keputihan seperti ampas tahu

Keputihan adalah hal yang normal, dalam kebanyakan kasus keputihan ini hasil dari pembersihan vagina untuk mencegah infeksi. Lantas bagaimana dengan keputihan seperti ampas tahu? Apakah ini merupakan keputihan yang normal dan tidak perlu diwaspadai? Simak ulasan berikut ini untuk memperoleh jawabannya. 

Keputihan seperti ampas tahu, normal atau bahaya?

Keputihan menggumpal seperti ampas tahu dapat menjadi indikasi masalah pada kesehatan vagina, yakni infeksi jamur seperti kandidiasis vagina. Kandidiasis sendiri merupakan infeksi jamur dari Candida albicans. Jamur yang satu ini umumnya ditemukan pada saluran usus, kulit, mulut dan juga area genita. 

Hadirnya jamur ini sebenarnya tidak menyebabkan masalah namun jika tumbuh secara berlebih dapat menyebabkan keputihan menggumpal, berbau dan kental. Bukan hanya itu, ini juga dapat menyebabkan vagina terasa gatal. 

Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, infeksi jamur dapat berubah menjadi penyakit kronis yang perlu diwaspadai. 

Keputihan Warna Putih Susu, Apakah Normal? Ini Dia Penyebabnya!

Penyebab keputihan seperti ampas tahu

Selain karena infeksi jamur, ada beberapa penyebab lain munculnya keputihan seperti ampas tahu, yakni:

1. Vaginosis bakterialis

Bacterial vaginosis terjadi ketika jumlah bakteri di dalam vagina terlalu banyak atau berlebih. Salah satu tanda dari kondisi yang satu ini adalah keputihan yang kental dan menggumpal. Selain itu, tanda lainnya yakni adanya bau amis yang cukup kuat, apalagi setelah melakukan hubungan seksual. 

Beberapa tanda dari vaginosis bakterialis juga adanya perubahan pada konsistensi dan warna keputihan. Misalnya, keputihan menjadi lebih encer atau warnanya sedikit keabu-abuan. 

Umumnya, vaginosis bakterialis bukanlah kondisi yang serius, namun bukan berarti tidak perlu diobati. Kamu tetap memerlukan pengobatan dengan antibiotik untuk mengatasinya. 

Pastikan untuk konsultasi ke dokter, apalagi jika kamu sedang hamil. Pasalnya, kondisi yang satu ini dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. 

2. Trikomoniasis

Penyebab lain dari keputihan yang menggumpal seperti ampas tahu adalah trikomoniasis. Infeksi kelamin yang satu ini ditularkan melalui hubungan seksual. Tanda seseorang mengalami trikomoniasis adalah mengalami keputihan dengan tekstur yang kental dan berbau menyengat. Warna keputihan sendiri dapat berubah menjadi kuning kehijauan. Tanda lainnya adalah bagina terasa gatal. Bukan hanya itu, trikomoniasis juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika buang air kecil dan berhubungan seksual. 

3. Klamidia

Klamidia adalah salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Bakteri yang satu ini dapat menginfeksi saluran kencing, leher rahim, mata dan juga tenggorokan. 

Klamidia perlu segera ditangani, pasalnya jika tidak, kondisi ini dapat menyebabkan masalah serius. Salah satu gejala dari klamidia adalah mengalami keputihan tidak normal yang ditandai dengan keputihan kental berwarna kekuningan dan disertai dengan bau busuk. 

4. Herpes genital

Penyebab selanjutnya adalah herpes genital. Kondisi ini juga termasuk dalam penyakit menular seksual. Herpes genital disebabkan oleh penyebaran virus herpes simpleks. Kondisi yang satu ini dapat dialami oleh wanita dan pria. Selain keputihan, tanda lain yang muncul adanya luka melepuh dan nyeri pada area sekitar anus dan kelamin. Selain itu, wanita juga dapat mengalami keputihan yang cukup banyak dan disertai dengan bau yang menyengat. 

Keputihan Cair Seperti Air, Normal atau Berbahaya?

Cara mengatasi keputihan seperti ampas tahu

Cara mengatasi keputihan seperti ampas tahu

Ada beberapa cara untuk mengatasi keputihan seperti tahu yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, yakni:

  • Bersihkan vagina dengan tepat
  • Hindari menggunakan produk kewanitaan. Pasalnya, produk-produk kewanitaan ini dapat merusak keseimbangan mikrobiota alami yang terdapat di dalam vagina
  • Gunakan kompres dingin untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman, seperti gatal atau bengkak. 
  • Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti keputihan dan mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. 

11 Cara Mengobati Keputihan Berwarna Kuning Secara Alami

Kapan harus ke dokter saat terjadi keputihan seperti ampas tahu 

Meskipun keputihan merupakan kondisi yang normal, namun konsultasikan kondisi ini ke dokter sangatlah penting. Apalagi, jika keputihan disertai dengan tekstur yang menggumpal dan berbau. 

Keputihan yang disebabkan karena bakteri, infeksi jamur, dan virus tertentu memerlukan penanganan dari dokter. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada organ kewanitaan. 

Nantinya, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan serta memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi pasien. Pemeriksaan yang umum dilakukan adalah, jumlah keputihan, aroma, dan observasi warna.

Share artikel ini
Reference