mood swings PMS

Apakah kamu pernah mengalami mood swings? Mood swings adalah perubahan suasana hati yang terjadi secara mendadak. Umumnya, mood swings saat PMS dan bisa dialami oleh siapa pun, tapi lebih sering dialami oleh wanita, terutama saat kehamilan dan menopause.

Saat PMS, wanita memang bisa menjadi sedih dan lebih sensitif. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh dan perubahan zat kimia di otak.

Lantas, apa itu mood swings dan tips apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasinya saat PMS? Yuk, telusuri penjelasan selengkapnya di artikel berikut!

Apa itu mood swings?

Mood swings terjadi secara mendadak atau intens. Selama mood swings, seseorang yang sebelumnya merasa senang bisa tiba-tiba menjadi sedih, mudah tersinggung, dan marah. Mood swings saat PMS dialami oleh lebih dari 90% wanita.

Beberapa gejala PMS dari sisi emosional yang biasanya terjadi antara lain:

  • Perasaan murung
  • Gampang marah
  • Depresi
  • Mudah menangis
  • Sangat sensitif
  • Mudah cemas dan gugup

Kamu akan tahu apakah mood swings diakibatkan oleh PMS atau tidak apabila gejalanya timbul dalam 1-2 minggu sebelum siklus menstruasi dimulai. Biasanya, mood swings akan berhenti 1-2 hari setelah menstruasi dimulai.

Mengapa mood swings saat PMS?

mood swing saat haid

Wanita bisa mengalami mood swings saat PMS. Penyebab mood swings bisa terjadi jika adanya:

1. Perubahan kadar hormon

Mood swings saat PMS disebabkan oleh perubahan hormon. Selama ovulasi, tubuh wanita akan melepaskan sel telur sehingga kadar hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi di dalam tubuh menurun. Hal inilah yang membuat terjadinya perubahan suasana hati yang mendadak.

2. Perubahan zat kimia di otak

Perubahan kadar zat kimia di otak atau kadar hormon serotonin juga bisa menyebabkan mood swings. Hormon serotonin memegang peranan penting dalam mengatur suasana hati.

Jumlah serotonin yang tidak mencukupi bisa menyebabkan depresi, kelelahan, mengidam makanan, dan masalah tidur saat PMS.

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan PMS dan Haid!

Tips mengatasi mood swings saat PMS

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mood swings saat PMS:

1. Konsumsi vitamin

Sebaiknya konsumsi vitamin. Vitamin B-6 bisa meredakan mood swings. Vitamin ini bisa ditemukan dalam beberapa makanan, seperti ikan, ayam, buah, dan sereal.

2. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang sehat, terutama yang mengandung kalsium, seperti susu, yogurt, keju, sayuran hijau, jus jeruk, dan sereal.

3. Olahraga secara teratur

Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur. Misalnya, dengan berjalan kaki setiap hari di sekitar lingkungan kamu. Sebab, hal ini bisa mengatasi perasaan sedih, cemas, dan mudah tersinggung.

Olahraga Saat PMS Mudah Sebabkan Cedera, Mitos atau Fakta?

4. Batasi konsumsi junk food

Batasi konsumsi junk food. Junk food sendiri mengandung banyak lemak, garam, dan gula, yang dapat memperburuk perubahan suasana hati.

5. Tidur yang cukup

Sebaiknya, tidur yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam setiap malam. Hal ini dapat mengatasi mood swings.

6. Jangan merokok

Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan. Sebaiknya, kamu tidak merokok dan jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

7. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Pastikan kebutuhan cairan tubuh kamu selalu tercukupi. Minum sekitar 8 gelas air putih setiap hari. Apabila kamu melakukan lebih banyak aktivitas dibandingkan biasanya, minumlah air putih yang lebih banyak.

8. Batasi asupan kafein

Batasi asupan kafein. Hal ini dapat membantu mengurangi terjadinya kembung dan nyeri payudara serta perubahan suasana hati saat PMS.

5 Cara Menghilangkan Sakit Perut saat PMS, Wajib Kamu Coba!

9. Konsumsi obat

Jika beberapa tips yang telah dibahas tidak begitu membantu, kamu bisa mengonsumsi obat antidepresan.

10. Cari bantuan medis

Kamu juga bisa meminta bantuan dari ginekolog ketika kamu mulai merasakan perubahan suasana hati sebelum menstruasi dan jika gejala yang kamu alami mulai mengganggu aktivitas sehari-hari.

15 Tanda-Tanda Menstruasi Akan Segera Datang, Termasuk Mood Swing

Itulah pembahasan mengenai mood swings saat PMS. Diharapkan setelah kamu melakukan beberapa tips di atas, kamu bisa mengatasi mood swings yang terjadi dengan baik.

Jika kamu mengalami mood swings yang cukup ekstrem sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, jangan ragu untuk segera ke psikolog atau psikiater ya, Yoonies!

Share artikel ini
Reference