mixalgin obat untuk apa

Pernah mendengar nama obat mixalgin? Obat ini adalah salah satu obat yang biasanya digunakan orang ketika sedang merasa nyeri, salah satunya sakit kepala. Selain itu, mixalgin obat untuk apa saja, ya? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Mixalgin obat untuk apa?

Kalau ditanya mixalgin obat untuk apa, jawabannya obat ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri. Manfaat obat mixalgin di antaranya menghilangkan sakit kepala, sakit pada saraf (neuralgia), sakit pada otot-otot dan sendi, rematik, influenza, sakit pinggang, hingga kolik ginjal dan empedu.

Adapun kandungan lengkap mixalgin, yaitu:

  1. Methampyrone 500 mg
  2. Thiamine mononitrate (Vit. B1) 50 mg
  3. Pyridoxine HCI (Vit. B6) 10 mg
  4. Cyanocobalamin (Vit. B12) 10 mcg
  5. 1,3,7-Trimethylxanthine 50 mg

Namun, berbeda dengan obat lainnya yang bisa kamu temukan di apotek ataupun minimarket dan supermarket, mixalgin tergolong obat keras. Artinya, jika ingin membeli obat ini, kamu harus menyertai resep dokter juga karena obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Mirasic Paracetamol 500 Mg Obat Apa? Manfaat & Dosisnya!

Dosis atau aturan pakai

Agar kandungan di dalam obat ini tetap terjaga, kamu harus menyimpannya di suhu ruangan 15-30°C dan tidak terkena matahari langsung. Untuk dosis atau aturan pakai mixalgin, yaitu:

  1. Dewasa: 1 kaplet sebanyak 3 kali dalam 1 hari setelah makan
  2. Anak-anak: ½ kaplet sebanyak 3 kali dalam 1 hari setelah makan

Apa saja efek sampingnya?

Seperti obat pada umumnya, jika kamu menggunakan mixalgin melebihi dosis atau secara berkepanjangan tanpa pantauan dari dokter, tentu bisa muncul efek samping. Adapun efek samping mixalgin, yaitu:

  1. Gangguan fungsi hati
  2. Gangguan fungsi ginjal
  3. Gangguan pencernaan
  4. Hiperhidrosis atau keringat berlebih
  5. Tekanan darah rendah
  6. Pusing
  7. Air seni kemerahan
  8. Mual
  9. Sakit perut
  10. Reaksi alergi bagi orang yang sensitif, seperti ruam kemerahan pada kulit, gatal, dan pembengkakan.

Meski boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak, ada beberapa golongan yang tidak disarankan mengonsumsi obat ini, yaitu:

  1. Ibu hamil dan menyusui
  2. Anak di bawah usia 14 tahun
  3. Penderita tukak lambung atau ulkus duodenum
  4. Penderita asma bronkial atau infeksi saluran pernapasan kronis
  5. Orang dengan hipersensitif terhadap komponen obat
  6. Orang penderita porfiria, gagal hati, gagal ginjal, tekanan darah rendah (hipotensi), atau kelainan darah (seperti anemia aplastik, agranulositosis, atau leukopenia)
  7. Orang sedang atau pernah menderita kelemahan otot dan penyakit jantung

Nah, itulah daftar golongan yang tidak disarankan mengonsumsi obat ini.

Ketahui Proven Z Obat Apa, Manfaat, Dosis Hingga Efek Sampingnya

Apakah mixalgin aman untuk lambung?

Jawabannya, aman untuk lambung bagi orang-orang yang tidak menderita tukak lambung. Namun, bagi kamu penderita tukak lambung atau yang bermasalah dengan lambung, sebaiknya menghindari dulu mengonsumsi obat ini.

Sebagai catatan kamu harus berhati-hati jika akan mengemudi setelah mengonsumsi mixalgin karena kandungan metamizole dalam obat ini dapat menurunkan konsentrasi saat beraktivitas.

Ini sangat berbahaya bagi keselamatanmu dan juga orang lain di jalan. Setelah minum obat, lebih baik kamu beristirahat atau tidur sebentar. Jangan juga mengonsumsi minuman beralkohol selama minum obat ini karena dapat menyebabkan efek samping.

Bagaimana cara kerja mixalgin?

Cara kerja obat mixalgin, pastilah sesuai dengan komposisi atau kandungan zat di dalamnya. Kamu harus mengetahui bahwa tiap kaplet mixalgin mengandung bahan aktif metamizole sodium 500 mg, vitamin B1 (thiamine nitrate) 50 mg, vitamin B6 (pyridoxine HCl) 10 mg, vitamin B12 (cyanocobalamin) 10 mg, dan kafein 50 mg. 

Kandungan metamizole dalam mixalgin memiliki efek antinyeri sekaligus antidemam (analgetik-antipiretik). Obat ini bekerja dengan cara menghambat prostaglandin yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan, serta mampu merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh yang berperan sebagai pereda nyeri alami.

Adapun kandungan vitamin B1, B6, dan B12 berkhasiat baik terhadap kesehatan saraf, memperbaiki sel-sel saraf yang rusak yang mencetuskan nyeri, bahan baku pembentukan sel darah merah, dan mengoptimalkan pemanfaatan energi oleh tubuh.

Selain itu, mixalgin juga mengandung trimethylxanthine yang terkenal sebagai kafein yang bertindak sebagai zat stimulan. Stimulan ini dapat mengusir rasa kantuk, bersemangat, dan meningkatkan konsentrasi. Jika dikombinasikan, kafein juga membantu kerja efek anti nyeri.

Flunadin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, Kontradiksi, dan Efek Sampingnya!

Itulah penjelasan mengenai mixalgin obat untuk apa mulai dari efek samping, dosis, hingga cara kerja obat ini. Ingat, obat ini termasuk obat keras sehingga kamu harus mengonsumsinya berdasarkan anjuran dari dokter. Segera ke dokter jika kamu mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi obat ini ya, Yoonies!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference