penyebab mimpi basah

Apakah kamu pernah mengalami mimpi basah sebelumnya? Mimpi basah sendiri ternyata tidak hanya dialami oleh remaja lelaki tapi juga pada remaja perempuan. Kamu mungkin bertanya apa sebenarnya penyebab mimpi basah?

Berikut ulasannya.

Mengenal mimpi basah

Mimpi basah dalam dunia medis disebut dengan emisi nokturnal. Istilah ini diartikan sebagai keluarnya air mani yang terjadi di malam hari tanpa sengaja. Jadi, mimpi basah adalah kondisi dimana seseorang mengalami ejakulasi di saat tidur.

Ejakulasi sendiri merupakan keluarnya air mani atau cairan yang mengandung sperma dari penis. Umumnya, kondisi yang satu ini terjadi saat seseorang bermimpi tentang seksual atau sesuatu yang menyebabkan ia berhasrat. 

Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir karena mimpi basah adalah hal yang sangat umum terjadi pada anak laki-laki di masa perkembangan menuju usia dewasa.

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri

Ini adalah hal yang normal terjadi. Saat kondisi ini terjadi, anak laki-laki tidak perlu melakukan masturbasi untuk mencapai ejakulasi.

Namun, karena ketidaktahuan, anak-anak kerap menyangka bahwa air yang keluar ketika ia tidur tersebut adalah karena ia mengompol. Ini dapat terjadi ketika anak-anak baru mengalami mimpi basah untuk pertama kali. 

Kebanyakan orang mungkin menganggap mimpi basah hanya dialami oleh remaja laki-laki, nyatanya mimpi basah juga dapat dialami oleh anak perempuan. Namun, pada perempuan ini bukan menjadi faktor utama pubertas.

Pasalnya, perempuan tidak mengalami ejakulasi seperti laki-laki. Perempuan hanya dapat orgasme selama mimpi tersebut terjadi. 

Apa penyebab mimpi basah?

Mungkin sedikit unik ketika kita berpikir bagaimana kebanyakan remaja mengalami mimpi basah hingga ejakulasi. Namun, penyebab mimpi basah sendiri belum diketahui secara pasti.

1.  Kurangnya aktivitas seksual

Mimpi basah kerap kali dikaitkan dengan kurangnya aktivitas seksual atau masturbasi dan orgasme. 

2. Kadar testoteron tinggi

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa kadar testosteron yang lebih tinggi kerap dikaitkan dengan mimpi basah yang lebih sering terjadi.

Selain dikaitkan dengan hormon testosteron yang meningkat, salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan air mani adalah dengan mimpi basah. 

3. Fantasi seksual

Mimpi basah sendiri tidak selalu mencerminkan pengalaman atau preferensi seseorang. Ini karena sifat mimpi seksual ini tidak selalu mencerminkan keinginan seseorang sampai terbawa mimpi. 

Saat tidur, terdapat fase rapid eye movement. Ini adalah fase yang memungkinkan remaja mengalami mimpi basah atau ereksi. Ereksi sendiri adalah ketika penis terasa menjadi lebih keras.

Selama masa pubertas, orang tua disarankan untuk memberikan edukasi mengenai mimpi basah dan normal jika remaja mengalaminya. Terlebih ereksi pada remaja laki-laki juga dapat terjadi pada saat kapan saja, baik ketika mandi, menonton TV, bahkan tidur. 

Cara mengatasi mimpi basah yang terlalu sering 

pola tidur bifasik

Perlu diingat bahwa mimpi basah adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Tidak ada yang dapat memprediksi kapan mimpi basah ini akan terjadi. Mimpi basah sendiri adalah hal yang lazim dialami laki-laki pada saat pubertas.

Ini sebabnya, tidak perlu merasa malu atau merasa bersalah setelah mimpi tersebut terjadi. Beberapa remaja laki-laki mungkin mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu, sedangkan remaja lain mungkin hanya pernah mengalaminya satu kali.

Bahkan, mungkin ada remaja yang tidak pernah mengalaminya sama sekali, dan ini adalah hal yang normal. 

Setelah mengalami mimpi basah, pastikan untuk membersihkan area organ intim sampai bersih ketika bangun tidur. Bersihkan penis dan testis dengan menggunakan sabun dan air bersih.

Setelah itu, kamu bisa melakukan semua aktivitas dengan normal seperti biasanya. 

Namun, jika mimpi basah dirasa terlalu sering atau kamu merasa tidak nyaman, malu dan mempengaruhi kehidupan sosial, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya:

  • Masturbasi, ini mungkin dapat mengurangi mimpi basah karena hasrat atau gairah yang menurun setelah melakukan masturbasi
  • Pada laki-laki yang sudah dewasa atau menikah kamu bisa melakukan hubungan seksual untuk mengurangi frekuensi mimpi basah
  • Hindari tidur dalam posisi tengkurap
  • Lakukan metode relaksasi seperti meditasi sebelum tidur
  • Jangan ragu untuk konsultasi dengan psikolog, ginekolog, urolog, atau sexolog jika kamu merasa terganggu dengan mimpi basah tersebut.
Share artikel ini
Reference