manfaat buah rambutan untuk ibu hamil

Saat hamil, mungkin kamu ingin makan berbagai buah yang menyegarkan. Tak terkecuali rambutan. Ternyata selain menyegarkan, buah rambutan untuk ibu hamil juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk janin. Namun buah ini juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain rasanya yang manis, ternyata banyak sekali manfaat rambutan untuk ibu hamil. Adanya kandungan nutrisi menjadikan buah rambutan ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk kesehatan janinnya.

Rambutan juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang juga baik untuk masa kehamilan. Nutrisi penting yang ada dalam rambutan di antaranya adalah vitamin B2, B3, C, kalsium, fosfor, seng, zat besi, dan natrium.

Lantas apa saja manfaat buah rambutan untuk ibu hamil? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Beragam manfaat buah rambutan untuk ibu hamil

Kandungan serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, seng, dan vitamin C dalam rambutan bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut adalah beragam manfaat buah rambutan, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan

Rambutan mengandung antioksidan vitamin C dan berbagai nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang ada dalam buah rambutan juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang dibutuhkan oleh tubuh guna melawan adanya infeksi dan virus.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian pada hewan mengungkapkan bahwa ekstrak kulit rambutan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini pada manusia.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat rambutan untuk ibu hamil adalah yang pertama melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dan air pada rambutan dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuat tekstur feses menjadi lunak. Dengan cara ini, ibu hamil tidak akan sembelit.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam rambutan juga berfungsi untuk mencegah risiko gangguan usus, seperti radang usus besar.

4. Meningkatkan suplai darah

Ibu hamil sangat membutuhkan suplai darah yang banyak, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk memenuhi suplai darah bagi janinnya. Untuk memproduksi sel darah, tubuh membutuhkan zat besi yang didapat dari rambutan.

Tidak hanya kaya zat besi, buah rambutan juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara optimal. Kandungan zat besi pada rambutan juga dapat mencegah ibu hamil dari risiko anemia saat melahirkan.

5. Mencegah diabetes

Kandungan nutrisi dalam ekstrak kulit rambutan juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat mencegah penyakit diabetes.

6. Sumber Vitamin E

Obat yang bagus untuk semua penyakit kulit untuk wanita hamil, rambutan membantu mengurangi stretch mark setelah melahirkan. Adanya kandungan vitamin E juga bisa mencegah penuaan dini, kulit gatal, jerawat, serta warna kulit yang kusam selama kamu hamil.

Hal yang harus diperhatikan jika ibu hamil ingin makan rambutan

makan rambutan saat hamil
Makan rambutan saat hamil

Memang, hingga kini belum ada penelitian yang membahas batas aman konsumsi rambutan yang aman untuk ibu hamil. Namun demikian, kamu tetap boleh konsumsi rambutan saat hamil asalkan dalam batas yang wajar. Berikut adalah langkah-langkah yang dianjurkan sebelum ibu hamil makan rambutan:

  • Pilih buah rambutan yang sudah matang, biasanya ditandai dengan warna merah, jingga, dan kuning.
  • Bersihkan rambutan pada air yang mengalir, supaya kotorannya hilang
  • Kupas kulit rambutan menggunakan tangan atau pisau. Hindari mengupas kulit rambutan menggunakan mulut, karena kuman pada kulit dapat masuk ke dalam tubuh ibu hamil.
  • Pisahkan daging rambutan dari bijinya. Ini untuk menghindari tertelannya biji rambutan.
  • Konsumsi buah rambutan juga memiliki manfaat yang banyak untuk ibu hamil. Asalkan, tidak konsumsi secara berlebihan.

Hal ini dikarenakan keseimbangan dan kecukupan asupan nutrisi selama kehamilan harus benar-benar diperhatikan.

Tips aman konsumsi rambutan selama kehamilan

Banyak manfaat buah rambutan untuk ibu hamil. Namun, dalam beberapa kasus kamu perlu hati-hati. Karena buah rambutan juga bisa memiliki efek samping. Berikut tips aman konsumsi rambutan saat kamu hamil:

1. Hindari rambutan yang terlalu matang

Jika rambutan terlalu matang, kandungan gulanya berubah menjadi alkohol. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar kolesterol, yang tidak baik untuk ibu dan janin. Rambutan yang terlalu matang juga tidak cocok untuk wanita yang memiliki masalah hipertensi.

2. Hindari konsumsi dalam jumlah banyak

Menurut para ahli, kandungan gula yang tinggi di Rambutan berubah menjadi alkohol. Yang pada akhirnya meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil. Jika ia terus mengkonsumsi buah dalam jumlah banyak.

3. Waspada hipertensi

Kandungan natrium yang tinggi dapat meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya hanya mengonsumsi rambutan dalam jumlah yang cukup.

4. Batasi kandungan gula

Wanita hamil sangat rentan terhadap diabetes gestasional. Diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil rentan muncul pada trimester kedua kehamilan.

Kandungan gula dalam rambutan sangat tinggi, sehingga meningkatkan risiko ibu hamil terkena diabetes gestasional. Untuk menghindarinya, sebaiknya ibu hamil mengukur asupan rambutan secukupnya agar tidak berlebihan.

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil baik untuk keseimbangan dan kecukupan asupan nutrisi selama kehamilan. Namun, harus dengan batasan yang wajar. Jika kamu memiliki memiliki penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kandungan sebelum konsumsi buah rambutan.

Share artikel ini
Reference