makan malam bikin gemuk

Pernahkah saat ingin menurunkan berat badan orang-orang di sekitar menyarankanmu untuk tidak makan malam? Hal ini sudah umum terjadi ketika ada orang yang ingin menurunkan berat badan, ia lebih memilih tidak makan malam. Lalu, sebenarnya apakah makan malam bisa bikin gemuk?

Nah, agar kamu tidak penasaran dan tahu faktanya, yuk simak jawabannya di artikel ini beserta penyebab berat badan mudah naik!

Apakah makan malam bisa bikin gemuk? 

Gagasan bahwa makan di malam hari membuat berat badan naik berasal dari penelitian pada hewan yang menunjukkan tubuh dapat menggunakan kalori yang dikonsumsi secara berbeda selama waktu tertentu dalam sehari.

Beberapa peneliti berhipotesis makan di malam hari bertentangan dengan ritme sirkadian, yaitu siklus 24 jam yang memberi tahu tubuh kapan harus tidur, makan, dan bangun. Menurut ritme sirkadian, malam hari adalah waktu istirahat, bukan makan.

Memang, beberapa penelitian pada hewan mendukung teori ini. Namun, tidak semua penelitian pada manusia mendukung gagasan ini. Faktanya, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa yang penting bukanlah waktu makan, tetapi seberapa banyak kalori yang masuk.

Misalnya, penelitian pada lebih dari 1.600 anak tidak menemukan hubungan antara makan malam setelah jam 8 malam dan kelebihan berat badan. Dalam penelitian ini, mereka yang makan terlambat pada malam hari tidak mengonsumsi banyak kalori.

Justru kalori ekstra atau berlebihan yang dikonsumsi oleh mereka yang terlambat makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan seiring waktu. Berarti dapat disimpulkan, makan malam tidak menyebabkan berat badan naik selama pada porsi yang cukup. 

Intinya, jika makan dalam porsi berlebihan, tak hanya saat makan malam, misalnya saat makan siang atau sarapan dengan porsi berlebihan, maka akan memengaruhi kenaikan berat badan.

Cek Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI Gratis, Kamu yang Mana?

Penyebab berat badan mudah gemuk

apakah makan malam bisa bikin gemuk ternyata mitos ini penyebab berat badan mudah naik

Setelah mengetahui apakah makan malam bisa bikin gemuk atau tidak, kamu perlu mengenali beragam penyebab berat badan mudah gemuk. Berikut penjelasan detailnya:

1. Makan dengan porsi berlebihan

Jika kamu konsisten makan dengan porsi berlebihan selama 1-2 bulan, maka kamu akan mengalami peningkatan berat badan. Selain itu, saat kamu membeli peralatan makan baru dengan ukuran yang lebih besar, ini bisa menjadi pemicu kenaikan berat badan tanpa kamu sadari. 

2. Asupan karbohidrat yang berlebihan

Selain makan dengan porsi yang berlebihan, jika kamu mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan juga dapat meningkatkan berat badan.

3. Kurang tidur 

Orang-orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak dan ingin mengonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi. Saat kamu begadang misalnya, kamu juga cenderung untuk ngemil. Tanpa kamu sadari kalori camilan yang kamu konsumsi sudah melewati batas.

4. Konsumsi terlalu banyak garam

Jika kamu mengonsumsi banyak makanan asin beberapa hari berturut-turut, berat badan bisa tiba-tiba naik. Makanan cepat saji cenderung banyak mengandung natrium. Inilah pentingnya mengetahui jumlah garam yang dimakan setiap hari.

Itulah beragam penyebab berat badan mudah naik dan penjelasan apakah makan malam bisa bikin gemuk atau tidak. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat ya, Yoonies!

Anyway, apakah kamu sering mengonsumsi kopi saat haid? Bolehkah sering mengonsumsi kopi? Yuk, cek penjelasannya di video ini. Agar tak ketinggalan informasi seputar kesehatan wanita lainnya, follow media sosial Yoona Women, ya!

@yoonawomen Galengkap kayanya sehari kalo gak ngupiii tuhh, eh tapi … #yoonawomen #pembalutwanita #pembalutorganik #minumkopisaatmenstruasi #kafein #yonnawomenorganicpads #TikTokPromote ♬ original sound – Yoona Women


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference