mindfulness artinya apa

Banyak istilah terkait kesehatan mental, salah satunya mindfulness. Namun, sudah tahukah kamu mindfulness artinya apa? Istilah ini memiliki arti meditasi menetralkan pikiran-pikiran sehingga bisa lebih fokus terhadap apa yang terjadi saat ini dan bisa lebih menerima keadaan yang ada secara nyata dan terbuka.

Penerapan mindfulness sendiri sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain baik untuk kesehatan mental, meditasi ini juga bisa membuat kamu lebih awet muda. 

Mindfulness artinya apa?

Praktik yang baik untuk kesehatan mental ini berguna menerima kejadian, peristiwa, atau hal yang sedang kamu hadapi saat ini tanpa menghakimi. Adapun manfaat mindfulness meliputi:

1. Mental yang lebih sehat

Dengan mindfulness, kamu bisa mengurangi stres dan lebih bahagia. Mindfulness bisa menghindarkan kamu dari depresi, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, konflik dengan pasangan, hingga gangguan kecemasan.

2. Bisa lebih fokus dalam menjalankan kehidupan sehari-hari

Manfaat selanjutnya membuat kamu fokus dalam menjalankan kehidupanmu sehari-hari dengan tenang karena cenderung tidak terjebak dalam kekhawatiran tentang masa depan atau penyesalan di masa lalu, atau sibuk mikirkan masa depan yang belum terjadi.

3. Terhindar dari beberapa penyakit fisik lainnya

Setelah menerapkan praktik ini, kesehatan fisikmu lebih terjaga. Kamu bisa terhindar dari stres, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit yang berlebih, meningkatkan kualitas tidur, serta menyembuhkan masalah pencernaan.

Agar Tak Lelah Mental, Ini Cara Berhenti Menjadi People Pleaser!

Penerapan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari

Cara mudahnya adalah dengan menerapkan pada kehidupan sehari-hari. Berikut penerapan mindfulness dalam kehidupan:

  • Setelah melakukan banyak aktivitas yang melelahkan, kamu boleh kok sekadar makan cokelat atau yang kamu sukai. Hal tersebut berarti menandakan jika kamu telah memberikan reward seacara sadar untuk dirimu sendiri.
  • Yakinlah hal-hal yang kamu lakukan akan berdampak positif. Jangan hanya terpaku pada hasil, tapi kamu juga harus bisa menikmati prosesnya.
  • Lepaskan pikiran-pikiran buruk tentang apa yang akan terjadi, hal tersebut belum tentu akan terjadi karena itu hanya akan memperburuk mood.
  • Mendengarkan musik saat melakukan pekerjaan apa pun. Nikmati musik yang kamu dengarkan. Dengan begitu, akan membuat harimu menjadi lebih baik.

Semoga informasi di atas bisa membantu. Selamat menerapkan cara-cara di atas dalam kehidupan sehari-hari!


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini
Reference