Tidak hanya digunakan sebagai vaksin primer, vaksin Moderna (spikevax) ternyata dipilih dan digunakan sebagai vaksin tambahan atau booster. Salah satu efek samping vaksin Moderna yang paling umum dan ringan adalah rasa nyeri di daerah suntikan.

Untuk mengatasi efek samping vaksin Moderna, kamu bisa melakukan upaya pengobatan seperti menjaga pola hidup yang sehat. Tapi, bagaimana dengan efek samping sedang hingga berat lainnya? Mari cari tahu penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Vaksin moderna

Vaksin moderna adalah jenis vaksin messenger ribonucleic acid (mRNA) yang digunakan untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19. Sama seperti vaksin COVID-19 lainnya, vaksin Moderna diberikan sebanyak 2 kali dengan interval waktu sekitar 28 hari.

Sementara, jika digunakan sebagai vaksin booster atau tambahan, vaksin Moderna diberikan setidaknya 5 bulan setelah penerima menyelesaikan vaksin kedua. Tentu saja, baik pertama, kedua, maupun booster, penerima mungkin merasakan beberapa efek samping vaksin Moderna.

Tapi, ingatlah bahwa menerima vaksin Moderna tidak berarti kamu menerima virus Covid yang hidup. Lantas, kandungan apa yang ada di dalam vaksin Moderna?

Kandungan vaksin moderna

Digunakan untuk melawan infeksi SARS-CoV-2 dan diberikan kepada mereka yang berusia 18 tahun ke atas, vaksin Moderna tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh dan dinilai aman. Bahkan, beberapa kandungan vaksin Moderna banyak ditemukan pada makanan umum yakni lemak, gula, dan garam.

Berikut adalah berbagai zat yang terdapat dalam vaksin Moderna:

  • Potongan mRNA yang menerjemahkan glikoprotein spike virus (S) dari SARS-CoV-2
  • Lemak, yang bekerja sama dalam membantu mRNA memasuki sel
  • Gara, gula, dan penstabil asam yang bekerja sama membantu menjaga kestabilan molekul vaksin dari proses produksi hingga siap untuk digunakan

Nah, seluruh kandungan tersebut akan mengajarkan sel dalam tubuh cara membuat imun yang efektif terhadap virus penyebab COVID-19. Oleh karena itu, tidak jarang beberapa diantara kamu merasakan beberapa efek samping vaksin Moderna yang menandakan bahwa tubuh memberikan respon terhadap vaksin.

Dari kandungannya yang bebas dari pengawet, antibiotik, obat, gluten, logam, dan lateks, bagaimana dengan efektivitas vaksin Moderna? Apakah efektif untuk melawan infeksi?

Efektivitas vaksin moderna

Berdasarkan penelitian pada penerima vaksin yang berusia 18 tahun ke atas, vaksin Moderna efektif 94,1% dalam mencegah infeksi COVID-19. Hasil tersebut dikonfirmasi oleh laboratorium pada orang yang menerima dua dosis vaksin Moderna tanpa pernah terinfeksi sebelumnya.

Sementara, pada uji klinis lainnya, vaksin Moderna dinilai efektif untuk mencegah COVID-19 di berbagai kategori usia, termasuk jenis kelamin, ras, dan etnis. Dengan tingginya persentase efektivitas vaksin Moderna, bagaimana dengan efek samping yang mungkin dialami penerima?

Efek samping vaksin moderna

Tidak semua penerima vaksin Moderna mengalami reaksi tertentu. Kamu mungkin mengalami efek samping yang paling umum dan ringan seperti nyeri di daerah injeksi, sementara yang lain lebih berat.
Mulai dari yang paling umum, ringan hingga jarang atau berat, berikut adalah berbagai efek samping vaksin Moderna:

  • Kemerahan pada lengan injeksi
  • Pembengkakan pada lengan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot atau sendi
  • Demam atau menggigil
  • Mual

Jika kamu mengalami salah satu dari efek samping tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Efek samping di atas adalah tanda normal atau reaksi tubuh saat sedang membangun sistem kekebalan tubuh.

Biasanya efek samping ringan akan hilang selama 2 hingga 3 hari.
Akan tetapi, tidak jarang beberapa penerima mengalami reaksi yang kurang umum hingga serius setelah vaksin Moderna seperti:

  • Pembengkakan di ketiak
  • Mual dibarengi muntah
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Reaksi alergi parah (anafilaksis)
  • Miokarditis
  • Perikarditis
  • Infark miokard
  • Kolesistitis
  • Nefrolitiasis

Apabila setelah vaksin kamu merasakan reaksi yang serius, termasuk nyeri pada dada, sesak napas, dan detak jantung tidak teratur maka sebaiknya kamu menghubungi dokter. Namun, jika efek samping vaksin Moderna yang kamu rasakan masuk ke dalam kategori ringan, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara.

Cara mengobati efek samping vaksin moderna

Umumnya, efek samping ringan yang kamu alami setelah menerima vaksin Moderna tidak memerlukan perhatian medis. Tapi, terkadang rasa nyeri atau sakit kepala bisa mengganggu kamu yang ingin beraktivitas.

Jadi, untuk membantu meringankan efek samping tersebut, kamu bisa menggunakan obat-obatan tertentu tergantung dengan reaksi yang kamu rasakan. Tidak ada salahnya jika kamu juga meminta tips dari tenaga medis terkait mengurangi efek samping vaksin Moderna.

Dibarengi dengan obat, tentu yang tidak kalah penting adalah menjaga tubuh tetap bugar. Penuhilah kebutuhan nutrisi dan mineral dengan mengonsumsi makanan bergizi, memperbanyak buah dan sayur, serta menghidrasi tubuh. Tidak lupa, lakukanlah olahraga ringan seperti peregangan, senam, atau sekedar berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Intinya, setelah menerima vaksin Moderna, ubahlah pola hidup menjadi lebih sehat. Jagalah kebersihan tubuh dan tetapi patuhi protokol kesehatan, ya.

Share artikel ini
Reference