Manfaat teh chamomile yang baik untuk tubuh

Apakah kamu pernah minum teh chamomile? Teh ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang menyegarkan. Namun, tahukan kamu bahwa minuman ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, lho. Bahkan, sejak dahulu teh ini sudah dikonsumsi sebagai obat alami untuk kesehatan.

Nah, kira-kira apa saja manfaat teh chamomile yang kamu dapatkan jika rajin mengonsumsinya? Lalu, bagaimana cara membuat teh chamomile yang menyehatkan? Yuk cari tahu jawabannya di artikel ini!

Apa itu chamomile

Chamomile adalah tanaman bunga aster yang merupakan keluarga tanaman Asteraceae. Nama ‘Chamomile’ berasal dari kata Yunani Kuno kamai (tanah) dan melon (apel). Bunga jenis ini tumbuh subur di hampir semua tanah dan memiliki aroma seperti apel yang manis. Bunga ini sering dijadikan teh karena memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan teh ini telah digunakan di banyak negara untuk meredakan gangguan pencernaan dan sebagai obat penenang ringan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa jika mengonsumsi kombinasi chamomile dengan tanaman herbal lain dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. Produk dengan olahan chamomile seperti obat-obatan herbal lainnya juga telah terbukti dapat meredakan gejala sakit perut, mulas, mual, dan muntah.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa chamomile dapat meredakan kondisi lain, seperti diare pada anak-anak, wasir, kecemasan, dan insomnia. Ketika digunakan pada kulit, chamomile dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan penyembuhan luka.

Kandungan dalam chamomile

Banyaknya manfaat pada chamomile tak lain karena zat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini kandungan yang ada dalam chamomile.

  • Chamazulene
  • Apigenin
  • Bisabolol
  • Flavonoid

Bahan aktif tersebut merupakan zat yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan memberikan efek ketenangan pada tubuh. Tak heran, minuman ini dipercaya sebagai minuman teh herbal untuk pengobatan.

Manfaat teh chamomile

Setelah mengetahui pengertian dan kandungan yang terdapat pada chamomile, berikut ini beberapa manfaat teh chamomile yang bagus untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Chamomile memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kualitas tidur, seperti apigenin dan antioksidan. Zat tersebut dapat mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia atau sulit tidur.

Dalam sebuah penelitian, wanita postpartum yang minum teh chamomile selama dua minggu melaporkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak minum teh chamomile. Studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari mampu tertidur 15 menit lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak tersebut.

Temuan ini memang terdengar menjanjikan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sejauh mana efek teh chamomile pada tidur. Meski demikian, minum teh chamomile sebelum tidur tentu patut kamu coba ketika kamu sulit tidur.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan termasuk indikator paling penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, kamu perlu terus menjaga kesehatan pencernaan kamu dengan baik.

Nah, beberapa penelitian telah menemukan bahwa ekstrak chamomile ternyata memiliki potensi untuk melindungi pencernaan dari serangan diare. Hal itu karena teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasinya. Studi lain menemukan chamomile membantu dalam mencegah sakit maag, karena dapat mengurangi keasaman di perut dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berkontribusi terhadap perkembangan maag.

3. Dapat Melindungi tubuh dari Jenis Kanker Tertentu

Antioksidan yang ditemukan dalam teh chamomile juga dapat menurunkan risiko tubuh dari jenis kanker tertentu. Selain itu, dalam penelitian tabung reaksi, kandungan apigenin dalam chamomile terbukti mampu melawan sel kanker, terutama pada payudara, saluran pencernaan, kulit, prostat, dan rahim.

Adapun penelitian terhadap 537 orang mengamati bahwa mereka yang minum teh chamomile 2-6 kali per minggu secara signifikan lebih kecil kemungkinannya terkena kanker tiroid daripada mereka yang tidak minum teh chamomile. Namun di sisi lain, perlu penelitian yang lebih berkualitas tinggi untuk membuat kesimpulan mengenai peran teh chamomile dalam pencegahan kanker.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat teh chamomile berikutnya adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu karena chamomile memiliki kandungan antioksidan serta antibakteri yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Menurut penelitian, mengonsumsi teh chamomile secara rutin dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit flu, batuk, dan pilek. Bahkan ketika terjangkit flu, teh chamomile mampu mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan sakit flu.

5. Mengurangi nyeri haid

Nyeri haid yang parah tentu dapat sangat mengganggu aktivitas jika tidak segera ditangani. Nah, salah satu cara manfaat teh chamomile adalah mampu meredakan kram perut saat haid.

Sebuah studi dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology, and Infertility menyebutkan bahwa wanita yang minum teh chamomile setiap hari, nyeri haid yang biasa dialami akan jauh berkurang. Nah, jika kamu sering mengalami nyeri haid, kamu bisa coba untuk mengonsumsi teh chamomile secara rutin.

6. Memberikan efek menenangkan

Terakhir, manfaat teh chamomile dapat digunakan sebagai minuman untuk menenangkan. Hal itu karena dalam minuman ini terdapat zat yang mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh. Sehingga mampu memberikan efek relax pada tubuh. Kamu bisa mengonsumsi minuman ini 2 cangkir dalam sehari untuk mendapatkan khasiat menenangkan tubuh.

Efek samping teh chamomile

Teh chamomile memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa ahli juga mengatakan chamomile aman untuk dikonsumsi dalam takaran tertentu. Meskipun begitu, minuman ini juga dapat memicu efek samping jika dikonsumsi dalam dosis yang tidak sesuai. Berikut ini beberapa efek samping teh chamomile yang perlu kamu perhatikan.

  • Dapat menyebabkan kantuk
  • Berpotensi memicu reaksi alergi pada orang yang alergi terhadap tanaman bunga aster, meskipun reaksi seperti itu sangat jarang terjadi
  • Menyebabkan eksim alergi

Mengingat belum terbukti secara pasti keamanan jangka panjangnya, chamomile tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui. Di samping itu, cobalah konsultasikan dengan dokter anak sebelum memberikan chamomile kepada bayi dan anak-anak.

Cara membuat teh chamomile

Bagaimana kamu tertarik membuat teh chamomile sendiri di rumah? Caranya sangat mudah kok. Berikut ini bahan dan langkah-langkah membuatnya:

Bahan:

  • 1 genggam bunga chamomile segar (tambahkan jumlah kelopak untuk teh yang lebih kuat)
  • 8 ons air mendidih
  • 2 daun mint apel (opsional)

Langkah-langkah membuat teh chamomile yang bermanfaat:

  • Petik bunga segar dengan membuang seluruh kepala bunga dari batangnya.
  • Bilas bunga chamomile dengan air hangat dan keringkan.
  • Teh chamomile paling baik dibuat menggunakan bunga yang baru dipanen.
  • Jika perlu, simpan bunga di lemari es hingga 48 jam. Bungkus kelopak bunga dengan handuk kertas basah dan simpan dalam wadah kedap udara.
  • Rebus air dalam teko teh atau panci besar di atas kompor. Ketel teh infus adalah pilihan terbaik untuk teh bunga segar karena memiliki perangkat built-in untuk menjaga kelopak tetap terpisah.
  • Usahakan selalu gunakan air murni atau mata air dan bukan air keran panas saat menyeduh teh untuk mempertahankan rasa.
  • Tempatkan kelopak bunga dalam infuser dan biarkan teh terendam dalam ketel atau panci selama 5 menit.
  • Buang kelopak bunga sebelum dituangkan ke dalam cangkir dan teh chamomile siap untuk kamu nikmati.
Share artikel ini
Reference