Dikenal akan tinggi manfaat, bengkoang memang kerap disantap dalam berbagai situasi dan olahan. Bengkoang sering dijadikan salah satu buah untuk rujak yang nikmat dan segar.

Rupanya tidak hanya itu, nutrisi pada bengkoang juga sangat tinggi dan cukup lengkap sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan tekstur yang renyah, berair dan mempunyai rasa agak manis, bengkoang dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai buah pelengkap kesehatan.

Namun apakah berapakah kalori bengkoang sehingga cukup aman dikonsumsi pada saat diet? Simak ulasan lengkapnya berikut ini

Kalori bengkoang

Kalori bengkoang diketahui cukup rendah sehingga tetap aman untuk dikonsumsi pada saat berdiet.

Bahkan buah ini juga salah satu yang banyak direkomendasi para ahli karena padat nutrisi dan mempunyai kalori yang rendah.

Salah satu manfaat dari bengkoang yaitu dapat menjaga berat badan ideal. Kandungan serat pada bengkuang dapat menjaga tubuh tetap dapat terhidrasi dengan baik.

Air dan seratnya cukup tinggi sehingga tetap aman dikonsumsi saat kamu tengah ingin menurunkan berat badan. Serat pada bengkoang juga diketahui dapat menjaga gula darah stabil dan tidak cepat naik usai makan.

Menurut US Department Of Agriculture, dalam 136 gram bengkoang terdapat 58 kalori. Kalori bengkoang termasuk masih rendah dan dapat dikonsumsi setiap hari agar mencukupi kebutuhan akan kalori harian.

Menurut Fat secret, berikut nilai informasi gizi dari 100 gram bengkoang yaitu:

  • 38 kalori
  • 0,09 gr lemak
  • 8,82 gr karbohidrat
  • 0,72 gr protein

Tentunya tidak mengherankan jika bengkoang bisa menjadi camilan sehat yang kamu pilih meskipun saat berdiet ya. Lalu apa saja kandungan nutrisi dalam bengkoang sehingga manfaatnya sangat tinggi untuk kesehatan?

Kandungan gizi bengkuang

berapa kalori bengkoang

Selain kalori bengkoang yang relatif rendah, buah berwarna putih bersih ini juga diketahui sering menjadi bahan utama dalam produk perawatan kulit karena sifat anti inflamasi yang terdapat dalam bengkoang.

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam 100 gram bengkoang menurut laman Medical News Today, yaitu:

  • 38 kalori
  • 8.82 gr karbohidrat
  • 1.80 gr gula
  • 0.09 gr lemak
  • 0.72 gr protein
  • 4.90 gr serat
  • 150 mg potassium
  • 12 mg kalsium
  • 20.20 mg vitamin c

Beragam nutrisi yang terdapat pada bengkoang tidak heran menjadikan buah manis berair ini sebagai buah penuh manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan, lho. Apa saja manfaatnya?

Kulit Sehat dengan Masker Wajah Alami, Inilah Bahan dan Caranya

Manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan

Dikenal akan kaya manfaat, yuk coba ketahui apa saja khasiat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan di bawah ini:

1. Kaya antioksidan

Zat oksidatif radikal bebas dapat merusak sel tubuh sehingga menyebabkan penyakit kronis yang serius.

Kandungan antioksidan pada bengkoang diketahui dapat mencegah kerusakan sel sehingga mengurangi berbagai faktor masalah kesehatan yang dapat menyerang tubuh.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan dalam kalori bengkoang diketahui dapat meningkatkan fungsi otak, kemampuan belajar dan kesehatan otak karena senyawa uniknya bernama diosgenin.

Senyawa ini dapat meningkatkan pertumbuhan neuron pada otak dan semaki menyehatkannya.

3. Mengatasi peradangan

Peradangan bisa terjadi kapan saja dan mengendurkan otot perut hingga panggul.

Manfaat bengkoang yang mempunyai sifat anti inflamasi dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh hingga mengelola peradangan yang cukup kronis.

4. Membentuk gigi dan tulang sehat

Kandungan fosfor pada bengkoang dapat membantu ibu hamil untuk mendapatkan cukup nutrisi agar kesehatan gigi dan tulangnya dapat terjaga.

Pertumbuhan gigi dan tulang sering mengalami masalah pada masa kehamilan yang dapat diatasi dengan konsumsi bengkoang secara rutin.

5. Memperlancar pencernaan

Membantu sistem pencernaan tetap aman dan stabil, kandungan serat alami pada kalori bengkoang dapat mengatasi gejala sembelit dan memperbaiki sistem pencernaan menjadi jauh lebih sehat dengan meningkatkan frekuensi untuk buang air besar secara teratur.

6. Mencerahkan kulit wajah

Wajah kusam memang sejak dulu sering diatasi dengan menggunakan bengkoang sebagai masker alami.

Manfaat kecantikan pada bengkoang bisa didapat melalui konsumsi langsung atau menggunakan bengkoang sebagai masker wajah rutin untuk mencegah flek hitam dan kusam di wajah.

7. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah manfaat lain dari bengkoang yaitu dapat menjaga kesehatan jantung karena serat larut pada buah bermanfaat ini.

Mengandung kalium yang dapat melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah sehingga menyehatkan jantung dari serangan penyakit yang mendadak.

8. Mengurangi risiko kanker

Risiko kanker dapat diminimalisir dengan konsumsi bengkoang secara rutin. Kandungan beta karoten, vitamin dan seleniumnya dapat menyehatkan usus dari risiko kanker dan menyehatkan pencernaan.

9. Menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang diet, tidak perlu khawatir saat mengonsumsi bengkoang karena buah ini relatif rendah kalori dengan manfaat menurunkan berat badan agar tetap stabil.

Bengkoang juga dapat mencegah kenaikan gula darah dan memenuhi perasaan kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

10. Membantu ibu hamil mendapatkan serat

Ibu hamil terkadang kesulitan untuk mendapatkan serat yang cukup sehingga menyebabkan sembelit.

Mengonsumsi bengkoang pada ibu hamil dapat mencegah sembelit dan permasalah pencernaan.

11. Menjaga imunitas tubuh

Memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, bengkoang dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima, melawan peradangan dan penyakit dari berbagai macam kuman.

12. Menjaga gula darah

Mengatasi gula darah tetap stabil, bengkoang dapat menjadi buah andalan dan cemilan untuk penderita gula darah yang tinggi.

Indeks glikemik pada bengkoang termasuk rendah sehingga tidak mempengaruhi kadar gula dalam darah.

13. Menenangkan saraf yang tegang

Tak ketinggalan manfaat lain dari bengkoang yaitu dapat melemaskan otot dan saraf yang tegang akibat stres.

Ibu hamil sering merasakan ototnya bertambah tegang saat stres sehingga konsumsi bengkoang akan meringankan tanpa harus mengonsumsi banyak obat lagi.

Kalori yang rendah dengan nutrisi tinggi bisa menjadikan bengkoang sebagai cemilan favorit kamu sehari-hari. Tidak perlu takut gemuk karena buah ini bisa mendukung program penurunan badan kamu.

Share artikel ini
Reference