darah nifas

Darah nifas (lokia) adalah darah yang keluar ketika wanita setelah melahirkan. Baik melahirkan normal maupun caesar, akan mengalami keluarnya darah ini. 

Darah yang satu ini tampak seperti menstruasi namun darah yang dikeluarkan lebih banyak. Ini karena tubuh tengah mengeluarkan lapisan rahim yang luruh serta darah berlebih yang keluar pada persalinan.

Berapa lama darah nifas keluar?

Umumnya wanita setelah melahirkan akan mengalami keluarnya darah nifas. Waktu lamanya darah ini keluar bisa berbeda pada tiap wanita, namun umumnya terjadi selama 4 sampai 6 minggu setelah masa persalinan ibu. 

Dalam jangka waktu ini, ada sejumlah perubahan darah lokia dari hari ke hari, berikut sejumlah perubahannya:

Hari ke-1

Pada hari pertama, darah akan berwarna terang atau merah dan agak kecoklatan. Ini dikarenakan pada masa ini masih banyak kandungan darah dibandingkan jaringan yang berasal dari rahim.

Hari ke-2 hingga ke-6

Pada rentang hari ini, tekstur darah akan menjadi lebih berair. Selain itu, warna darah juga menjadi merah muda atau coklat tua.

Hari ke-7 hingga ke-10

Dari warna darah yang semula merah muda atau coklat tua, akan kembali berubah menjadi warna putih agak kekuningan di hari ke 7 sampai 10. Ini karena darah lebih banyak mengandung sel darah putih dan juga serpihan jaringan yang berasal dari rahim ibu.

Hari ke-11 sampai ke-14

Pada rentang hari ini warna darah pun akan kembali berubah, yakni menjadi putih kekukingan. Selain itu, jika ibu ternyata sudah aktif kembali, maka darah kembali berubah warna menjadi merah.

Biar Tak Salah, Cara Membedakan Bau Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

Minggu ke-3 sampai ke-4

Pada minggu ini, warna cairan berubah menjadi putih kekuningan atau warnanya menjadi lebih pucat. 

Minggu ke-6

Saat memasuki minggu ke-6, maka jumlah darah nifas akan jauh lebih sedikit. Sedangkan, warna cairan menjadi putih kekuningan. 

Namun, ibu juga dapat mengalami perubahan warna darah kembali seperti menjadi merah muda atau coklat. Umumnya, perubahan warna darah ini terjadi ketika ibu melakukan aktivitas berat.

Ciri darah haid setelah nifas

Darah nifas dan haid memang sekilas mirip. Sehingga ketika haid muncul, beberapa ibu mungkin mengira bahwa mereka masih mengalami nifas. Lantas, apa saja ciri darah haid setelah nifas? Berikut sejumlah tandanya.

  1. Haid muncul setelah darah nifas berhenti.
  2. Tidak seperti masa nifas dimana pendarahan berlangsung selama lebih dari seminggu, darah haid hanya berlangsung 3-7 hari.
  3. Darah haid juga bisa lebih banyak dibanding darah haid sebelum masa kehamilan.

Warna darah nifas akhir

penyebab darah haid sedikit dan berlendir

Lokia atau darah nifas memang mengalami sejumlah perubahan warna dari waktu ke waktu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Awal keluar, warna darah ini berwarna terang hingga lama kelamaan berubah menjadi coklat. Lalu, jika sudah sekitar 6 minggu atau 40 hari setelah masa melahirkan, cairan akan berangsur hilang hingga benar-benar bersih.

Apa Penyebab Darah Haid Sedikit dan Berlendir?

Ciri darah nifas sudah bersih

Sebarnya cukup mudah untuk mengetahui apakah nifas sudah selesai atau belum. Cirinya adalah dengan melihat ada tidaknya darah yang masih keluar. 

Jumlah darah yang keluar selama masa nifas akan semakin berkurang dan semakin sedikit setiap harinya. Pada masa akhir mada ini, jumlah darah akan semakin sedikit, warna merah pun pudar dan hanya berbentuk bercak hingga akhirnya benar-benar berhenti.

Meskipun umumnya masa nifas terjadi selama 40 hari namun, pada beberapa wanita bisa berhenti lebih cepat. Ini masih termasuk normal dan tidak perlu terlalu khawatir. Ketika darah sudah tidak keluar lagi, maka ini adalah tanda sudah bersih.

Kenali Ciri Darah Haid yang Normal Berikut Ini!

Darah nifas keluar sedikit normalkah

Darah nifas memang umumnya lebih banyak dan lebih lama dari darah yang keluar pada saat menstruasi. Lalu, bagaimana dengan darah nifas yang keluar sedikit.

Darah yang keluar lebih sedikit lebih umum dialami oleh wanita yang melahirkan melalui operasi caesar. Namun, durasi waktu keluar darah ini tetap sama yakni selama beberapa minggu. 

Selain itu, terjadi lupa perubahan warna darah dari mulai merah, darah haid berwarna coklat sampai dengan putih kekuningan dan benar-benar hilang.

Namun, jika darah terlalu sedikit dan kamu merasa khawatir dengan kondisi tersebut, kamu bisa langsung hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Share artikel ini
Reference