Menderita hepatitis B memang sangat membatasi aktivitas penderita, mulai dari gejala yang membuat penderitanya merasa kesakitan dan tidak nyaman hingga kebiasaan makan yang wajib dibatasi. 

Hepatitis B sendiri kerap tidak menunjukkan gejala. Namun, jika virus hepatitis B telah menyebabkan kerusakan hati yang cukup parah, penderitanya mungkin mengalami beberapa gejala, seperti penyakit kuning, demam, kehilangan nafsu makan, nyeri dada, nyeri perut, dan nyeri sendi. 

Sampai saat ini, pengobatan untuk pasien dengan hepatitis B adalah vaksinasi hepatitis B dan suntikan imunoglobulin. Namun, agar gejalanya tidak semangat parah, makanan untuk penderita hepatitis B juga harus diperhatikan. Simak apa saja makanan yang tepat untuk penderita penyakit ini!

Makanan untuk penderita hepatitis B

Hari hepatitis sedunia

Penderita hepatitis B perlu mengonsumsi makanan yang bergizi tertentu. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Sayuran hijau

Sayuran merupakan makanan yang wajib ada dalam menu sehari-hari jika ingin menerapkan pola hidup sehat, tak terkecuali bagi penderita hepatitis B.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau, yaitu potasium, serat, vitamin C, betakaroten, dan asam folat, dapat berperan sebagai antioksidan melawan kerusakan sel.

Selain itu, menurut penelitian, sayuran hijau ini mengandung bahan yang memiliki kemampuan menurunkan komposisi asam lemak di hati.

2. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat umumnya dihindari saat seseorang berusaha menjaga berat badan. Padahal, makanan berkarbohidrat selalu diperlukan untuk diet seimbang dan berdampak baik pada penderita hepatitis B.

Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasi merah, pasta, dan roti yang terbuat dari gandum utuh dan jagung. Karbohidrat kompleks juga mengandung seng dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan hati.

3. Protein

Manfaat diet protein

Makanan berprotein tinggi sangat penting bagi pasien hepatitis B karena dapat melawan infeksi dan menyembuhkan sel hati yang rusak.

Protein dapat membangun dan mempertahankan massa otot dan membantu memperbaiki jaringan tubuh. Jumlah protein yang disarankan per hari adalah 1,25 hingga 1,5 g/kg berat badan.

Beberapa makanan kaya protein yang baik untuk penderita hepatitis adalah makanan laut, dada ayam, kacang-kacangan, telur, produk susu, produk kedelai.

4. Lemak baik

Lemak memiliki fungsi untuk menyimpan energi, melindungi jaringan dalam tubuh, dan mengangkut vitamin dalam darah.

Oleh karena itu, makanan yang mengandung lemak selalu diperlukan untuk menu makanan penderita hepatitis. Ganti lemak dalam daging merah dengan lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan salmon.

Kandungan lemak pada makanan tersebut merupakan jenis lemak tak jenuh yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, ahli kesehatan tetap menganjurkan penderita hepatitis B membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak baik.

5. Kafein

Banyak orang tidak tahu bahwa minuman berkafein seperti kopi ternyata bisa mengurangi risiko kerusakan hati akibat hepatitis.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang minum kopi minimal 2 cangkir per hari mengalami fibrosis hati yang lebih ringan.

Jika kamu ingin merasakan manfaatnya, minumlah kopi dengan cara yang sehat tanpa tambahan pemanis atau krim. Jika tidak suka kopi pahit, kamu bisa menambahkan susu almond atau susu kedelai.

Hepatitis Akut: Kenali Gejala dan Pengobatannya

Pantangan makanan untuk penderita hepatitis B

Macam-macam Makanan Forzen Food

Berikut adalah daftar pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita hepatitis:

  1. Makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, produk olahan daging, dan minyak goreng harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko komplikasi.
  2. Garam: Penderita hepatitis B harus menghindari makanan yang tinggi garam karena dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan retensi cairan.
  3. Alkohol: Penderita hepatitis B harus menghindari alkohol karena dapat meningkatkan kerusakan hati.
  4. Makanan yang digoreng, seperti keripik, kentang goreng, dan makanan cepat saji harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko komplikasi.
  5. Makanan yang tinggi kalori, seperti makanan cepat saji, kue, dan makanan yang diproses karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan tekanan darah yang tidak stabil.
  6. Makanan olahan, seperti makanan siap saji, makanan beku dll harus dihindari karena mengandung bahan kimia yang dapat merusak hati.
  7. Makanan yang mengandung banyak asam, seperti jeruk, tomat, dll harus dihindari karena dapat merusak hati.
  8. Makanan yang mengandung banyak rempah-rempah, seperti bumbu dapur harus dihindari karena dapat merusak hati.

Nah, itu dia beberapa makanan untuk penderita hepatitis B serta makanan yang wajib dihindari. Selalu jaga kesehatan ya!

Share artikel ini
Reference