cara membuat orang nyaman dengan kita

Terkadang kita ingin membuat banyak orang baru nyaman ketika berada di sekeliling kita. Namun, bagi sebagian orang hal ini mungkin tampak sulit.

Beberapa orang mungkin tidak terbiasa atau merasa canggung sehingga tanpa disadari membuat orang yang ada di sekelilingnya merasa tidak nyaman. Lantas, apa saja sih cara membuat orang nyaman yang bisa kamu coba? Berikut ulasannya.

Cara membuat orang nyaman 

cara membuat orang nyaman

Tenang saja, membuat orang nyaman tidak sesulit yang kamu kira, kamu bisa melakukan ini supaya orang-orang merasa nyaman ketika berada di dekat kamu. Berikut beberapa caranya.

1. Tersenyumlah

Jika kamu ingin mudah didekati dan membuat orang merasa nyaman ketika kamu bersama mereka, maka perhatikan ekspresi wajah kamu. Senyum adalah salah satu cara supaya terlihat bahwa kamu nyaman dan senang berada bersama orang lain sehingga orang yang berada di sekitar kamu juga bisa lebih mudah untuk berinteraksi. 

2. Percaya diri

Jika kamu gugup dan kaku, maka orang lain juga dapat merasakannya. Ini sebabnya, cobalah untuk lebih percaya diri dan yakin sehingga orang sekitar juga bisa menerima getaran rasa percaya diri tersebut. 

3. Berikan pujian

Memberikan pujian menjadi hal yang bisa kamu lakukan. Orang akan senang ketika mereka mendapat pujian. Pastikan untuk memberikan pujian secara alami, sampaikan dengan tulus dan penuh senyuman. 

Salah Satu Ciri Ekstrovert Adalah Suka Bergaul, Kamu Termasuk?

4. Atur nada bicara

Jika kamu tipe orang yang bersemangat dan berbicara dengan cepat, pastikan untuk mengatur nada bicara kamu. Dengan begitu, orang akan dapat menangkap maksud perkataan kamu dan lebih menikmati ketika berbicara bersamamu.

5. Perhatikan gestur tubuh

Bukan hanya bahasa yang perlu kamu perhatikan, tapi juga gestur tubuh kamu. Buatlah gestur terbuka dengan melakukan kontak mata dan coba lebih santai.

6. Tunjukan bahwa kamu mendengarkan mereka

Cara membuat orang nyaman dengan kita selanjutnya adalah dengan mendengarkan mereka secara seksama. Ketika mengobrol, pastikan untuk tidak terus melirik ponsel sehingga orang tahu bahwa kamu menghargai mereka dan mendengarkan apa yang mereka katakan. 

7. Gunakan teknik pencerminan

Meniru ternyata bisa membuat orang nyaman dengan kita, loh. Eits, meniru ini bukan berarti kamu meniru semua yang mereka lakukan, tapi dengan mengamati postur tubuh lawan bicara dan buat tubuh melakukan postur tersebut seperti cermin. Jika mereka bersandar, kamu juga bisa melakukannya. Tanpa disadari mereka juga akan merasa nyaman, loh.

Cara membuat orang nyaman ngobrol

Cara buat orang nyaman ngobrol

Jika kamu ingin membuat orang nyaman ketika mengobrol dengan kamu, kamu bisa coba tips berikut ini.

1. Temukan lawan bicara kamu

Kamu bisa mulai mencari teman untuk kamu ajak ngobrol. Kamu bisa duduk di sebelah mereka dan mulai untuk berbincang bersama.

2. Pelajari bahasa tubuh mereka

Bicaralah dengan orang yang tampak mudah didekati. Coba amati bahasa tubuh mereka dan lakukan kontak mata. Kamu juga bisa menyapa mereka terlebih dahulu untuk memulai obrolan yang nyaman bersama.

3. Katakan sesuatu

Menjadi pendengar adalah hal yang baik, namun jangan hanya mendengarkan saja. Kamu juga bisa ikut mengobrol supaya lebih berbaur dan mereka juga bisa nyaman dengan kehadiran kamu. 

Memang Penting Punya Etika Pergaulan? Ini Jawabannya

4. Bertanya tapi jangan mengintrogasi

Saat mengobrol, kamu tentu perlu bertanya untuk mencari kesamaan dengan lawan bicara tapi jangan sampai seperti mengintrogasinya, ya. Jangan berlebihan ketika bertanya, pasalnya ini bisa membuat orang tidak nyaman dengan kamu. 

5. Jadi pendengar yang baik

Kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik saat orang lain berbicara. Pastikan untuk memperhatikan gestur dengan melakukan kontak mata, tersenyum, anggukan atau tertawa di saat yang tepat. 

7. Pilih satu topik untuk memecahkan keheningan

Saat mengobrol, ada kalanya suasana menjadi hening. Jangan biarkan situasi ini terlalu lama karena dapat membuat canggung. Kamu bisa pilih satu topik baru sehingga obrolan dapat berlanjut.

Cara membuat orang nyaman lewat chat

Cara membuat orang nyaman dengan kita bukan hanya dilakukan saat bergaul langsung tapi juga lewat chat. Buat kamu yang masih bingung gimana cara membuat orang nyaman melalui chat, kamu bisa simak tips ini. 

1. Cepat respon

Saat mendapati chat, jangan biasakan untuk menunda membalasnya tapi balaslah secepat mungkin. Ini menunjukan ketertarikan sehingga ia merasa dihargai. Dengan respon yang cepat, kamu juga bisa melanjutkan obrolan melalui chat dengan lebih mudah, dibanding respon yang lama.

2. Ajukan pertanyaan

Cobalah untuk mengajukan pertanyaan supaya chat tidak terputus. Apalagi, jika lawan bicara kamu juga mengajukan pertanyaan, ini menunjukan bahwa kalian saling tertarik dan nyaman untuk chat bersama.

3. Terus bicara

Cara membuat orang nyaman dengan kita melalui chat yang selanjutnya adalah dengan terus berbicara. Buat percakapan mengalir sehingga kamu dan orang tersebut tidak merasa bosan dan terus asik untuk chatting. 

4. Tidak ada salahnya untuk bercerita

Jika orang tersebut membagikan detail pribadi tentang kehidupannya ini merupakan tanda yang baik bahwa ia nyaman dengan kamu. Kamu juga bisa bercerita tentang diri kamu sehingga kalian bisa lebih dekat.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference