memandikan anak pun bisa dianggap skinship.

Sebuah istilah lintas budaya dari Jepang yang kini dikenal dunia. Pada dasarnya, sebagian besar bentuk komunikasi manusia adalah non-verbal.

10 Cara Mencintai Diri Sendiri: Sadari, dan Mulai Lakukan Perlahan!

Gestur, ekspresi wajah, dan bahkan sentuhan bisa berarti hal yang sama – jika tidak lebih – dari kata-kata. Mulai dari tepukan lembut di pundak sebagai bentuk dukungan, pelukan saat merasa senang, dan lain-lain.

Saat seseorang menyentuh kulit kita, sensasi tersebut kemudian diterjemahkan menjadi emosi. Ada rasa senang, nyaman, cinta, atau bahkan terganggu oleh sentuhan orang lain.

Skinship bukan hanya soal sentuhan antara orang tua dan anaknya, seperti konsep ini awalnya. Kontak fisik ini tidak mengenal batas bagi siapapun karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan sentuhan dengan orang lain.

Skinship dalam budaya Korea

Dalam budaya Korea, skinship adalah keintiman fisik, tidak hanya diperuntukkan bagi pasangan romantis; Sangat umum bagi teman dekat (biasanya sesama jenis) untuk menggunakan skinship. Anak laki-laki dan perempuan sama-sama dapat berpegangan tangan, berpelukan, atau duduk di pangkuan satu sama lain. Idol tidak terkecuali!

“Skinship” mungkin berasal dari kata asal bahasa Inggris, diciptakan dari bahasa Jepang, dan dapat merujuk pada ikatan melalui sentuhan antara ibu dan anak. Secara umum juga menggambarkan ikatan melalui kontak fisik berupa sentuhan, pelukan, pegangan tangan, dan kedekatan tubuh tanpa beban.

Di Korea, jenis kasih sayang fisik antara sesama jenis umum terjadi dalam konteks non-romantis. Teman terlihat sangat nyaman duduk di pangkuan satu sama lain, saling membelai tangan dan lengan, berpegangan tangan, melingkarkan lengan di bahu dan berpelukan.

Bintang K-pop seperti BTS dikenal sangat sensitif satu sama lain, mengekspresikan perasaan hangat dan bersahabat mereka dengan bebas.

Pada saat yang sama, tampilan romansa di depan umum di Korea tidak diterima secara umum seperti sentuhan fisik antara keluarga dan teman. Tampilan kasih sayang di depan umum di antara pasangan bisa memalukan atau canggung, terutama pada orang-orang dari generasi yang lebih tua, meskipun orang yang lebih muda semakin berani.

Idol Kpop Alami Menstruasi Tidak Lancar, Apa Penyebabnya?

Skinship dalam kpop industri

Meskipun skinship antara wanita Korea mungkin tidak dilihat secara khusus melalui lensa non-Korea, kasih sayang fisik antara pria Korea bertentangan dengan norma banyak budaya lain. Misalnya, di Amerika Serikat, laki-laki sesama jenis yang bersentuhan di depan umum sering kali terbatas pada jabat tangan resmi, dan mungkin pelukan ringan dan ramah.

Pada dasarnya skinship adalah sentuhan fisik terhadap seseorang. Namun demikian, apa pun di luar itu berisiko ditafsirkan secara berbeda, dan berisiko menimbulkan reaksi homofobia.

Manfaat Berpelukan, Ternyata Bisa Buat Sehat dan Bahagia!

Ini menunjukkan perbedaan bagaimana homofobia bermanifestasi dalam dua budaya: Di Korea, sentuhan sesama jenis antara laki-laki tidak mudah ditafsirkan sebagai seksual atau romantis, karena tabu pada homoseksualitas telah menormalkan heteroseksualitas dengan cara yang membuat interpretasi semacam itu tidak mungkin terjadi.

Sementara skinship dalam drama Korea cenderung lebih terkonsentrasi pada penayangannya. Misalnya hanya di episode awal, atau hanya di tengah, atau bahkan hanya di akhir episode. Jarang sekali ditemukan drama Korea yang menampilkan skinship secara merata dari awal hingga akhir.

Meskipun drama Korea saat ini memiliki lebih banyak adegan menyentuh kulit dibandingkan dengan drama lama, mereka masih belum bisa menandingi “keberanian” skinship dalam drama Amerika di setiap era.

Skinship yang ada dalam drama Korea meninggalkan sesuatu yang berkesan yang justru membuat para penontonnya semakin gemas dan penasaran.

Contoh skinship idol kpop

Berikut ini adalah contoh skinship di kpop idol, seperti:

1. Di Live Party “Just Right” GOT7, para anggota mengungkapkan video dari asrama mereka setelah penggemar mencapai 300.000 komentar. Video asrama menunjukkan Jackson dan Jinyoung berpelukan di sofa; Jackson bahkan mengaitkan kakinya di kaki Jinyoung!

2. Saat syuting CF untuk Baskin Robbins, Seulgi dan Wendy Red Velvet terlihat sangat menggemaskan ketika mereka berbagi jaket! (Jika “Kue Es Krim” tidak terlintas di kepala kamu saat melihat gif ini, sekaranglah. Sama-sama.)

3. Pada episode 9 dari “EXO Showtime,” para anggota memainkan permainan untuk melihat berapa lama mereka bisa diam sepenuhnya. Selama pertandingan “007 Bang”, permainan cepat Chen menyebabkan Kai kalah satu ronde.

Para anggota dengan cepat menyeret Kai ke tengah lingkaran dan memukulnya dengan main-main sebagai hukuman. Saat Kai merengek dan merangkak kembali ke kursinya, Chen memberinya pelukan minta maaf.

Skinship adalah sebuah istilah yang umumnya digunakan untuk menunjukka rasa kasih sayang secara fisik dalam budaya Korea. Ini dapat dibaca sebagai gabungan dari kata “skin” dan “kekerabatan”.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference