cara menjaga hubungan agar pacaran tidak bosan

Pada masa awal, hubungan yang dijalani bersama dengan pasangan memang terasa sangat menyenangkan dirasakan satu sama lain.

Namun, pada hubungan yang sudah cukup lama, terkadang ada rasa bosan muncul ketika bersama dengan pasangan. Hal tersebut sangat wajar dirasakan, lho.  

Namun dibalik rasa tersebut, tentunya ada cara menjaga hubungan pacaran agar tidak bosan dan hubungan bisa kembali menjadi lebih menyenangkan. Apa saja caranya?

Cara agar tidak bosan dalam menjalin hubungan

cara menjaga hubungan pacaran agar tidak bosan

Rasa bosan yang dirasakan dalam hubungan, apalagi jika hubungan tersebut sudah lama dilalui memang hal yang sangat wajar. Baik masih berpacaran atau sudah menikah, rasa bosan kerap datang dengan berbagai cara.

Terkadang ada tanda-tanda ketika rasa bosan datang, yaitu seperti merasa kurang tertarik dengan kehidupan, minat atau kehidupan pasangan.

Terkadang rasa bosan juga datang ketika ketidaknyamanan hadir meskipun sedang bersama dengan pasangan. Hal tersebut adalah wajar dan ada lho cara menjaga hubungan pacaran agar tidak bosan dengan cara yang ampuh.

Yuk simak apa saja cara menjaga hubungan pacaran agar tidak bosan?

1. Komunikasikan rasa bosan

cara mencari topik pembicaraan

Perlukah pasangan tahu jika kamu sedang bosan? Tentu saja perlu! Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah komunikasi dengan pasangan agar hubungan tetap dapat berjalan.

Jika kamu berpikir bisa menyelesaikannya sendiri tanpa memberi tahu pasangan, percayalah hal itu hanya akan membebani diri kamu sendiri.

Jujur dengan perasaan dan tanyakan bagaimana tanggapan pasangan. Pasangan yang baik tentu akan mau diajak berdiskusi dan mencari solusi bersama atas kebosanan dalam hubungan.

2. Ubah pola pikir

Mengubah pola pikir saat hubungan terasa membosankan perlu dilakukan agar pikiran positif bisa tetap kamu rasakan.

Hindari melihat hal buruk dalam diri pasangan dan tetap lihat kelebihan yang dimiliki pasangan selama itu baik untuk keberlangsungan hubungan.

3. Ubah kegiatan atau rutinitas

Rutinitas atau kegiatan yang monoton kadang menjadi sumber kebosanan dalam hubungan.

Cari hal baru dan ubah rutinitas bersama pasangan seperti merencanakan olahraga di akhir pekan bersama, memasak atau menonton film baru di bioskop agar hubungan tak lagi membosankan.

10 Cara Efektif Agar Pacar Tidak Selingkuh

4. Lakukan introspeksi bersama

Rasa bosan bisa datang karena faktor diri sendiri, dari pasangan atau dari orang lain. Lakukan instrospeksi dan gali apa yang menjadi sumber dari rasa bosan.

Dengan ini, akar masalah dapat kamu temukan dan segera dicari solusinya bersama dengan pasangan.

5. Bangun rasa penasaran

Apakah semua hal tentang pasangan sudah kamu ketahui? Cobalah untuk terus menggali rasa penasaran tentang pasangan kamu.

Tak perlu tentang masa lalunya, coba tanyakan apa yang akan menjadi rencana-rencana dalam hidup pasangan. Dengan membangun rasa penasaran, maka hubungan akan terus terasa menyenangkan.

6. Buat rencana menyenangkan

buat rencana menyenangkan supaya pacaran tidak membosankan

Cara menjaga hubungan agar pacaran tidak bosan selanjutnya bisa dengan membuat rencana bersama.

Sering buat rencana bersama pasangan tapi gagal? Cobalah untuk mewujudkan rencana menyenangkan bersama. Rasa bosan yang dialami mungkin akan sedikit berkurang dengan variasi kegiatan yang dilakukan.

Attachment adalah Gaya Keterikatan dalam Hubungan, Mana Yang Kamu Miliki?

7. Lakukan liburan bersama

Untuk mengusir rasa bosan yang kerap datang dalam hubungan, coba ajak pasangan untuk melakukan liburan singkat bersama. 

Tak perlu keluar kota atau keluar negeri, ajak pasangan untuk menikmati kota, museum, atau tempat hiburan bersama dna lakukan hal yang jarang dilakukan bersama dengan pasangan. Hal ini dapat menguatkan hubungan satu sama lain, lho.

8. Ingat apa yang membuatmu memilih dia

Rasa bosan terkadang menjadi semakin besar jika tak segera diatasi. Cara mudah dalam mengusir bosan adalah mengingat kembali apa yang membuat kamu memilih pasangan kamu saat ini.

Dengan begitu rasa sayang kepada pasangan akan semakin besar dan terus terjaga.

9. Hindair jaim sata bersama pasangan

Melakukan hal konyol bersama pasangan bisa terus membuat hubungan terasa menyenangkan, lho.

Hindari jaim saat bersama pasangan dan cobalah saling menjadi diri sendiri saat bersama. Rasa bosan tentu tak akan lama bertahan dalam hubungan.

10. Ingat momen yang berlalu

Ciri ciri pacaran sehat

Apakah kamu dan pasangan sering flashback dengan cerita masa lalu menyenangkan bersama? Cobalah car aini saat bosan tengah menyerang.

Dengan cara ini, maka kamu dan pasangan dapat mengingat momen apapun yang pernah dilalui bersama.

11. Mulai hobi baru

Jika sedang bosan dengan hubungan, mungkin kamu membutuhkan kegiatan atau hobi baru.

Hal ini akan menyita fokus dan kesibukan kamu sementara waktu sehingga rasa rindu mungkin akan muncul dan rasa bosan dalam hubungan akan segera menghilang.

12. Kenali hobi pasangan

Pernah mencoba hobi pasangan? Cobalah salah satu cara aini untuk membuat hubungan terasa berbeda.

Terkadang mencoba hobi pasangan juga menjadi cara agar pasangan tahu bahwa kamu sedang mempertahankan hubungan agar terus baik-baik saja.

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif agar Fokus dan Tak Mudah Lupa

13. Ambil sedikit jarak

Ambil sedikit jarak dengan pasangan dapat membuat kamu merasa lebih menghargai dengan kehadirannya.

Coba lakukan kegiatan dan fokus dengan hal baru tersebut. Berikan jarak dan jelaskan pada pasangan apa yang sedang kamu lakukan saat itu.

14. Pergi bersama teman atau keluarga

Rasa bosan dalam hubungan bisa haid karena kamu terus melakukan berbagai hal bersamanya.

Untuk membuat variasi dalam kehidupan, cobalah sesekali pergi bersama teman atau keluarga pada akhir pekan.

Melakukan kegiatan bersama dengan teman atau keluarga bisa membuat rasa bosan sedikit berkurang.

15. Lakukan konseling

Melakukan konseling bersama tenaga ahli bisa menjadi cara terakhir saat semua cara telah dilakukan dan menurut kamu tidak berhasil, khususnya bagi pasangan yang sudah menikah.

Konseling memang akan melibatkan orang lain dalam hubungan, namun cara ini bisa ditempuh untuk dapat melihat sudut pandang lain sehingga kamu dan pasangan bisa terus mencoba untuk memperbaiki hubungan.

Konseling bisa dilakukan untuk meneliti lebih jauh apa yang membuat rasa bosan tak kunjung hilang.

Memang tak mudah untuk menghilangkan rasa bosan dalam hubungan, namun cara menjaga hubungan pacaran agar tidak bosan ini bisa kamu lakukan untuk tetap mempertahankan hubungan menyenangkan, ya!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference