Idol Kpop Alami Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi tidak lancar seringkali dialami oleh idol Kpop. Kehidupan mereka bergantung pada jadwal yang sudah ditetapkan perusahaan. Termasuk jadwal rekaman, promosi, penampilan panggung dan lainnya, sehingga masalah kesehatan pun tidak jarang diabaikan.

Sebagai seorang idola yang selalu dituntut untuk sempurna, kehidupan idola K-pop tentunya bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi mereka sudah dituntut serba bisa sejak menjadi trainee dan harus memiliki badan fit dan sehat.

Apakah idol kpop haid?

Secara khusus, salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh para idol K-pop perempuan adalah masalah menstruasi. Tentunya idol Kpop juga mengalami haid, hanya mungkin tidak lancar. Banyak diantara mereka yang bahkan tidak menstruasi selama berbulan-bulan.

Hal ini biasanya terjadi karena para idol melakukan diet ekstrim atau mengalami stres dan tekanan yang sangat besar. Sehingga sangat berpengaruh buruk pada kesehatan dan menjadikan produksi hormonnya tidak normal sebagaimana harusnya.

Anggota kpop grup Blady, Tina, blakblakan cerita tentang siklus haid para Kpop idol

Seorang youtuber asal Amerika akhir-akhir ini memposting sebuah video dengan beberapa mantan idol, termasuk mantan anggota Blady, Tina. Dia kini dikenal dengan nama Soobin atau Christine.

Dalam video tersebut, Tina mengatakan betapa beratnya latihan-latihan yang dia lakukan hingga sangat berpengaruh pada tubuhnya. Secara khusus, dia juga mengingat suatu hari dia melakukan latihan berat sambil menahan rasa nyeri haidnya.

Masalah menstruasi di industri Kpop seakan tidak boleh menjadi penghalang aktivitas. Tina bahkan tidak bisa beristirahat ketika mengalami kram perut saat menstruasi. Tidak hanya itu, Tina mengingat bahwa dirinya pernah disuruh mengenakan celana putih saat sedang haid. Hal itu membuat dirinya sangat tidak nyaman.

Penyebab menstruasi idol kpop tidak lancar

idol kpop haid
Apakah idol kpop haid

 

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab siklus menstruasi para idol tidak lancar, jika kamu menemukan salah satunya pada kehidupan kamu sebaiknya segera pergi ke penyedia layanan kesehatan yang terpercaya. 

1. Berolahraga dengan keras

Pernahkah kamu mendengar bahwa ada banyak atlet lari yang kehilangan periode menstruasinya. Hal ini ternyata bukanlah mitos, latihan yang sangat keras bisa membuat tubuh menjadi stress dan membuat otak kesulitan memberikan sinyal untuk memproduksi hormone.

2. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan yang drastis atau diet ekstrim, menjadi hal lain penyebab siklus menstruasi yang tidak stabil. Kehilangan banyak berat badan membuat tubuh tidak dapat menghasilkan cukup estrogen.

3. Merasa stres

Perasaan stres yang dapat menunda menstruasi adalah stress dengan tingkat yang tinggi. Hal ini memang sudah terbukti secara ilmiah dalam sebuah penelitian pada tahun 2015, stress akan sangat berpengaruh pada siklus menstruasi.

4. Kurang tidur

Melewatkan waktu tidur bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat dan tidak enak. Pola tidur yang tidak teratur juga berpengaruh pada pola dan siklus menstruasi. 

5. Bepergian melintasi zona waktu

Otak menghasilkan hormon melatonin untuk memberikan sinyal pada tubuh supaya beristirahat dan tidur, tetapi ketika kamu malah bepergian dan melintasi zona waktu maka tubuh akan merespon seolah-olah masih belum waktunya untuk tidur.

Menstruasi tidak lancar penyakit apa

Menstruasi tidak lancar

Terkadang haid tidak lancar menjadi pertanda adanya penyakit serius, seperti:

Amenorrhea

Amenorrhea merupakan gangguan reproduksi pada perempuan yang ditandai dengan tidak adanya menstruasi dalam satu bulan atau lebih. 

Gangguan tiroid

Di dalam tubuh, ada sebuah kelenjar yang disebut dengan kelenjar tiroid. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh supaya bekerja dengan baik. Jika ada gangguan pada kelenjar ini maka siklus menstruasi pun akan terganggu.

Sindrom ovarium polikistik (SOPK)

Sindrom ini merupakan kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan hormon pada penderitanya. Sehingga dalam siklus menstruasinya tidak ada ovulasi yang ditandai dengan tidak adanya menstruasi atau peredaran selam 2-3 bulan.

Endometriosis

Siklus menstruasi yang tidak teratur seperti volume perdarahan yang berlebihan atau sedikit merupakan pertanda dari endometriosis. Endometrium ini dapat tumbuh pada indung telur, usus, tuba falopi hingga miss V.

Mungkin memang beberapa diantara idol K-pop wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika hal tersebut terjadi juga pada kamu sebaiknya segera hubungi dokter.

Share artikel ini
Reference