Cara menghilangkan kumis tipis pada wanita

Meskipun dapat membuat wajah terlihat lebih manis, beberapa wanita dengan kumis tipis di wajah membuat kurang percaya diri. Bagi sebagian yang memilikinya, cara menghilangkan kumis pada wanita memang diperlukan.

Agar tahu lebih jelas tentang kumis tipis dan cara menghilangkan kumis pada wanita, yuk simak penjelasan di artikel berikut ini!

Mengenal istilah hirsutisme

Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut berlebihan pada wanita di area di mana rambut pria biasanya tumbuh, seperti bibir atas, dagu, dan dada. Ketebalan rambut wanita sangat ditentukan oleh faktor genetik.

Hirsutisme sendiri merupakan kondisi yang dapat diobati dengan kombinasi perawatan dan pengobatan medis. Kondisi ini biasanya terjadi pada 5-10% wanita dan biasanya bukan merupakan gangguan yang serius.

Kebanyakan wanita tidak memerlukan perawatan medis. Pengobatan medis dapat mengobati hirsutisme, tetapi mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk sembuh. Namun, kondisi ini penyakit yang tidak dapat dicegah.

Gejala hirsutisme

Beberapa tanda dan gejala khas lainnya yang terkait dengan hirsutisme meliputi:

  • Keringat berlebih
  • Jerawat
  • Haid tidak teratur atau tidak haid sama sekali
  • Payudara kecil

Dalam kasus yang parah, gejala hirsutisme juga dapat mencakup pertumbuhan rambut yang cepat, kebotakan, suara yang menjadi lebih berat, perubahan libido, atau masalah kesuburan.

Apa penyebab kumis tipis wanita?

Salah satu penyebab kumis tipis pada wanita adalah keturunan atau faktor genetik. Banyak wanita mengalami gangguan tersebut karena keluarga biologis mereka (seperti ibu) memilikinya.

Selain faktor genetik, munculnya kumis pada wanita juga bisa disebabkan oleh tingginya jumlah androgen (testosteron) di dalam tubuh.

Nah, mengingat banyak sekali penyebab tumbuhnya kumis pada wanita, kondisi ini sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Efek Samping Waxing yang Perlu Diwaspadai, Lebih Baik Cukur?

Cara menghilangkan kumis pada wanita

Masker Wajah Alami untuk Kulit salah satu cara menghilangkan kumis pada wanita

Jika kamu memiliki kumis tipis di sekitar wajah dan ingin menghilangkannya, yuk cari tahu cara menghilangkan kumis pada wanita pada penjelasan di bawah ini!

1. Masker madu dan jus lemon

Salah satu cara menghilangkan kumis pada wanita adalah dengan menggunakan masker bahan alami, seperti jus lemon dan madu. Kandungan madu dapat membantu menarik folikel rambut.

Cara menghilangkan kumis pada wanita menggunakan masker madu dan air jeruk lemon adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dengan satu sendok makan air jeruk lemon dan oleskan campuran tersebut ke area bibir atas. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Masker putih telur

Masker putih telur dianggap sebagai cara menghilangkan kumis pada wanita dengan bahan alami.

Cara menggunakan masker putih telur untuk menghilangkan kumis tipis adalah dengan mencampurkan 1 putih telur dengan satu sendok teh tepung jagung dan 1 sendok makan gula hingga merata dan lembut.

Oleskan campuran bahan-bahan alami tersebut pada area bibir atas. Diamkan selama 20 menit hingga kering dan bersih.

3. Terapi laser

Metode ini menggunakan laser untuk menghancurkan folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut atau jenggot. Namun, beberapa perawatan diperlukan untuk efek maksimal.

Seperti kebanyakan prosedur medis, terapi laser dapat menyebabkan efek samping, termasuk terbakar sinar matahari dan perubahan warna kulit.

4. Intense Pulsed Light (IPL)

Prosedur dan cara kerjanya mirip dengan terapi laser. Namun, jenis lampu yang digunakan berbeda. Terapi IPL menggunakan cahaya dengan panjang gelombang dan intensitas tertentu untuk menghasilkan panas di jaringan kulit. Suhu tinggi ini dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat.

5. Elektrolisis

Proses menghilangkan kumis pada wanita ini dilakukan dengan memasukkan jarum kecil ke setiap folikel rambut dan menerapkan arus listrik untuk menghancurkan folikel dan menghambat pertumbuhan rambut. Sebelum memasukkan jarum, dokter akan memberimu anestesi lokal atau anestesi untuk mencegah rasa sakit.

8 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Tanpa Mencukur, Aman dan Alami Lho!

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kumis tipis pada wanita. Ada cara yang alami dengan masker bahan alami dan cara medis, seperti laser. Jika tidak begitu mengganggu, kamu bisa mencoba cara yang alami terlebih dulu.

Share artikel ini
Reference