bagaimana cara mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri atau self love merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena ini adalah salah satu kunci untuk membuat hidup lebih bahagia. Sayangnya, masih banyak orang yang lupa mencintai diri sendiri.

Bahkan tak jarang ada yang menganggap dirinya bodoh, jelek, dan hal-hal buruk lainnya. Mencintai diri sendiri dapat membuat beberapa perubahan dalam hidup. Perubahan tersebut dapat memberikan dampak dari cara pandang yang lebih positif terhadap diri sendiri, memiliki pemikiran yang lebih positif, tidak mudah terpancing emosi.

Padahal, ada berbagai cara mencintai diri sendiri yang bisa kamu lakukan. Untuk mengetahui apa arti konsep self love dan bagaimana penerapannya, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

10 cara mencintai diri sendiri

Apa itu Self Love?

Ada berbagai cara untuk mencintai diri sendiri yang bisa langsung kamu mulai praktikkan, di antaranya dengan:

1. Beri perhatian pada pikiran

Menyadarinya akan membantu memperkuat kemampuan kita untuk mengendalikannya dan mengarahkannya ke arah yang positif.

Jika kamu memperhatikan bahwa banyak rasa insecure datang dari pikiran kamu, itu mungkin berarti mereka melakukan hal mereka sendiri. Dan pikiran cenderung menarik ke arah negatif jika kita tidak memperhatikannya.

2. Berdamai dengan rasa sakit

Terkadang, adanya rasa sakit membuat orang justeru lari. Namun tanpa disadari, rasa sakit adalah bagian yang penting dalam hidup dan menjadi bagian penting untuk lebih mencintai diri sendiri. Bahkan, rasa sakit putus asa dalam melakukan suatu hal yang tidak nyaman, tapi kamu sadar jika prosesnya akan baik untuk diri sendiri.

Jadi, nikmati rasa sakit karena sebenarnya penderitaan adalah pilihan. Pada akhirnya, rasa sakit sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari cara mencintai diri sendiri.

Mengenal Butterfly Hug, Cara Tenangkan Diri dengan Pelukan

3. Rasa takut menghalangi kebahagiaan

Banyak pikiran yang tidak terkendali dapat menyebabkan perasaan takut yang menghalangi kamu dalam melakukan apa yang ingin kita lakukan. Oleh sebab itu, penting untuk memperkuat kemampuan kita untuk membedakan antara memahami pesan yang dipandu oleh intuisi.

4. Keluar dari zona nyaman kamu

Jadi dalam hal mencintai diri sendiri, seringkali bukan hanya tentang melakukan apa yang ingin kamu lakukan saat ini atau apa yang paling nyaman bagi kamu saat ini, sebagai situasi kenyamanan kepuasan instan.

Mereka dapat melakukan lebih banyak keburukan daripada mendorong untuk melawan zona nyaman kamu karena itu akan terbayar dalam jangka panjang.

5. Reaktif dengan mood kamu

Cukup bereaksi dan tidak lambat untuk memikirkan dampak yang mungkin ditimbulkannya. Bukan hanya dalam hubungan kita dengan mereka atau bagaimana perasaan mereka, tetapi dalam diri kita sendiri. Setiap perilaku reaktif disimpan dan akan kembali kepada kita dalam bentuk atau wujud tertentu.

6. Lihat pelajaran dalam segala hal dan berlatih move on

Mengakui diri sendiri bahwa seseorang memiliki sesuatu untuk dipelajari membuka kemampuan untuk melihat apa pesannya. Sangat penting untuk move on dari tantangan semacam ini agar tidak terulang kembali dan juga agar kita berkembang dan tidak merasa terpengaruh seperti sebelumnya ketika dihadapkan dengan hal serupa lagi.

Self Acceptance Adalah Hal Penting, Apakah Kamu Memilikinya?

7. Peka dengan kondisi tubuh kamu

Penting juga untuk menyebutkan bahwa jiwa dan tubuh kita saling terkait dengan sempurna. Yang satu tidak pergi tanpa yang lain. Apakah kamu masuk angin? Mungkin tubuh menyuruh untuk memperlambat. Apakah kamu merasa lelah sepanjang waktu? Apakah jantung sering berdebar? Amati diri kamu sendiri dan dengarkan.

8. Lakukan berbagai hal yang kamu suka

Cara mencintai diri sendiri juga bisa berupa hal yang menggairahkan kamu saat melakukan sesuatu. Lakukanlah tanpa ragu. Setelah kamu memahami bahwa melakukan hal-hal yang kamu sukai dan membuat hati kamu bersinar terang akan memberimu lebih banyak kualitas dalam hidup kamu, baik itu di tempat kerja, dalam bisnis, dan dengan hubungan kamu.

9. Bagikan waktu kamu dengan orang-orang

Luangkan waktu sejenak bersama orang-orang terdekat seperti sahabat, kerabat, dan orang tua. Momen sederhana yang sangat berarti tidak akan terulang kembali. Jika ada kesempatan untuk saling bertemu, bertukar cerita, nikmatilah.

Energi positif kamu setelah bertemu dengan orang-orang terdekat akan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan kamu nantinya.

10. Berkomunikasi tanpa rasa takut

Jika kita berkomunikasi dengan diri kita sendiri dengan jujur, meskipun sulit, kita juga dapat melepaskannya dengan lebih mudah. Kemudian, ketika kita mengkomunikasikannya kepada dunia, alam semesta menerima keaslian itu dan memantulkannya kembali kepada kita. Energi akan dimurnikan untuk kita dan topik yang dibahas.

Mungkin tidak semua orang bisa dengan mudah melakukan cara mencintai diri sendiri. Namun, kamu tetap bisa mencobanya meski perlahan, demi kehidupan yang lebih bahagia dan kepribadian yang lebih baik.

Pentingnya mencintai diri sendiri

contoh toxic relationship

Cinta diri adalah aspek penting dari kesehatan mental. Saat self-love diterapkan, kamu akan lebih mudah berpikir positif, termasuk saat marah, kecewa, atau sedih, karena ini adalah bentuk penerimaan diri.

Mencintai diri sendiri adalah landasan yang memungkinkan kita bersikap asertif, membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain, mengejar minat dan impian kita, serta merasa bangga terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, penting untuk mengelola mencintai diri sendiri dengan baik.

Tak hanya bermanfaat untuk membuat kamu merasa tenang dalam menjalani hidup, self-love juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, antara lain:

1. Meningkatkan harga diri

Harga diri memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan mental. Harga diri adalah cara seseorang memandang dan menerima dirinya sendiri, serta merasa percaya diri. Jika mencintai diri sendiri dikelola dengan baik, harga diri akan meningkat.

Tak hanya itu, dengan mencintai diri sendiri, kamu juga akan lebih mudah menghadapi stres dan kuat menghadapi masalah hidup.

Bikin Kagum, Ini Manfaat Percaya Diri Pada Sosok Wanita

2. Mendapatkan kepuasan hidup

Ketika kamu benar-benar mempraktikkan mencintai diri sendiri, kamu akan menerima diri kamu apa adanya. Ini termasuk menerima semua kondisi dalam hidup, baik dan buruk, dan bertanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukan. Semuanya tentu mempengaruhi kepuasan dalam hidup karena kamu memiliki kendali atas diri sendiri.

3. Mengurangi risiko berkembangnya gangguan jiwa

Sulit menerima diri sendiri apa adanya dan tidak nyaman menjadi diri sendiri adalah beberapa hal yang bisa membuat kamu stres.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki self love yang rendah rentan terhadap berbagai gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi mental tetap sehat, penting untuk bisa menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya.

Share artikel ini
Reference