manfaat berpelukan
Hubungan Sosial Seks & Relationship

Manfaat Berpelukan, Ternyata Bisa Buat Sehat dan Bahagia!

Imelda Rahmawati | April 14, 2022
Share

Berpelukan merupakan suatu tindakan sosial yang sering kita lakukan, entah itu kepada saudara, teman, dan terutama pasangan untuk membuat hubungan makin romantis. Tetapi tahukah kamu jika manfaat berpelukan bisa dirasakan secara psikologis dan fisik? Yup, berpelukan bisa buat kita bahagia dan juga sehat, loh!

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa berpelukan memiliki fungsi yang mirip dengan menyusui. Hal ini karena pelukan membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin, yakni hormon yang berhubungan dengan perasaan bahagia.

Berpelukan juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kamu. Lantas, apa manfaat berpelukan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Berpelukan adalah

Berpelukan adalah salah satu bentuk keintiman fisik yang biasanya dilakukan dengan cara menyentuh atau memegang erat tubuh seseorang, beberapa orang sekaligus, atau hewan peliharaan. Pelukan adalah tanda perasaan cinta atau kasih sayang atau penghargaan.

Meski terlihat mudah dan sederhana, pelukan memiliki manfaat yang luar biasa. Baik untuk kesehatan hingga meningkatkan kebahagiaan. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa berpelukan dengan pasangan, keluarga, dan orang terdekat kamu.

Pelukan dapat membuat seseorang merasa bahagia. Tidak hanya itu, pelukan juga dapat mengubah suasana hati negatif dengan membantu tubuh dan otak serta meningkatkan hormon perasaan baik ini.

Selain itu, berpelukan dan tertawa sangat efektif dalam menyembuhkan depresi, kecemasan, dan menghilangkan stres. Rupanya saat berpelukan, produksi hormon kortisol akan menurun, sedangkan hormon oksitosin yang juga sering disebut sebagai hormon cinta akan meningkat.

Manfaat berpelukan

Penelitian menunjukkan bahwa pelukan dalam yang tepat dapat memberi seseorang manfaat berikut:

1. Membangun kepercayaan dan rasa aman. Hal ini bisa membantu kamu dalam berkomunikasi secara jujur dan lebih terbuka.

2. Berpelukan dapat meningkatkan kadar oksitosin secara instan, pelukan membantu menyembuhkan beberapa perasaan negatif seperti kesepian, isolasi, dan kemarahan.

3. Mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada tulang dada dan muatan emosional merangsang kelenjar timus, yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih tubuh sehingga tetap sehat.

4. Manfaat berpelukan mampu melemaskan otot dengan melepaskan ketegangan di tubuh.

5. Pelukan dapat meredakan sakit dan nyeri dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan lunak.

6. Menurut sebuah penelitian, sentuhan dan pelukan mengurangi rasa takut akan kematian. Itu membuat kita merasa aman. Studi tersebut mengungkapkan bahwa berpelukan mengurangi ketakutan eksistensial seseorang.

7. Pelukan membuat kita lebih sadar dan sadar akan situasi saat ini. Hadir pada saat ini membawa kita kebahagiaan. Memeluk mirip dengan meditasi (yang juga membuat kita lebih sadar dan sadar).

8. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kontak kulit-ke-kulit seperti pelukan antara ibu dan bayi baru lahir menghasilkan manfaat fisik dan psikologis yang penting bagi anak, termasuk:

  • Kurangi menangis
  • Peningkatan tidur
  • Rasa kepemilikan tubuh
  • Kecemasan berkurang

9. Produksi hormon pertumbuhan yang tepat, yang mengarah pada perkembangan fisik yang tepat

10. Meningkatkan empati terhadap orang lain saat mereka tumbuh dewasa

Makna berpelukan bagi seseorang

Sebuah pelukan dapat menyampaikan sejumlah makna. Jadi, kamu harus menyadari pesan yang kamu kirim saat berpelukan. Berikut merupakan arti berbagai jenis pelukan:

Pelukan beruang (bear hug)

Pelukan ini ketat, meyakinkan, dan memiliki ciri khas yang intim tapi hangat. Ini yang benar-benar dibagikan oleh orang-orang yang saling mencintai. Ini adalah jenis pelukan yang kamu dapatkan dari mereka yang mencintai kamu tanpa pamrih.

Pelukan yang sopan

Merupakan jenis pelukan yang biasanya kamu bagikan dengan kenalan dan kolega. Biasanya merupakan pelukan menyamping, dengan hanya sebagian kontak tubuh bagian atas. Tubuh bagian bawah tidak pernah menyentuh, menunjukkan ketidaknyamanan atau kecanggungan.

Jika kamu memberi atau mendapatkan pelukan seperti ini dari teman kencan kamu, itu berarti ada jarak dalam hubungan.

Pelukan satu arah

Kamu memeluk seseorang dengan semua yang kamu miliki, dan orang itu bahkan tidak mengangkat tangan untuk melingkarkan lengannya di bahu. Tanpa sadar, kamu baru saja diberi pelukan satu arah. Kurangnya timbal balik yang baru saja kamu dapatkan dari orang lain berarti perasaan mereka tidak sedalam kamu.

Pelukan intim

Pelukan intim adalah pelukan yang erat, seluruh tubuh, adanya kontak mata. Kontak mata membawa jenis pelukan ini ke tingkat yang baru, karena ini jelas lebih dari sekadar sentuhan fisik. Jika kamu mengalami pelukan seperti ini, itu berarti kamu benar-benar memiliki sesuatu yang istimewa.

Manfaat berpelukan mampu memberi rasa nyaman dan bisa menyehatkan jantung. Yuk, biasakan memulai hari dengan memeluk orang yang kamu cintai setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik dari pelukan.

Reference
Share