manfaat bengkoang untuk wajah

Manfaat bengkoang untuk wajah memang tak perlu diragukan lagi. Resep turun-temurun dari leluhur kita menunjukkan bahwa buah putih satu ini sudah terbukti khasiatnya.

Selain manfaat bengkoang untuk wajah, kamu juga bisa mengaplikasikan bengkoang pada bagian tubuh lainnya untuk mendapatkan manfaat lebih. Karena ternyata, ada lebih banyak fakta menakjubkan dari buah yang satu ini.

Manfaat bengkoang untuk wajah

7 Manfaat Vitamin E untuk Wajah dan Cara Menggunakannya1. Mencerahkan kulit

Buah bengkoang atau juga disebut bengkuang memiliki kandungan pati yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Pati buah ini dipercaya dapat mencerahkan kulit dengan cara menghilangkan flek hitam atau noda kusam di wajah. Oleh karena itu, bengkuang dapat membuat wajah lebih cerah.

2. Mencegah penuaan

Bengkuang mengandung vitamin C yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun tidak hanya itu, Vitamin C ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan.

3. Merawat kulit agar tampak sehat

Bengkuang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Vitamin B dan vitamin C adalah di antaranya. Vitamin tersebut dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.

4. Menghilangkan jerawat

Manfaat ini sudah dikenal sejak dahulu kala dan menjadi rahasia para mantan ratu kerajaan. Salah satu manfaat buah ini adalah dapat menghilangkan jerawat di wajah. 

Kandungan ragi di dalamnya dapat membantu kamu untuk mencegah bahkan menghilangkan jerawat di wajah. Masker bengkok adalah pilihan yang cocok untuk ini.

6 Manfaat Tepung Beras untuk Wajah, Bisa Cerahkan Kulit!

Manfaat bengkoang lain untuk kesehatan

Manfaat bengkoang lebih dari sebatas untuk wajah. Bahkan cara pengaplikasian yang sama seperti di atas dapat dilakukan pada tubuh bagian lain.

5. Membantu pembentukan bakteri baik

Serat yang terdapat pada bengkuang sering kali mengandung oligofructose inunlin. Serat ini memiliki nol kalori dan tidak dapat dengan mudah dimetabolisme dalam tubuh kita. 

Inulin membantu pembentukan bakteri baik dan dengan demikian membantu menjaga kekebalan yang seimbang dan usus besar yang sehat.

6. Bengkoang baik untuk pencernaan

Tingkat serat yang tinggi dalam bengkuang menambah ‘materi’ ke dalam tinja dan membantu gerakan halusnya melalui saluran pencernaan dan dengan demikian mencegah sembelit. 

Selain itu, bengkuang mengandung inulin oligofruktosa yang manis, karbohidrat lembam yang tidak terurai menjadi gula sederhana. 

Hal ini memungkinkan penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan manis tanpa mengkhawatirkan kadar gula darahnya. Orang yang menghadapi diabetes gestasional dan diabetes tipe 2 juga mengkonsumsi bengkuang.

18 Makanan dan Minuman Sebagai Menu Diet Diabetes Terbaik

7. Mengatur tekanan darah

Buah putih satu ini adalah sumber potasium yang baik yang merupakan vasodilator. Jadi, buah ini dapat membantu mengatur tekanan darah dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, dan dengan demikian menurunkan tekanan pada seluruh sistem kardiovaskular. 

Kalium yang hadir dalam bengkuang juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita yang bertentangan dengan natrium.

8. Baik untuk otak

Vitamin B6 dalam bengkuang merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan fungsi otak. Vitamin B6 juga membantu memecah semua protein tubuh menjadi protein dan asam amino lain yang membantu meningkatkan proses metabolisme dan fungsi berbagai organ. 

9. Menghidrasi tubuh dan mengurangi tumpukan lemak

macam-macam diet

Bengkuang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti fosfor, natrium, zat besi, dan magnesium. Bersama dengan kadar air yang tinggi, bengkoang membantu menghidrasi tubuh.

Sebagai efeknya akan membantu tubuh membantu mengurangi timbunan lemak sekaligus membuat kenyang dan mencegahmu makan berlebihan dan karenanya, dapat membantu menurunkan berat badan.

10. Mengurangi peradangan

Bengkuang mengandung vitamin E, yang bila digabungkan dengan vitamin C membantu mengurangi peradangan, baik pada kulit maupun di dalam tubuh.

11. Sebagai fitoestrogen

Bengkuang atau dengan nama lain jicama, berfungsi sebagai fitoestrogen alami (penyeimbang hormon) untuk wanita yang lebih tua, saat produksi estrogen berhenti pascamenopause. Hilangnya estrogen menyebabkan tulang rapuh, kulit keriput, dan masalah lainnya.

12. Mengurangi risiko masalah kardiovaskular

Bengkuang telah membuktikan sifat anti-homosistein dan membantu menurunkan kadar asam amino. Homosistein adalah salah satu asam amino yang bertanggung jawab menyebabkan penyakit jantung dan ginjal. 

Dengan menurunkan kadar homocysteine, jicama membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

13. Meningkatkan sirkulasi darah

Tembaga dan besi, dua elemen penting dari sel darah merah, ditemukan di bengkuang. Mereka membantu menjaga sirkulasi darah yang tepat melalui pembuluh darah. Dengan demikian membantu mencegah anemia dan merangsang berfungsinya organ tubuh.

14. Meningkatkan mood 

Vitamin-B6 pada buah putih yang satu ini memiliki efek langsung pada pemancar yang bertanggung jawab untuk mengendalikan suasana hati kita. Mereka membantu dalam mencegah depresi, kecemasan, kelelahan dan rasa sakit.

Cara membuat masker bengkoang 

cara membuat masker daun jambu biji

Sangat mudah untuk membuat masker benkoang sendiri di rumah. Yang kamu butuhkan hanyalah bengkuang segar, pisau, parutan, mangkuk, dan kuas.

  1. Siapkan bengkuang segar ukuran sedang
  2. Kupas bengkuang dan cuci dengan air bersih
  3. Parut bengkoang
  4. Gunakan jus sebagai masker wajah. Kamu dapat menggunakan kuas untuk mempermudah pengaplikasian masker.
  5. Biarkan selama 15 menit
  6. Bilas dengan air hangat

Cara lainnya adalah dengan menggunakan masker bengkuang pada malam hari, baik dalam bentuk lembaran atau jus. Kemudian membilasnya dengan air pada siang hari. 

Lakukan 2-3 kali seminggu. Dengan disiplin dan kesabaran, kamu akan mendapatkan kulit jadi lebih sehat.

Daun Jambu Biji Untuk Wajah: Sarat Akan Manfaat, Yuk Simak Cara Membuat Maskernya!

Share artikel ini
Reference