telat haid

Telat haid bagi sebagian wanita menjadi indikasi kehamilan, apalagi jika sudah telat 2 bulan. Tentunya hal ini bisa menjadi perhatian dan sebaiknya segera konsultasi ke dokter jika biasanya haid datang teratur sesuai siklusnya.

Namun ternyata, kehamilan bukan menjadi sebab telat haid satu-satunya, lho. Yuk kenali penyebab telat haid 2 bulan tapi keputihan di bawah ini, ladies!

Penyebab telat haid 2 bulan tapi keputihan

Telat haid sering menimbulkan kekhawatiran akan banyak hal. Apakah pertanda kehamilan? Atau pertanda lain? Faktanya, telat haid tidak hanya disebabkan kehamilan. Apalagi jika ternyata keputihan muncul sekurangnya 2 bulan bersamaan dengan telat haid tersebut. 

perbedaan telat haid dengan hamil

Telat haid namun muncul keputihan bisa menjadi petunjuk bahwa tubuh kamu sedang tidak baik-baik saja. Periode menstruasi yang terlambat bisa dipengaruhi oleh faktor kehamilan, hormonal hingga perimenopause. Ketahui penyebab telat haid yang disertai dengan keputihan:

1. Perubahan berat badan

Telat haid 2 bulan tapi keputihan bisa disebabkan karena perubahan berat badan yang cukup ekstrim baik itu bertambah atau berkurang.

Alasan utamanya adalah jaringan adiposa atau jaringan lemak dapat terlibat peradangan saat membuat hormon estrogen dan molekul lainnya. Efeknya dapat menjalar ke siklus menstruasi yang tidak teratur.

2. Hormon

Perubahan hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan telat haid dan keputihan. Hal ini berkaitan dengan masa ovulasi dimana terdapat hormon luteinizing yang membangun lapisan rahim atau progesterone.

Pastikan kembali untuk mencatat siklus menstruasi secara teratur yang biasanya berlangsung antara 21-35 hari.

Ciri-Ciri Wanita Hormon Tinggi, Apakah Bahaya?

3. Penyakit radang panggul

Radang panggul terjadi karena infeksi bamteri mausk ke vgina dan menyebar ke rahim lalu disalurkan ke organ intim.

Penyakit ini biasanya ditularkan lewat kontak seksual yang menyebabkan menstruasi tidak teratur hingga keputihan. Selain itu gejala lain seperti demam, nyeri panggul, mual, muntah dan diare juga akan terasa ketika mulai terinfeksi.

4. Sindrom iritasi usus

Sindrom iritasi usus ternyata dapat menjadi sebab telat haid 2 bulan tetapi tetap mengalami keputihan. Biasanya ditandai dengan kram perut atau sakit perut meskipun tidak haid, kembung, terdapat lendir pada kotoran, perubahan gerakan usus dan sebagainya.

Sindrom ini dapat ditangani dengan gaya hidup sea, terapi, pengobatan, probiotik dan sebagainya.

5. PCOS

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan kondisi reproduksi yang membuat siklus menstruasi terlewat atau tidak teratur.

Namun jangan khawatir ya, ladies, jika kamu tidak mengalami gejala ini, berarti kamu tidak selalu memiliki PCOS walaupun menstruasi tidak teratur, seperti:

  • Produksi androgen berlebihan atau hormon testosterone
  • Menstruasi tidak teratur bahkan berhenti
  • Rambut rontok
  • Infertilitas
  • Penambahan berat badan
  • Ovarium membesar
  • Hirsutisme atau pertumbuhan rambut yang berlebihan
  • Nyeri punggung
  • Sakit kepala
  • Jerawat dsb

PCOS masih dapat ditangani dengan perubahan gaya hidup dan tindakan intervensi hormon yang dapat didiskusikan dengan dokter.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan PCO dan PCOS yang Wajib Kamu Ketahui!

6. Stres

Stres berat dan gaya hidup tak sehat dapat memengaruhi siklus menjadi kacau hingga terjadi telat haid 2 bulan tapi keputihan dan gejala lainnya.

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi tubuh berubah dan siklus menstruasi dapat berhenti sementara waktu.

7. Kanker serviks

Terdengar menakutkan namun inilah fakta bahwa telat haid 2 bulan tapi keputihan bisa menjadi tanda kanker serviks pada tahap awal.

Gejala kanker serviks dapat berupa nyeri panggul, keluar cairan yang tidak biasa, nyeri atau pendarahan setelah berhubungan seksual hingga jadwal menstruasi yang kacau.

8. Fibroid atau polip

Kondisi ini terjadi saat terdapat pertumbuhan non-kanker pada rahim yang menyebabkan perdarahan hebat, nyeri selama siklus, mengacaukan siklus dan memicu keputihan.

9. Endometriosis

Endometriosis merupakan jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh tidak normal dan berada di luar rahim.

Kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan abnormal, kram perut, keputihan, infertilitas dan hubungan seksual terasa menyakitkan.

10. Hamil

Hamil menjadi penyebab yang sangat umum saat telat haid 2 bulan tapi keputihan. Jika kamu melakukan hubungan seks tanpa pengaman sebelum ovulasi atau pada saat ovulasi maka kemungkinan hamil akan besar. 

13 Tanda-Tanda Hamil Sebelum Telat Haid, Yuk Simak!

11. Perimenopause

Fase ini terjadi sebelum memasuki menopause dan tubuh wanita berusia diatas 40 tahun akan mengalami banyak perubahan seperti menurunkan kadar estrogen, menstruasi yang mulai kacau, hingga munculnya keputihan yang abnormal.

12. Kehamilan ektopik

Kehamilan yang terletak di luar lapisan rahim disebut sebagai kehamilan ektopik. Umumnya kehamilan ini terjadi pada tuba falopi.

Gejala yang dapat dirasakan seperti perdarahan vagina, kurang periode menstruasi, sakit perut, tekanan darah rendah dan sebagainya. Pengobatan dapat dilakukan seperti observasi dan pembedahan.

13. Kontrol kelahiran

Alat control kelahiran seperti pil KB, obat-obatan, atau suntik dapat menyebabkan telat haid selama beberapa bulan dna terkadang baru akan kembali teratur setelah berhenti memakai atau mengonsumsi obat control kelahiran.

Jika kamu merasakan telat haid 2 bulan tapi keputihan dan tidak mengalami tanda kehamilan, segera catat gejala dan diskusikan dengan dokter agar segera diketahui penyebab pastinya.

Period Talk: Telat haid 2 bulan tapi keputihan apakah normal?

penyebab telat haid

Sebetulnya banyak wanita yang mengalami siklus yang tidak normal dan bahkan keputihan. Namun jika perubahan siklus ini terjadi mendadak dan tidak seperti biasanya, hal itulah yang harus kamu waspadainya.

Menurut dr. Wisniaty Condro, telat haid sebenarnya hal yang cukup umum dialami wanita.

“Akan tetapi, apabila kamu tidak kunjung haid lebih dari 3 bulan, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter, ya.

Jika kamu mengalami keputihan dengan kuantitas yang tidak wajar, berwarna kuning keputihan, segeralah konsultasi dengan dokter kamu,” sarannya.

Selain itu, penting untuk menemui dokter untuk mengetahui penyebab siklus haid tidak teratur dengan melakukan tes tertentu. Gejala keputihan yang harus segera ditangani antara lain:

  • Warna keputihan kuning, hijau, abu-abu.
  • Keputihan banyak dengan bau yang kuat dan busuk.
  • Keputihan disertai gatal, kemerahan dan bengkak pada alat vital.
  • Demam
  • Kram perut

Cara Menghilangkan Keputihan Paling Efektif, Secara Medis dan Alami

Bagaimana cara mengatasi telat haid dan keputihan agar siklus kembali normal?

Cara mengatasi telat haid 2 bulan tapi keputihan

Telat haid 2 bulan tapi keputihan memang mengundang tanda tanya besar ya ladies. Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini, anjuran yang diberikan dr. Wisniaty antara lain:

  • Menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat
  • Mengelola stress
  • Rutin berolahraga
  • Menjaga berat badan ideal

Merawat dan menjaga kesehatan organ intim memang sulit ladies, namun tetap pastikan organ intim terawat, segera periksakan diri jika terdapat tanda atau kondisi yang tidak biasa agar segera ditemukan penyebabnya.

Share artikel ini
Reference